RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MA Keterampilan Al Irsyad
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/Semester : X MIA/Ganjil
Materi
Pokok : Ruang Lingkup Biologi
Alokasi
waktu : 6 x 45 menit (2 x
pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 dan 2
|
|
Menumbuhkan
kesadaran akan kebesaran Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku
disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma.
|
|
KI 3
|
KI 4
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
|
KD Pengetahuan
|
No
|
KD Keterampilan
|
3.1
|
Memahami
melalui penerapan tentang ruang lingkup Biologi (permasalahan pada
berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah
dan prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dan percobaan.
|
4.1
|
Menyajikan data dalam berbagai bentuk media
informasi tentang permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat
organisasi kehidupan sebagai hasil penerapan metode ilmiah dengan
memperhatikan aspek keselamatan kerja.
|
No
|
IPK Pengetahuan
|
No
|
IPK Keterampilan
|
3.1.1
|
Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai obyek dan
tingkat organisasi kehidupan
|
4.1.1
|
Menyajikan data dalam bentuk media informasi peta konsep tentang
permasalahan biologi dan cabang-cabang biologi yang dihasilkan
|
3.1.2
|
Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek dan tingkat
organisasi kehidupan.
|
4.1.2
|
Merancang disain dan melakukan percobaan
sederha-na menggunakan metode ilmiah dalam menyelesaikan masalah biologi.
|
3.1.3
|
Mengkaitkan permasalahan
biologi dengan cabang-cabang biologi dan perkembangan karier.
|
4.1.3
|
Mengkomunikasikan hasil penelitian
sederhana yang menggambarkan tahapan kerja ilmiah.
|
3.1.4
|
Mengkaitkan manfaat mempe-lajari biologi bagi diri, lingkungan,
dan masa depan peradaban bangsa.
|
4.1.4
|
Menyusun laporan ilmiah hasil penelitian
sederhana yang memuat raung lingkup biologi, langkah kerja ilmiah,
keselamatan kerja, dan perkembangan karier masa depan berbasis biologi.
|
3.1.5
|
Merinci komponen tahapan kerja ilmiah dalam menyelsai-kan
masalah biologi
|
||
3.1.6
|
Menerapkan metode ilmiah dalam rancangan penelitian sederhana
pemecahan masalah.
|
||
3.1.7
|
Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan kerja di laboratorium
biologi / IPA.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik
menggunakan metode dan model pembelajaran Descoverylearning
peserta didik dapat menerapkan langkah-langkah kerja ilmiah dalam
menyelesaikan masalah biologi dan perkembangan cabang biologi serta profesi dan
masa depan bangsa dengan menerapkan prinsip – prinsip keselamatan kerja di
laboratorium biologi / IPA, sehingga peserta
didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan prilaku disiplin, jujur, teliti, kreatif,
kerjasama dan bertanggungjawab.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Permasalahan Biologi pada
berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
2.
Cabang-cabang ilmu dalam Biologi
dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
3.
Manfaat mempelajari Biologi bagi
diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa
4.
Metode Ilmiah
5.
Keselamatan Kerja di
laboratorium.
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode dan Model
Pembelajaran :
Pertemuan
|
No IPK
|
Metode dan Model
|
I
|
3.1.1
3.1.2
3.1.3
3.1.4
4.1.1
|
Simulasi dan Discovery learning mengacu pada kerja kelompok dengan
persaingan pasangan kelompok.
|
II
|
3.1.5
3.1.6
3.1.7
4.1.2
4.1.3
4.1.4
|
Diskusi-praktik dengan Descovery learning, untuk menerapkan langkah kerja ilmiah dan
keselamatan kerja sesuai disain penelitian yang disusun.
|
F. Alat, Media
1)
Alat
LCD, laptop,
spidol, kertas plano, papan tulis / white board
2)
Media
a) Video / gambar stimulus
b) LKS 3.1 Keterkaitan masalah biologi, objek kajian dan cabang ilmu
yang dihasilkan.
c) LKS 3.2 Identifikasi tahap/komponen kerja ilmiah.
d) LKS 3.3 Simulasi Sintesis Protein
e) Tool kit pembuatan model DNA
f) Tool kit simulasi sintesis protein
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan I (3 x 45 menit)
No IPK
|
IPK
|
3.1.1
|
Mengidentifikasi permasalahan
biologi pada berbagai obyek dan tingkat organisasi kehidupan
|
3.1.2
|
Menjelaskan permasalahan
biologi pada berbagai objek dan tingkat organisasi kehidupan.
|
3.1.3
|
Mengkaitkan permasalahan
biologi dengan cabang-cabang biologi dan perkembangan karier.
|
3.1.4
|
Mengkaitkan manfaat
mempe-lajari biologi bagi diri, lingkungan, dan masa depan peradaban bangsa.
|
4.1.1
|
Menyajikan data dalam bentuk
media informasi peta konsep tentang permasalahan biologi dan cabang-cabang
biologi yang dihasilkan
|
H. Sumber
Belajar
1.
Video, power
point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topik substansi genetika.
2.
Buku teks biologi
a. Lestari, Endang Sri dan idun kistinnah. 2010. Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk SMA/MA kelas XI.
Bandung : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b. Irnaningtyas. 2013. Biologi
Untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga.
c. Campbell N.A. Mitchell LG,
Reece JB, Taylor MR, Simon EJ. 2006. Biology, 5th ed. Benjamin Cummings
Publishing Company, Inc., Redword City, England.
d. www.NGNSlifescienceeducation.com
I.
Penilaian Hasil Belajar
No
|
Aspek
|
No
IPK
|
IPK
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen
|
Rubrik
Penilaian
|
1
|
Pengetahuan
|
3.1.1
|
Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai
obyek dan tingkat organisasi kehidupan
|
Tes Tulis
|
esay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
3.1.2
|
Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek
dan tingkat organisasi kehidupan.
|
Tes Tulis
|
Esay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.1.3
|
Mengkaitkan permasalahan biologi dengan cabang-cabang biologi
dan perkembangan karier.
|
Tes Tulis
|
Esay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.1.4
|
Mengkaitkan manfaat mempe-lajari biologi bagi diri,
lingkungan, dan masa depan peradaban bangsa.
|
Tes Tulis
|
Esay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.1.5
|
Merinci komponen tahapan kerja ilmiah dalam
menyelsai-kan masalah biologi
|
Tes Tulis
|
Esay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.1.6
|
Menerapkan metode ilmiah dalam rancangan penelitian
sederhana pemecahan masalah.
|
||||||
3.1.7
|
Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan kerja di
laboratorium biologi / IPA.
|
||||||
2
|
Keterampilan
|
4.1.1
|
Menyajikan data dalam bentuk media informasi peta
konsep tentang permasalahan biologi dan cabang-cabang biologi yang dihasilkan
|
Penugasan
|
Instrumen Penilaian Tugas
|
Terlampir
|
Terlampir
|
4.1.2
|
Merancang disain dan melakukan
percobaan sederha-na menggunakan metode ilmiah dalam menyelesaikan masalah
biologi.
|
Penugasan
|
Instrumen Penilaian Tugas
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
4.1.3
|
Mengkomunikasikan hasil
penelitian sederhana yang menggambarkan tahapan kerja ilmiah.
|
Penugasan
|
Instrumen Penilaian Tugas
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
4.1.4
|
Menyusun laporan ilmiah hasil
penelitian sederhana yang memuat raung lingkup biologi, langkah kerja ilmiah,
keselamatan kerja, dan perkembangan karier masa depan berbasis biologi.
|
Penugasan
|
Instrumen Penilaian Tugas
|
Terlampir
|
Terlampir
|
Subang,
Juli 2017
|
||
Mengetahui,
|
||
Kepala MA Keterampilan Al Irsyad
|
Guru Mata Pelajaran Biologi,
|
|
Subekan S.Ag., S.H
|
Nur Ichsan, S.Pd.
|
Lampiran Instrumen Penilaian untuk mengukur kompetensi
Pengetahuan siswa
Soal No 1
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami melalui penerapan tentang ruang lingkup
Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi
kehidupan), metode ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
|
Materi
|
:
|
Ruang lingkup
kajian Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
IPK
Indikator Soal
|
:
:
|
3.1.1 Mengidentifikasi
permasalahan biologi pada berbagai obyek dan tingkat organisasi kehidupan
Disajikan informasi
permasalahan biologi, peserta didik dapat menentukan obyek dan tingkat
organisasi biologi yang dikaji.
|
Level Kognitif
|
:
|
C2 (memahami)
|
Rumusan Butir Soal
Perhatikan informasi
masalah biologi berikut ini!
1.
pemerintah sementara mengeluarkan larangan penerbangan yang menuju sumatra
dan kalimantan akibat tebalnya asap yang menyelimuti kedua wilayah itu.
2.
meningkatnya populasi tikus yang sangat tajam di Purwodadi Grobogan diduga
adalah karena terlalu banyaknya peburuan ular cobra yang digunakan untuk obat oleh
masyarakat di wilayah itu.
3.
“Manusia pohon” merupakan penyakit kulit yang diduga akibat penggunaan air
mandi yang telah tercemar oleh air raksa.
4.
Menurunnya hasil panen buah klengkeng di kabupaten Ungaran dari hasil
penelitian Dinas terkait adalah akibat penggunaan pestisida yang salah sasaran.
Dari informasi kasus di atas yang menggambarkan kasus pada obyek dan
tingkat organisasi yang sesuai adalah . . . .
A. 1, bidang botani, tingkat ekosistem
B.
2, lingkungan, tingkat populasi
C.
3, kesehatan, tingkat ekosistem
D.
4, pertanian, tingkat bioma
E. 2, ekonomi, tingkat ekosistem
KUNCI
JAWABAN : C
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami melalui penerapan tentang ruang lingkup
Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi
kehidupan), metode ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
|
Materi
|
:
|
Sintesis Protein
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII/1
|
IPK
Indikator Soal
|
:
:
|
3.1.2 Menjelaskan permasalahan
biologi pada berbagai objek dan tingkat organisasi kehidupan.
Disajikan kasus penyebaran
penyakit tertentu, peserta didik dapat menentukan tingkat kajian bidang
tersebut.
|
Level Kognitif
|
:
|
C4
(menganalisis)
|
Soal NO 2
Rumusan butir soal :
Seorang dokter memeriksa seorang pasien ditemukan gejala : demam, nafsu
makan berkurang, timbul gejala gatal berwarna merah kecil, kemudian melepuh dan
pecah. Ruam mula-mula di punggung dan kepala, kemudian menyebar ke muka dan
kadang-kadang ke anggota gerak. Oleh dokter dinyatakan bahwa pasien menderita cacar
air yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menular dan menyebar dengan cepat.
Penyebaran penyakit ini dikaji dalam tingkatan ….
A. individu
B. ekosistem
C. populasi
D. biosfer
E. komunitas
KUNCI JAWABAN : E
Soal no 3
Rumusan Butir Soal :
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami melalui penerapan tentang ruang lingkup
Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi
kehidupan), metode ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
|
Materi
|
:
|
Ruang lingkup kajian Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
IPK
Indikator Soal
|
:
:
|
3.1.3 Mengkaitkan permasalahan biologi dengan cabang-cabang biologi
dan perkembangan karier.
Disajikan berbagai profesi terkait dengan kasus, peserta didik
dapat mengkaitkan kesesuai spesialisasi bidang kerja yang ikut terlibat
mengatasi maslah
|
Level Kognitif
|
:
|
C2 (memahami)
|
Di bawah ini
adalah spesialisasi bidang ke-dokteran di Indonesia :
1) Internis
2) kandungan dan kebidanan
3) penyakit anak
4) radiologi
5) rehabilitasi medik
Pasangan suami isteri yang sudah lama belum memiliki keturunan dapat
dibantu dengan teknologi bayi tabung. Program bayi tabung dalam kasus
tersebut melibatkan tim dokter dengan
spesiliasi .....
A.
1,2,3
B.
1, 3, 5
C.
2, 3, 4
D.
2, 4, 5
E.
3, 4, 5
KUNCI JAWABAN : D
Diantara
masalah berikut ini yang merupakan kajian biologi pada tingkat molekuler
adalah...
A.
Operasi faceoff untuk memperbaiki wajah pasien
korban KDRT yang rusak akibat disiram dengan asam sulfat.
B.
Penyisipan DNA manusia yang mengandung
kode genetik untuk pembentukan hormon insulin ke dalam sel bakteri E.coli.
C.
Persilangan sapi lokal dengan sapi impor untuk
menghasilkan jenis sapi dengan kualitas unggul.
D.
Budi daya tanaman anggrek dengan tehnik kultur
jaringan.
E.
Proses pembentukan awan dengan penyebaran garam melalui
pesawat, sebagai upaya membuat hujan buatan untuk mengatasi kebakaran hutan di
Sumatra.
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1 Memahami melalui penerapan tentang ruang lingkup
Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi
kehidupan), metode ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan.
|
Materi
|
:
|
Ruang lingkup
kajian Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
IPK
Indikator Soal
|
:
:
|
3.1.4 Mengkaitkan manfaat mempelajari biologi bagi diri,
lingkungan, dan masa depan peradaban bangsa..
Disajikan beberapa cabang ilmu biologi yang terkait dengan
peranannya dalam kehidupan, dapat memilih yang sesuai dengan peran yang
diminta.
|
Level Kognitif
|
:
|
C2 (memahami)
|
SOAL
No 4
Rumusan
Butir Soal
Berbagai upaya untuk
peningkatan produksi ternak dilakukan oleh para ahli. Diantaranya adalah dilakukan
penyilangan berbagai ras unggul hewan ternak agar memiliki produktifitas dan
hasil yang baik untuk pemenuhan pasar. Penyilangan-penyilangan ini merupakan
penerapan biologi dari cabang ilmu . . . .
A.
Anatomi
B.
Genetika
C.
Morfologi
D.
Ekologi
E.
Fisiologi
KUNCI
JAWABAN : B
Kebakaran hutan yang melanda sejumlah wilayah di
Indonesia karena musim kemarau yang terlalu panjang mengakibatkan banyak
korban. Selain hilangnya ribuan plasma
nutfah yang sangat berharga, juga
meninggalnya beberapa balita dan manula akibat infeksi saluran pernafasan. Masalah biologi yang terjadi, merupakan kajian dalam beberapa cabang ilmu biologi diantaranya
adalah:
A.
Klimatologi, biogeografi,
nasofaringologi.
B.
Meteorologi, teratologi, oceanologi.
C.
Klimatologi, urologi, biofisika
D.
klimatologi, etnobotani, epidemiologi
E.
klimatologi, meteorologi, demografi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar