Menu

Jumat, 16 Februari 2018

RPP K13 Ruang Lingkup Biologi Kelas X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan : MA Keterampilan Al Irsyad
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas /Semester      : X MIA/Ganjil
Materi Pokok          : Ruang Lingkup Biologi
Alokasi waktu        : 6 x 45 menit (2 x pertemuan)


A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan 2
Menumbuhkan kesadaran akan kebesaran Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma.
KI 3
KI 4
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah.

Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
KD Pengetahuan
No
KD Keterampilan
3.1
Memahami  melalui penerapan tentang ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
4.1
Menyajikan data dalam berbagai bentuk media informasi tentang permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan sebagai hasil penerapan metode ilmiah dengan memperhatikan aspek keselamatan kerja.

No
IPK Pengetahuan
No
IPK Keterampilan
3.1.1
Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai obyek dan tingkat organisasi kehidupan
4.1.1
Menyajikan data dalam bentuk media informasi peta konsep tentang permasalahan biologi dan cabang-cabang biologi yang dihasilkan
3.1.2
Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek dan tingkat organisasi kehidupan.
4.1.2
Merancang disain dan melakukan percobaan sederha-na menggunakan metode ilmiah dalam menyelesaikan masalah biologi.
3.1.3
Mengkaitkan permasalahan biologi dengan cabang-cabang biologi dan perkembangan karier.
4.1.3
Mengkomunikasikan hasil penelitian sederhana yang menggambarkan tahapan kerja ilmiah.
3.1.4
Mengkaitkan manfaat mempe-lajari biologi bagi diri, lingkungan, dan masa depan peradaban bangsa.
4.1.4
Menyusun laporan ilmiah hasil penelitian sederhana yang memuat raung lingkup biologi, langkah kerja ilmiah, keselamatan kerja, dan perkembangan karier masa depan berbasis biologi.
3.1.5
Merinci komponen tahapan kerja ilmiah dalam menyelsai-kan masalah biologi


3.1.6
Menerapkan metode ilmiah dalam rancangan penelitian sederhana pemecahan masalah.


3.1.7
Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan kerja di laboratorium biologi / IPA.



C.        Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan metode dan model pembelajaran Descoverylearning peserta didik dapat menerapkan langkah-langkah kerja ilmiah dalam menyelesaikan masalah biologi dan perkembangan cabang biologi serta profesi dan masa depan bangsa dengan menerapkan prinsip – prinsip keselamatan kerja di laboratorium biologi / IPA,  sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan  prilaku disiplin, jujur, teliti, kreatif, kerjasama dan bertanggungjawab.

D.     Materi Pembelajaran

1.       Permasalahan Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
2.       Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
3.       Manfaat mempelajari Biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa
4.       Metode Ilmiah
5.       Keselamatan Kerja di laboratorium.

E.      Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                                                       : Saintifik
2.       Metode dan Model Pembelajaran            :
Pertemuan
No IPK
Metode dan Model
I
3.1.1
3.1.2
3.1.3
3.1.4
4.1.1
Simulasi dan Discovery learning mengacu pada kerja kelompok dengan persaingan pasangan kelompok.
II
3.1.5
3.1.6
3.1.7
4.1.2
4.1.3
4.1.4
Diskusi-praktik dengan Descovery learning, untuk menerapkan langkah kerja ilmiah dan keselamatan kerja sesuai disain penelitian yang disusun.

F.      Alat, Media
1)     Alat
LCD, laptop, spidol, kertas plano, papan tulis / white board
2)     Media
a)      Video / gambar stimulus
b)     LKS 3.1 Keterkaitan masalah biologi, objek kajian dan cabang ilmu yang dihasilkan.
c)      LKS 3.2 Identifikasi tahap/komponen kerja ilmiah.
d)     LKS 3.3 Simulasi Sintesis Protein
e)      Tool kit pembuatan model DNA
f)       Tool kit simulasi sintesis protein

G.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I (3 x 45 menit)
No IPK
IPK
3.1.1
Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai obyek dan tingkat organisasi kehidupan
3.1.2
Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek dan tingkat organisasi kehidupan.
3.1.3
Mengkaitkan permasalahan biologi dengan cabang-cabang biologi dan perkembangan karier.
3.1.4
Mengkaitkan manfaat mempe-lajari biologi bagi diri, lingkungan, dan masa depan peradaban bangsa.
4.1.1
Menyajikan data dalam bentuk media informasi peta konsep tentang permasalahan biologi dan cabang-cabang biologi yang dihasilkan



H.     Sumber Belajar
1.          Video, power point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topik substansi genetika.
2.           Buku teks biologi
a.    Lestari, Endang Sri dan idun kistinnah. 2010. Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk SMA/MA kelas XI. Bandung : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.    Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga.
c.    Campbell N.A. Mitchell LG, Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. 2006. Biology, 5th ed.  Benjamin Cummings Publishing Company, Inc., Redword City, England.
d.    www.NGNSlifescienceeducation.com

I.        Penilaian Hasil Belajar

No
Aspek
No
IPK
IPK
Teknik Penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen
Penilaian
Rubrik
Penilaian
1
Pengetahuan
3.1.1
Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai obyek dan tingkat organisasi kehidupan
Tes Tulis
esay
Terlampir
Terlampir
3.1.2
Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek dan tingkat organisasi kehidupan.
Tes Tulis
Esay
Terlampir
Terlampir
3.1.3
Mengkaitkan permasalahan biologi dengan cabang-cabang biologi dan perkembangan karier.
Tes Tulis
Esay
Terlampir
Terlampir
3.1.4
Mengkaitkan manfaat mempe-lajari biologi bagi diri, lingkungan, dan masa depan peradaban bangsa.
Tes Tulis
Esay
Terlampir
Terlampir
3.1.5
Merinci komponen tahapan kerja ilmiah dalam menyelsai-kan masalah biologi
Tes Tulis
Esay
Terlampir
Terlampir


3.1.6
Menerapkan metode ilmiah dalam rancangan penelitian sederhana pemecahan masalah.






3.1.7
Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan kerja di laboratorium biologi / IPA.




2
Keterampilan
4.1.1
Menyajikan data dalam bentuk media informasi peta konsep tentang permasalahan biologi dan cabang-cabang biologi yang dihasilkan
Penugasan
Instrumen Penilaian Tugas
Terlampir
Terlampir
4.1.2
Merancang disain dan melakukan percobaan sederha-na menggunakan metode ilmiah dalam menyelesaikan masalah biologi.
Penugasan
Instrumen Penilaian Tugas
Terlampir
Terlampir


4.1.3
Mengkomunikasikan hasil penelitian sederhana yang menggambarkan tahapan kerja ilmiah.
Penugasan
Instrumen Penilaian Tugas
Terlampir
Terlampir


4.1.4
Menyusun laporan ilmiah hasil penelitian sederhana yang memuat raung lingkup biologi, langkah kerja ilmiah, keselamatan kerja, dan perkembangan karier masa depan berbasis biologi.
Penugasan
Instrumen Penilaian Tugas
Terlampir
Terlampir





Subang,    Juli  2017
Mengetahui,


Kepala MA Keterampilan Al Irsyad

Guru Mata Pelajaran Biologi,









Subekan S.Ag., S.H

Nur Ichsan, S.Pd.











































Lampiran Instrumen Penilaian untuk mengukur kompetensi Pengetahuan siswa

Soal No 1

Kompetensi Dasar
:
3.1 Memahami  melalui penerapan tentang ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
Materi
:
Ruang lingkup kajian Biologi
Kelas/Semester
:
X/1
IPK

Indikator Soal

:

:

3.1.1 Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai obyek dan tingkat organisasi kehidupan
Disajikan informasi permasalahan biologi, peserta didik dapat menentukan obyek dan tingkat organisasi biologi yang dikaji.
Level Kognitif
:
C2 (memahami)

Rumusan Butir Soal

Perhatikan informasi masalah biologi berikut ini!
1.       pemerintah sementara mengeluarkan larangan penerbangan yang menuju sumatra dan kalimantan akibat tebalnya asap yang menyelimuti kedua wilayah itu.
2.       meningkatnya populasi tikus yang sangat tajam di Purwodadi Grobogan diduga adalah karena terlalu banyaknya peburuan ular cobra yang digunakan untuk obat oleh masyarakat di wilayah itu.
3.       “Manusia pohon” merupakan penyakit kulit yang diduga akibat penggunaan air mandi yang telah tercemar oleh air raksa.
4.       Menurunnya hasil panen buah klengkeng di kabupaten Ungaran dari hasil penelitian Dinas terkait adalah akibat penggunaan pestisida yang salah sasaran.
Dari informasi kasus di atas yang menggambarkan kasus pada obyek dan tingkat organisasi yang sesuai adalah . . . .
A.      1, bidang botani, tingkat ekosistem
B.      2, lingkungan, tingkat populasi
C.       3, kesehatan, tingkat ekosistem
D.      4, pertanian, tingkat bioma
E.      2, ekonomi, tingkat ekosistem

 KUNCI JAWABAN : C



Kompetensi Dasar
:
3.1 Memahami  melalui penerapan tentang ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
Materi
:
Sintesis Protein
Kelas/Semester
:
XII/1
IPK

Indikator Soal

:

:

3.1.2 Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek dan tingkat organisasi kehidupan.
Disajikan kasus penyebaran penyakit tertentu, peserta didik dapat menentukan tingkat kajian bidang tersebut.
Level Kognitif
:
C4 (menganalisis)

Soal NO 2

Rumusan butir soal :

Seorang dokter memeriksa seorang pasien ditemukan gejala : demam, nafsu makan berkurang, timbul gejala gatal berwarna merah kecil, kemudian melepuh dan pecah. Ruam mula-mula di punggung dan kepala, kemudian menyebar ke muka dan kadang-kadang ke anggota gerak. Oleh dokter dinyatakan bahwa pasien menderita cacar air yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menular dan menyebar dengan cepat. Penyebaran penyakit ini dikaji dalam tingkatan ….
A.      individu              
B.      ekosistem
C.       populasi             
D.      biosfer
E.      komunitas

KUNCI JAWABAN : E




Soal no 3

Rumusan Butir Soal :

Kompetensi Dasar
:
3.1 Memahami  melalui penerapan tentang ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
Materi
:
Ruang lingkup kajian Biologi
Kelas/Semester
:
X/1
IPK

Indikator Soal

:

:

3.1.3  Mengkaitkan permasalahan biologi dengan cabang-cabang biologi dan perkembangan karier.
Disajikan berbagai profesi terkait dengan kasus, peserta didik dapat mengkaitkan kesesuai spesialisasi bidang kerja yang ikut terlibat mengatasi maslah
Level Kognitif
:
C2 (memahami)
Di bawah ini adalah spesialisasi bidang ke-dokteran di Indonesia :
1)   Internis
2)   kandungan dan kebidanan
3)   penyakit anak
4)   radiologi
5)   rehabilitasi medik

Pasangan suami isteri yang sudah lama belum memiliki keturunan dapat dibantu dengan teknologi bayi tabung. Program bayi tabung dalam kasus tersebut  melibatkan tim dokter dengan spesiliasi .....
A.      1,2,3     
B.      1, 3, 5  
C.       2, 3, 4
D.      2, 4, 5
E.      3, 4, 5

KUNCI JAWABAN :  D
Diantara masalah berikut ini yang merupakan kajian biologi pada tingkat molekuler adalah...
A.      Operasi faceoff untuk memperbaiki wajah pasien korban KDRT yang rusak akibat disiram dengan asam sulfat.
B.      Penyisipan DNA manusia yang mengandung kode genetik untuk pembentukan hormon insulin ke dalam sel bakteri E.coli.
C.      Persilangan sapi lokal dengan sapi impor untuk menghasilkan jenis sapi dengan kualitas unggul.
D.     Budi daya tanaman anggrek dengan tehnik kultur jaringan.
E.      Proses pembentukan awan dengan penyebaran garam melalui pesawat, sebagai upaya membuat hujan buatan untuk mengatasi kebakaran hutan di Sumatra.

Kompetensi Dasar
:
3.1 Memahami  melalui penerapan tentang ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
Materi
:
Ruang lingkup kajian Biologi
Kelas/Semester
:
X/1
IPK

Indikator Soal

:

:

3.1.4 Mengkaitkan manfaat mempelajari biologi bagi diri, lingkungan, dan masa depan peradaban bangsa..
Disajikan beberapa cabang ilmu biologi yang terkait dengan peranannya dalam kehidupan, dapat memilih yang sesuai dengan peran yang diminta.
Level Kognitif
:
C2 (memahami)


SOAL No 4

Rumusan Butir Soal

Berbagai upaya untuk peningkatan produksi ternak dilakukan oleh para ahli. Diantaranya adalah dilakukan penyilangan berbagai ras unggul hewan ternak agar memiliki produktifitas dan hasil yang baik untuk pemenuhan pasar. Penyilangan-penyilangan ini merupakan penerapan biologi dari cabang ilmu . . . .
A.      Anatomi              
B.      Genetika
C.      Morfologi           
D.      Ekologi
E.       Fisiologi

KUNCI JAWABAN : B






Kebakaran hutan yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia karena musim kemarau yang terlalu panjang mengakibatkan banyak korban.   Selain hilangnya ribuan plasma nutfah yang sangat berharga,  juga meninggalnya beberapa balita dan manula akibat infeksi saluran pernafasan.  Masalah biologi yang terjadi,  merupakan kajian dalam  beberapa cabang ilmu biologi diantaranya adalah:
A.      Klimatologi, biogeografi, nasofaringologi
B.      Meteorologi, teratologi, oceanologi.
C.      Klimatologi, urologi, biofisika
D.     klimatologi, etnobotani, epidemiologi

E.      klimatologi, meteorologi, demografi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shoutul Mubarok | Ya Asyiqol Mustofa