RENCANA
PELAKSANAAN PENDIDIKAN
( RPP )
SatuanPendidikan :
MA Keterampilan Al Irsyad
Mata
Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/
Semester : XI /2
Materi Pokok : Struktur dan Fungsi Sel Jaringan Penyusun pada Sistem Respirasi
AlokasiWaktu :
3 Minggux
3 JP
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3 .Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humonaria dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
dasar dan indikator pencapaian kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
3. 8
Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem respirasi dan mengaitkannya
dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah
serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem respirasi manusia melalui
studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
|
3.8.1 Menjelaskan struktur
alat-alat pernafasan pada manusia.
3.8.2 Menjelaskan fungsi
alat-alat pernafasan pada manusia.
3.8.3 Menjelaskan mekanisme
pernapasan pada manusia.
3.8.4 Menjelaskan
kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan.
|
2.
|
4.8 Menyajikan hasil
analisis tentang kelainan pada struktur
dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan
sistem respirasimanusia melalui berbagai bentuk media presentasi.
|
4.8.1.
Mempresentasikan hasil analisis mengenai penyebab, dan dampak kelainan pada
system respirasi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
3.8.3.1 Siswa
mampu Menunjukkan masing masing organ penyusun sistem pernapasan melalui
praktikum sistem pernapasan dengan benar.
3.8.3.2 Siswa
mampu menjelaskan fungsi organ penyusun sistem pernapasan melalui praktikum
sistem pernapasan dengan benar
3.8.3.3 siswa
mampu Menjelaskan proses respirasi melalui studi literatur dengan benar
3.8.3.4 siswa
mampu menganalisis macam macam gangguan fungsi yang terjadi pada sistem
respirasi respirasi manusiamelaluistudi literatur.
3.8.4.1 siswa
mampu Menjelaskan kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan melalui
praktikum sistem pernapasan
D.
Materi
1.
Struktur dan fungsi organ penyusun sistem
respirasi
2.
Mekanisme Pernapasan Manusia
3. Volume Udara Dan Kapasitas Udara Pernapasan
4. Volume dan kapasitas paru-paru
5. Sistem Pernapasan Pada Burung
E. Pendekatan/
Strategi/ Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi, Observasi,Pengamatan di laboratorium
3. Model : Discovery learning
F. Media,
Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Komputer,
LCD, video
2.
Alat
dan Bahan
Charta,
perlengkapan praktikum respirasi
3.
Sumber
Belajar
1.
Buku
BIOLOGI SMA Kelas XI,
2.
LKS
3.
Charta
4.
Laboratorium
5.
Lingkungan
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (1 X 3 JP) (@45
menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (Stimulasi)
|
Prasyarat pengetahuan :
- Pengertian sistem respirasi, organ
sistem respirasi
Pemusatan perhatian :
Peserta didik menyebutkan organ
– organ penyusun sistem respirasi.
Kemudian guru bertanya
bagaimana proses mekanisme respirasi pada manusia.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat mempelajari sistem respirasi
Pemberian acuan
Menyampaikan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengamati charta dan video tentang sistem
respirasi.
Siswa dibagi menjadi 5
kelompok, masing-masing kelompok terdiri 4-5 orang
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Identifikasi masalah
Pengumpulan Data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi (pembuktian)
Generalisasi
|
.Siswa mempelajari petunjuk
pada LKS dan mencermati pertanyaan yang di ajukan guru.
1. Apa saja struktur dan fungsi
organ sistem respirasi?
2. Bagaimanakah mekanisme respirasi
pada manusia?
Siswa mengamati dengan seksama
video mengenai mekanisme respirasi pada manusia dan mengamati charta organ
respirasi. Siswa
mencatat data pengamatan pada
kolom yang tersedia pada LKS
Mengolah dan menganalisis data
dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
Presentasi hasil pengamatan dan
diskusi kelompok
Siswa dan Guru membuat
kesimpulan tentang struktur & fungsi organ sistem respirasi dan mekanismenya.
|
110 menit
|
Penutup
|
|
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada siswa yang
berkinerja baik.
Guru memberikan post tes untuk
mengevaluasi pemahaman siswa mengenai sistem respirasi
|
15 menit
|
Pertemuan
kedua (1 X 3 JP) (@45 menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (Stimulasi)
|
Prasyarat pengetahuan :
- Pengertian sistem respirasi, organ
sistem respirasi pada serangga.
Pemusatan perhatian :
Peserta didik menyebutkan organ
– organ penyusun sistem respirasi pada serangga.
Kemudian guru bertanya
bagaimana proses mekanisme respirasi pada serangga dan faktor – faktorya.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat mempelajari sistem respirasi pada serangga
Pemberian acuan
Menyampaikan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengamati respirasi pada serangga melalui
praktikum.
Siswa dibagi menjadi 5
kelompok, masing-masing kelompok terdiri 4-5 orang
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
Identifikasi masalah
Pengumpulan Data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi (pembuktian)
Generalisasi
|
.Siswa mempelajari petunjuk
praktikum pada LKS dan mencermati pertanyaan yang di ajukan guru.
1. Apa saja faktor yang
mempengaruhi respirasi pada serangga?
2. Berapa banyak oksigen yang
dibutuhkan oleh serangga
Siswa mengamati respirasi pada
serangga menggunakan respirometer. Siswa
mencatat data pengamatan pada
kolom yang tersedia pada LKS
Mengolah dan menganalisis data
dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
Presentasi hasil pengamatan dan
diskusi kelompok
Siswa dan Guru membuat
kesimpulan tentang struktur & fungsi organ sistem respirasi dan
mekanismenya.
|
110 menit
|
Penutup
|
|
Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada siswa yang
berkinerja baik.
Guru memberikan post tes untuk
mengevaluasi pemahaman siswa mengenai sistem respirasi pada serangga
|
10 menit
|
Pertemuan
ketiga (1 X 3 JP) (@45 menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (Stimulasi)
|
Prasyarat pengetahuan :
- Pengertian sistem respirasi, organ
sistem respirasi, mekanisme, gangguan sistem respirasi.
Pemusatan perhatian :
Peserta didik diminta
menyebutkan gangguan pada sistem respirasi.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat mempelajari gangguan pada sistem respirasi
Pemberian acuan
Menyampaikan informasi tentang
kegiatan yang akan dilakukan yaitu Diskusi hasil observasi kunjungan ke rumah
sakit.
Siswa dibagi menjadi 5
kelompok, masing-masing kelompok terdiri 4-5 orang
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Identifikasi masalah
Pengumpulan Data
Pengolahan data dan analisis
Verifikasi (pembuktian)
Generalisasi
|
.Siswa mempelajari petunjuk pada
LKS dan mencermati pertanyaan yang di ajukan guru.
1. Gangguan sistem respirasi apa
saja yanng sering dialami pasien?
Siswa telah melakukan observasi
dan melakukan pengumpulan data
Siswa telah mengolah dan
menganalisis data dari hasil observasi
Presentasi hasil observasi dan
diskusi kelompok
Siswa dan Guru membuat
kesimpulan tentang gangguan pada sistem respirasi
|
110 menit
|
Penutup
|
|
Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok
yang berkinerja baik.
|
10 menit
|
H.
PENILAIAN
Aspek dan
Bentuk Istrumen
Aspek
|
Bentuk
Instrumen
|
Sikap
|
Lembar Penilaian Sikap
|
Kognitif
|
Tes Pilihan Ganda, Uraian dan LKS
|
Psikomotorik
|
Lembar Penilaian Praktikum, Lembar penilaian Proyek
|
1.
Lembar
Pengamatan Sikap
Pengamatan Perilaku
Ilmiah
No
|
Aspek Yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1.
|
Rasa ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
2.
|
Ketelitian dalam pengamatan
|
|
|
|
|
3.
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4.
|
Keterampilan berkomunikasi pada
saat belajar
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Perilaku
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan rasa ingin tahu
|
3: Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,
antusias, aktif dalam dalam kegiatan
kelompok
2: Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak
terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika
disuruh
1: Tidak menunjukkan antusias dalam
pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat
|
2.
|
Ketelitian dalam pengamatan
|
3. Mengamati sesuai prosedur, teliti dalam
mengamati
2.
Mengamati sesuai prosedur, kurang teliti dalam melakukan pengamatan
1.
Mengamati kurang sesuai prosedur,
kurang teliti dalam melakuka pengamatan
|
3.
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3: Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan
hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan
tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
|
4.
|
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
|
3.
Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai
pendapat siswa lain
2.
Aktif dalam tanya jawab, tidak
ikut mengemukaan gagasan atau ide,
menghargai pendapat siswa lain
1.
Aktif dalam tanya jawab, tidak
ikut mengemukaan gagasan atau ide,
kurang menghargai pendapat siswa lain
|
2. Lembar
penilaian Psikomotorik
LEMBAR
PENILAIAN KEGIATAN PRAKTIKUM
Judul praktikum :
Respirasi pada Serangga
Nama :
Kelas / Semester :
XI / 2
Mata Pelajaran :
Biologi
Berikan Tanda Cek List ( ) di Bawah Skor
3 : Bila cara melakukan
aspek kinerja tepat
2 : Bila agak tepat
1 : Bila tidak tepat
No
|
ASPEK KINERJA YANG DINILAI
|
SKOR
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
1. Menggunakan jas laboratorium
|
|
|
|
|
2. Mengecek kesiapan alat dan
bahan
|
|
|
|
|
3. Membaca prosedur kerja
|
|
|
|
2.
|
PELAKSANAAN
|
|
|
|
|
1. merangkai alat dan bahan
|
|
|
|
|
2. Meneteskan eosin
|
|
|
|
|
3. Membaca angka pada
respirometer
|
|
|
|
|
4. Menulis hasil pengamatan
|
|
|
|
3.
|
KEGIATAN AKHIR PRAKTIKUM
|
|
|
|
|
1. Membersihkan alat
|
|
|
|
|
2. Mengembalikan alat ke tempat
semula
|
|
|
|
Penilaian
Penugasan Proyek
Sistem
Respirasi
Berkunjunglah ke rumah sakit terdekat yang ada
disekitar tempat tinggal saudara. Carilah informasi tentang pasien penderita
penyakit sistem respirasi. Lakukan pengamatan fisik dan wawancara terhadap
pasien atau keluarganya megenai gejala – gejala penyakit yang dideritanya.
Dapatkan pula informasi tentang penyakit
tersebut dari petugas kesehatan yang menanganinya. Dari hasil yang saudara
peroleh, buatlah laporan dengan mencantumkan nama rumah sakit dan waktu
observasi serta saran yang bermanfaat bagi masyarakat mengenai usaha pencegahan
peyebarluasan penyakit tersebut.
Lembar
Penilaian proyek
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas : XI
Nama Proyek :
Observasi Tentang Penyakit Sistem Respirasi
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Nama
Siswa : .......................
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
(1-3)
|
1.
|
Perencanaan
a.
Persiapan
b.
Rumusan Judul
|
|
2.
|
Pelaksanaan
a.
Sistematika penulisan
b.
Keakuratan Sumber data/informasi
c.
Kelengkapan sumber data
d.
Analisis Data
e.
Perumusan Kesimpulan
|
|
3.
|
Laporan proyek
a.
Performans
b.
Penguasaan Materi
|
|
Rubrik
Penilaian Proyek
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Perencanaan
a. Persiapan
b. Rumusan
Judul
|
3:
Menentukan
rumah sakit dan jenis penyakit yang akan di observasi pada minggu ke-1
2:
Menentukan
rumah sakit dan jenis penyakit yang akan di observaasi pada minggu ke-2
1:
Menentukan
rumah sakit dan jenis penyakit yang akan di observaasi pada minggu ke-3
3: Rumusan judul sesuai dengan tujuan
penelitian dan penulisan judul mewakili semua isi penelitian
2: Rumusan judul sesuai dengan tujuan
dan penulisan judul tidak mewakili semua isi penelitian atau sebaliknya
1: Rumusan judul tidak sesuai dengan tujuan dan penulisan
judul tidak mewakili semua isi penelitian atau sebaliknya
|
2
.
|
Perencanaan
a. Sistematika
Penulisan
b. Keakuratan
Sumber Data/Informasi
c. Kelengkapan
Sumber Data
d. Analisis
Data
e. Perumusan
Kesimpulan
|
3: Semua komponen dalam penulisan
laporan sudah tercantum dan tersusun berurutan serta isi pada setiap komponen
sudah sesuai
2: Semua komponen dalam penulisan
laporan sudah tercantum dan tersusun tidak berurutan serta isi pada setiap komponen tidak sesuai
1: Ada satu atau beberapa komponen dalam penulisan laporan tidak tercantum dan tersusun tidak berurutan
serta isi pada setiap komponen tidak sesuai
3: menuliskan nama rumah sakit dan waktu observasi,
melampirkan surat keterangan telah melakukan observasi dari rumah sakit dan
melampirkan dokumentasi hasil observasi (berupa foto)
2: menuliskan nama rumah sakit dan waktu observasi,
melampirkan surat keterangan telah melakukan observasi dari rumah sakit dan
tidak melampirkan dokumentasi hasil observasi (berupa foto)
1: menuliskan nama rumah sakit dan waktu observasi, tidak melampirkan surat
keterangan telah melakukan observasi dari rumah sakit dan tidak melampirkan
dokumentasi hasil observasi (berupa foto)
3: Semua komponen lengkap
2: Ada satu komponen kurang lengkap
1: Ada satu atau beberapa komponen tidak lengkap
3: Baik
2: Kurang Baik
1: Tidak Baik
3: Kesimpulan sesuai dengan tujuan dan rumusan judul
2: Kesimpulan sesuai dengan tujuan dan tidak sesuai
rumusan judul
1: Kesimpulan tidak sesuai tujuan dan tidak sesuai
rumusan judul
|
3.
|
Laporan Proyek
a. Performans
b. Penguasaan
Materi
|
3: Mempresentasikan hasil penelitian
dengan percaya diri, terampil dalam berkomunikasi di depan kelas
2: Mempresentasikan hasil penelitian
dengan percaya diri, kurang terampil
dalam berkomunikasi di depan kelas
1: Mempresentasikan
hasil penelitian dengan kurang percaya diri, tidak terampil dalam berkomunikasi di depan kelas
3: Penyampaian hasil penelitian dapat
dimengerti oleh teman-teman yang lain. Dapat menjawab pertanyaan dengan cepat
dan tepat.
2: Penyampaian hasil penelitian dapat
dimengerti oleh teman-teman yang lain. Tidak dapat menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat
1: Penyampaian
hasil penelitian tidak dapat dimengerti
oleh teman-teman yang lain. Tidak dapat menjawab
pertanyaan dengan cepat dan tepat
|
3. Instrumen Kognitif
A.
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat!
- Pernapasan seluler terjadi di ….
a. paru-paru
b. darah
c. kulit
d. sel
e. mitokondria
2. Sistem yang berhubungan langsung dengan sistem pernapasan adalah
sistem ….
a. pencernaan
b. ekskresi
c. sirkulasi
d. otot
e. regulasi
3. Sewaktu mengeluarkan napas, otot tulang rusuk
berelaksasi, tulang dada turun sehingga rongga dada mengecil, berarti tekanan
udara membesar dan udara keluar dari paru-paru. Pernapasan ini disebut ….
a. pernapasan dalam
b. pernapasan luar dan dalam
c. pernapasan seluler
d. pernapasan perut
e. pernapasan dada
4. Energi yang dihasilkan dari pernapasan seluler adalah berupa ….
a. ATP
b. penarikan ion H+ dari substrat
c. enzim
d. glikogen
e. mitokondria
5. Bagian otak yang berfungsi mengatur pernapasan adalah ….
a. pons varoli
b. saraf sumsum tulang belakang
c. medula oblongata
d. sistem saraf
e. medula oblongata dan pons varoli
6. Pada serangga, pertukaran udara di sistem trakea
bermuara di ….
a. alveolus
b. bronkiolus
c. trakealus
d. stigma
e. Kulitnya
a. alveolus
b. bronkiolus
c. trakealus
d. stigma
e. Kulitnya
7. Struktur organ pernapasan yang merupakan
percabangan saluran menuju paru-paru kanan dan kiri adalah ….
a. bronkus
b. bronkiolus
c. alveoli
d. trakea
e. Faring
a. bronkus
b. bronkiolus
c. alveoli
d. trakea
e. Faring
8. Kelainan berupa pembengkakan pada rongga hidung
disebut ….
a. asam
b. sinusitis
c. emfisema
d. bronkitis
e. Difteri
a. asam
b. sinusitis
c. emfisema
d. bronkitis
e. Difteri
9. Bagaimana oksigen diangkut dalam darah?
a. Terlarut dalam plasma
b. Terikat pada hemoglobin
c. Dalam bentuk CO2
d. Sebagai bikarbonat
e. Terlarut dalam air
a. Terlarut dalam plasma
b. Terikat pada hemoglobin
c. Dalam bentuk CO2
d. Sebagai bikarbonat
e. Terlarut dalam air
10. Hewan yang menggunakan sistem trakea sebagai
sistem pernapasannya adalah ….
a. Mollusca
b. Insecta
c. cacing
d. siput
e. Ikan
a. Mollusca
b. Insecta
c. cacing
d. siput
e. Ikan
B. Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apakah perbedaan antara fase inspirasi dan ekspirasi pada
pernapasan dada? Jelaskan.
2. Apakah yang menyebabkan terjadinya pertukaran gas antara
CO2 dan O2 di jaringan tubuh dan paruparu?
3. Pada kasus korban tenggelam, seringkali disebutkan bahwa
paru-parunya terisi air. Mengapa korban meninggal dunia jika paru-parunya
terisi air?
4. Sebutkan dan jelaskan tiga kelainan atau penyakit pada
sistem pernapasan.
5. Jelaskan perbedaan organ pernapasan antara manusia dan
burung.
PEDOMAN
PENSKORAN:
Soal
Pilihan Ganda : Setiap Benar 1 soal memperoleh 1 skor
Soal
Uraian : Setiap
benar 1 soal mendapat 10skor
Skor Total :
10 + 50 X 100
6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar