RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MA Keterampilan Al Irsyad
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas /Semester : X MIA / satu
Materi Pokok : Keanekaragaman Hayati
Alokasi waktu : 9 x 45 menit (3 kali pertemuan )
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama,toleran, damai),
santun, responsive dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
|
KI 4
|
Mengolah, menalar,
menyaji dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
|
KD
Pengetahuan
|
No
|
KD
Keterampilan
|
3.2
|
Menganalisis data hasil observasi
tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di
Indonesia serta ancaman dan
pelestariannya
|
4.2
|
Menyajikan hasil
observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan
ekosistem) di Indonesia dan usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan
hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan
tumbuhan khas Indonesia dalam berbagai bentuk media informasi
|
No
|
IPK Pengetahuan
|
No
|
IPK Keterampilan
|
3.2.1
|
menjelaskan konsep keanekaragaman gen,
jenis, ekosistem
|
4.2.1
|
Menyajikan data hasil observasi berbagai
tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia
(di lingkungan sekolah)
|
3.2.2
|
mengidentifikasi keanekaragaman hayati
Indonesia, flora dan fauna, serta
penyebarannya berdasarkan Garis Wallace dan Garis Weber
|
4.2.2
|
Membuat tulisan berupa usulan tentang upaya pelestarian
keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman
kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas melalui tugas
membuat poster.
|
3.2.3
|
Mengidentifikasi keunikan hutan hujan
tropis Indonesia
|
||
3.2.4
|
Menganalisis pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia
|
||
3.2.5
|
Mengkunstruksi upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan metode dan model
pembelajaran problem based Learning peserta
didik dapat menganalisis dan menyajikan hasil observasi berbagai tingkat
keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia dan usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati
Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai
keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia dalam berbagai bentuk media, sehingga peserta
didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan rasa
kepedulian terhadap lingkungan, prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip,
santun, bertanggungjawab, dan kerjasama.
D.
Materi
Pembelajaran
1.Konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
2.Keanekaragaman
hayati Indonesia, flora dan fauna, serta
penyebarannyaberdasarkan
Garis Wallace dan Garis Weber
4.Keunikan
hutan hujan tropis Indonesia
5.Pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia
6.Upaya
pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode
dan Model Pembelajaran :
Pertemuan
|
No IPK
|
Model dan Metode
|
I
|
4.2.1
|
Simulasi,
diskusi, dengan model discovery learning
|
II
|
3.2.1
3.2.2
3.2.3
|
Diskusi tanya jawab dengan model discovery
learning
|
III
|
3.2.4
3.2.5
4.2.2
|
Diskusi tanya jawab dengan model Problem
based learning
|
F. Alat, Media
dan Sumber Belajar
1)
Alat
LCD, laptop,
spidol, papan tulis, kertas polio, kertas tempel
2)
Media
a) LKS 3.1 Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen
b) LKS 3.2 Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis
c) LKS 3.3 Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem
d) LKS 3.4 Manfaat Keanekaragaman Hayati dan Upaya Pelestariaannya.
3)
Sumber
belajar
a)
power
point bahan ajar, video animasi
b)
Buku
teks biologi Oman
Karmana , 2013, Biologi , untuk Kelas X SMA kelompok Peminatan Matematika dan
Ilmu –ilmu alam , sesuai Kurikulum 2013,
Grafindo
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan III (3 x 45 menit)
No IPK
|
IPK
|
3.2.4
|
Menganalisis
pemanfaatan keanekaragaman
hayati Indonesia
|
3.2.5
|
Menjelaskan upaya
pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
4.2.2
|
Membuat tulisan berupa usulan
tentang upaya pelestarian keanekaragaman
hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai
keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas melalui tugas membuat artikel, Majalah Dinding,
poster dsb
|
Diskripsi
kegiatan Pembelajaran
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks
|
Diskripsi
|
waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.Memberi
salam, berdo’a
dan mengaji/ bacaan
lain selama
15 menit untuk kelas yang masuk
di jam pertama;
2.Mengkondisikan suasana belajar
yang menyenangkan
(mengecek kehadiran peserta
didik);
3.Menanamkan
nilai-nilai karakter peningkatan kesadaran lingkungan dengan permainan menulis kata di punggung
untuk selanjutnya kata tersebut dipakai untuk merangkai kalimat tentang upaya
kesadaran terhadap lingkungan dalam
kelompok.
4.Guru
menyimpulkan bahwa kegiatan ini untuk penguatan nilai karakter kerja sama
antar teman, saling bekerja sama, berfikir kritis dan peduli terhadap
lingkungan
Menarik
perhatian siswa/memotivasi
1.Guru menayangkan video tentang
kerusakan lingkungan
2.Guru memotivasi Peserta didik
untuk menggali informasi dari
video yang dilihatnya.
3.Guru meminta peserta didik
untuk menyampaiakan pesan apa yang
didapat dari tayangan video (minimal 2 siswa)
Membangun apersepsi, dengan menanyakan:
a.Pernahkah kalian wisata di
Taman Mini Indonesia di
aquarium Raksasa /Sea Word Jakarta ?
b.Bagaiamana senang sekali kan ?
Nah bagaimana jika tiba-tiba semua ikan
yang ada di
dalamnya mati semua gara-gara tercemar
racun akibat
ulah orang yang tidak bertanggung jawab ?
c.yach pasti kita semua sangat
sedih dan sangatlah marah, oleh karena
itu bagaimana kita bisa menjaganya ?.
d.Bagaimana juga dengan habitat
laut atau terumbu karang di
Indonesia timur yang terkenal sangat indah ?
Bagaimana upaya untuk melestarikannya ?
Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan indikator yang akan dicapai dengan model Problem based learning dan metode diskusi kelompok berbantukan
carta / poster.
Menyampaian
cara penilaian yang akan dilakukan
( tes essay dan poster hasil kerja kelompok)
Membagi
peserta dalam 5 kelompok
(beranggotakan 5 – 6 orang )
|
15
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
Orientasi peserta didik kepada masalah.
|
Siswa mengamati
gambar keanekaragaman hayati laut, pencemaran laut dan ikan-ikan yang mati di
laut
serta gambar hutan
hujan tropis, penebangan hutan, lahan tandus dan orang hutan
orientasi masalah dengan menyampaiakan pertanyaan
siswa mengekspresikan ide-ide secara terbuka
|
10 menit
|
Mengorganisasi peserta didik.
|
Siswa menemukan konsep berdasar masalah/fenomena yang
disajikan
Guru mendorong keterbukaan, proses-proses demokrasi dan
cara belajar siswa aktif
Siswa membuat pertanyaan minimal 3 dari fenomena masalah
atas konsep yang disajikan
|
15 menit
|
|
Membimbing penyelidikan individu atau kelompok.
|
Siswa diberi kemudahan dalam pengerjaan dalam menjawab pertannyaan yang dibuatnya
Guru mendorong kerjasama dan penyelesaian menjawab
pertannyaan yang dibuat.
Guru mendorong dialog siswa,
diskusi dengan teman dalam kelompoknya
Ssiswa mendefinisikan dan
mengorganisasikan jawaban dari berbagai sumber yang berkaitan dengan masalah
siswa merumuskan hipotesis dan
menemukan jawaban
Siswa
mengumpulkan informasi sesuai permasalahan /pertanyaan yang dibuat melalui
membaca buku, internet atau sumber lain yang bisa didapatkan dengan panduan
lembar kerja siswa.
|
15 menit
|
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
|
Siswa mengerjakan lembar kegiatan
siswa (LKS) dibimbing oleh guru
Siswa menyajikan hasil kerja
dengan menampilkan poster dibimbing oleh guru
siswa mengkomunikasikan hasil
kerjanya di depan kelompok lain
|
15 menit
|
|
Menganalisa dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah.
|
siswa mengkaji ulang hasil
pemecahan masalah bersama kelompok yang lain
Guru mengevaluasi proses pemecahan
masalah
Siswa menyimpulan hasil diskusi
pada kelompoknya sesuai permasalahan yang dibahas dibantu oleh guru sebgai
fasilitator
Siswamenarik
kesimpulan hasil paparan seluruh kelompok
|
15 menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
1. Mereviu materi
yang telah dipelajari
2. Memberi
penugasan untuk pertemuan berikutnya
3. Menyampaikan
pesan-pesan yang berkaitan dengan kesadaran pelestarian lingkungan
|
5 menit
|
H. Penilaian
Hasil Belajar
No
|
Aspek
|
No
IPK
|
IPK
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Rubrik
Penilaian
|
1
|
Pengetahuan
|
3.2.1
|
menjelaskan
konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
|
Tes Tulis
|
PG
|
||
3.2.2
|
mengidentifikasi
keanekaragaman hayati Indonesia, flora dan fauna, serta penyebarannya berdasarkan Garis Wallace dan
Garis Weber
|
Tes Tulis
|
PG
|
||||
3.2.3
|
Mengidentifikasi
keunikan hutan hujan tropis Indonesia
|
Tes Tulis
|
PG
|
||||
3.2.4
|
Menganalisis
pemanfaatan keanekaragaman
hayati Indonesia
|
Tes Tulis
|
Essay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
3.2.5
|
Menganalisis
upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
Tes Tulis
|
Essay
|
Terlampir
|
Terlampir
|
||
2
|
Keterampilan
|
4.2.1
|
Menyajikan data
hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan
ekosistem) di Indonesia (di lingkungan sekolah)
|
Laporan Hasil Observasi
|
Instrumen Penilaian Laporan
|
||
4.2.2
|
Membuat tulisan
berupa usulan tentang upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman
hewan dan tumbuhan khas melalui
tugas membuat poster.
|
Poster
|
Instrumen Penilaian Poster
|
Terlampir
|
Terlampir
|
I .Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
a. Pembelajaran remedial
pembelajaran remedial dilakukan
setelah kegiatan penilaian bagi peserta didik yang tidak memenuhi KKM. Strategi
pembelajaran remedial dilaksanakan dengan penugasan, tutor sebaya bersadarkan
indiKator pencapaian yang belum dicapai oleh siswa.
b. Pengayaan
Siswa yang mendapat nilai melebihi
KKM diberikan tugas mengkaji pelestarian lingkungan yang telah dilakukan oleh
pemerintah dan masalah-masalah yang belum terselesaiakn akibat rusaknya
lingkungan seperti banjir tanah lonsor dan lain-lain dan merencanakan program
perbaikan lingkungan
Lampiran Instrumen Penilaian untuk mengukur Pengetahuan siswa
pada Pertemuan – 3
Soal
No 1
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2
Menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman
hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia serta ancaman dan pelestariannya
|
Materi
|
:
|
Konsep
keanekaragamangen gen, jenis, dan
ekosistem
|
Kelas/Semester
|
:
|
X MIPA/1
|
IPK
Indikator Soal
|
:
:
|
3.2.5
Mengkonstruksi upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
disajikan data jumlah
10 hewan yang terancam punah tahun
2013 dan 2015, dan 2 diantaranya dari
Indonesia, siswa dapat menentukan prioritas hewan yang harus diselamatkan
berdasarkan data, dengan menggungkapkan alasannya
|
Level Kognitif
|
:
|
C5
|
Soal
No 2
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2
Menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman
hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia serta ancaman dan pelestariannya
|
Materi
|
:
|
Konsep
keanekaragamangen gen, jenis, dan
ekosistem
|
Kelas/Semester
|
:
|
X MIPA/1
|
IPK
Indikator Soal
|
:
:
|
3.2.5
Mengkonstruksi upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
disajikan gambar
1 tentang pencemaran dan gambar 2 tentang hewan yang terkena dampak
pencemaran lingkungan siswa dapat
menentukan upaya untuk mengatasinya .
|
Level Kognitif
|
:
|
C4
|
Soal
No 3
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2
Menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman
hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia serta ancaman dan pelestariannya
|
Materi
|
:
|
Konsep
keanekaragamangen gen, jenis, dan
ekosistem
|
Kelas/Semester
|
:
|
X MIPA/1
|
IPK
Indikator Soal
|
:
:
|
3.2.4
Menganalisis pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia
Siswa dapat menyebutkan berbagai macam bentuk pemanfaatan keanekaragaman hayati tersebut untuk
kepentingan manusia!
|
Level Kognitif
|
:
|
C2
|
Soal
No 4
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2
Menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman
hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia serta ancaman dan pelestariannya
|
Materi
|
:
|
Konsep
keanekaragamangen gen, jenis, dan
ekosistem
|
Kelas/Semester
|
:
|
X MIPA/1
|
IPK
Indikator Soal
|
:
:
|
3.2.
Menganalisis pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia
Siswa mampu
mendiskripsikan keunikan pesisir dan
laut Indonesia kaitannya dengan tujuan untuk pemanfaatan pariwisata Indonesia
|
Level Kognitif
|
:
|
C3
|
Rumusan Butir Soal
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Indikator
Pencapain Kompetensi
SOAL ESSAY
Nama
:……………….
Kelas :……………….
No.Absen :………………..
Petunjuk Pengerjaan Soal
a.
Tuliskan
identitas anda pada lembar jawaban yang telah disediakan.
b.
Kerjakan
pada lembar jawaban yang telah disediakan.
c.
Kerjakan
soal secara berurutan dengan memilih soal yang kamu anggap mudah terlebih
dahulu.
Jawablah soal berikut dengan singkat dan jelas!
1.
Disajikan
data tahun 2013 dan 2015, tercatat 10 hewan terancam punah, 2 diantaranya dari
Indonesia
NO
|
Nama Hewan
|
Asal Hewan
|
Jumlah Hewan
2013
|
Jumlah Hewan 2015
|
1
|
Indonesia
|
45
ekor di Taman Nasional
|
40
ekor di Taman Nasional
|
|
2
|
Vaquita (Phocoena
sinus)/lumba-lumba kecil
|
Laut
mexiko
|
110
ekor
|
97
ekor
|
3
|
Lepilemur septentrionalis
|
Kepulauan
madagaskar
|
60
ekor
|
50
ekor
|
4
|
Penyu Sisik Hawksbill
|
pantai timur Nikaragua
|
Berkurang
70 %
|
Berkurang
80 %
|
5
|
Panthera pardus orientalis
|
Tiongkok bagian timur dan Korea
|
25
ekor
|
20
ekor
|
6
|
Nuri Leher Biru
|
Bolivia
|
130
ekor
|
120
ekor
|
7
|
Gorilla Gunung
|
uganda, Rwanda, dan Republik Congo
|
310
ekor
|
300
ekor
|
8
|
Gajah
sumatra
|
Indonesia
|
2650
ekor
|
2600
ekor
|
9
|
Angsa Nene (Branta
sandvicensis)
|
kanada
|
250
ekor
|
200
ekor
|
10
|
Jerapah (Giraffa
camelopardalis)
|
Afrika
|
810
ekor
|
800
ekor
|
a.Dari data diatas manakah hewan yang mendapatkan
prioritas untuk pelestarian
keberadaannya,
kemukakan 3 alasan yang mendukung jawabanmu !
b.bagaimana pendapatmu untuk melestarikan 2 hewan yang
terancam punah dari
Indonesia ?
2.
Gambar dibawah ini merupakan contoh dampak
pencemaran lingkungan.
Gambar 1 Gambar 2
Berdasarkan gambar 1 dan 2 tersebut, tuliskan macam upaya mengatasi dampak
pencemaran lingkungan akibat ulah manusia!
3. Tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia
sangat tinggi. Sebutkam berbagai macam bentuk pemanfaatan keanekaragaman hayati
tersebut untuk kepentingan manusia!
4. Deskripsikan keunikan pesisir dan laut
Indonesia kaitannya dengan tujuan untuk pemanfaatan pariwisata Indonesia!
Pedoman
Penskoran :
Skor Penilaian :
Skor maksimal = 100
Lampiran
Instrumen Penilaian untuk mengukur Keterampilan siswa pada Pertemuan – 3
(Penilaian
untuk poster )
Kompetensi
Dasar
|
:
|
4.2.
Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di
Indonesia dan usulan upaya pelestarian
keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman
kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia dalam
berbagai bentuk media informasi
|
Materi
|
:
|
Keanekaragaman
Hayati
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII/1
|
IPK
|
:
|
4.2.2 Membuat tulisan
berupa usulan tentang upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil
analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan
khas melalui tugas
membuat poster.
|
Tugas
: Pembuatan poster Tentang Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati
Instrumen
Penilaian :
No
|
Kelengkapan
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi
dengan tema
|
25
|
2
|
Estetika Tulisan
|
25
|
3
|
Kreatifitas
rancangan tulisan
|
25
|
4
|
Segi kemanfaatan
poster
|
25
|
Skor Maksimal
|
100
|
INSTRUMEN
Pengamatan
Sikap dalam Diskusi Presentasi
dengan
model Problem Based Learning
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/ semester :
X / satu
Topik
: Keanekaragaman
hayati
Sub
Topik :Upaya
pelestarian keanekaragaman hayati
Indikator
Pencapaian kompetensi
No IPK
|
IPK
|
3.2.4
|
Menganalisis
pemanfaatan keanekaragaman
hayati Indonesia
|
3.2.5
|
Menjelaskan upaya
pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
4.2.2
|
Membuat tulisan
berupa usulan tentang upaya pelestarian
keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman
kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas melalui
tugas membuat artikel, Majalah Dinding, poster dsb
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Predikat
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
dst.
|
Aspek kinerja yang diamati
1.
Keseriusan dalam mengamati ,menganalisis, menalar dari gambar yang disajikan
2.
Aktivitas siswa dalam diskusi di kelompok dan antar kelompok
3.
Kemampuan menyampaikan materi hasil diskusi / mempresentasikan hasil pemecahan
mslh
4.
Kemampuan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan
5.
Kemampuan merangkum dan menarik
kesimpulan
Rubrik
Skor
4
|
Siswa
menunjukkan sikap sangat baik
|
Skor
3
|
Siswa
menunjukkan sikap baik
|
Skor
2
|
Siswa
menunjukkan sikap cukup
|
Skor
1
|
Siswa
menunjukkan sikap kurang
|
Penilaian :
Nilai = ( jumlah skor yang
diperoleh / 20 ) x 4
Kategori Nilai
Rentang
Nilai
|
Kategori
Nilai
|
3,51
s.d 4,00
|
SB = sangat baik
|
2,51
s.d 3.00
|
B = baik
|
1,51
s.d 2,50
|
C = cukup
|
1,00
s.d 1,50
|
K = kurang
|
KISI-KISI
SOAL HOTS
Nama
Sekolah : MA Keterampilan Al Irsyad Jumlah
Soal : 2
Mata
Pelajaran :Biologi
Waktu :
30 menit
Kurikulum : 2013 Penyusun : Nur Ichsan, S.Pd.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Kelas/
Semester
|
Indikator
Soal
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
1
|
3.2
Menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman
hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia serta ancaman dan pelestariannya
|
Keanekaragaman Hayati di Indonesia
|
X /1
|
disajikan
data jumlah 10 hewan yang terancam
punah tahun 2013 dan 2015, dan 2
diantaranya dari Indonesia, siswa dapat menentukan prioritas hewan yang harus
diselamatkan berdasarkan data, dengan menggungkapkan alasannya
|
C5
|
Esay
|
1
|
X/1
|
disajikan gambar
1 tentang pencemaran dan gambar 2 tentang hewan yang terkena dampak
pencemaran lingkungan siswa dapat
menentukan upaya untuk mengatasinya .
|
C4
|
Esay
|
2
|
pertemuan 1 dan 2 nya mana ?
BalasHapus