RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MA
Keterampilan Al Irsyad
Mata pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester : X / Gasal
Materi Pokok : Klasifikasi Mahkluk Hidup
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan 2
|
|
Menumbuhkan kesadaran akan kebesaran Tuhan
YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip,
santun, bertanggungjawab, dan kerjasma.
|
|
KI 3
|
KI 4
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentangilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untukmemecahkan masalah.
|
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
KD pada KI 3
|
3.3.1.mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk makhluk hidup
3.3.2.Menjelaskan
prinsip-prinsip klasifikasi
makhluk
Hidup
3.3.3.Menjelaskan klasifikasi mahkluk hidup dalam 5 kingdom
3.3.4.
Menjelaskan sistem binomial nomenclatur
|
KD pada KI 4
|
4.3.1.Mencontoh kladogram klasifikasi mahkluk hidup
4.3.2.Membuat kladogram (pohon filogeni) klasifikasi mahkluk hidup
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatan saintifik dengan menggunakan metode diskusi dan model Discovery Learning peserta didik
dapat menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dan membuat
kladogram klasifikasi makhluk hidup sehingga peserta didik dapat membangun
kesadaran akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, menjaga lingkungan, menumbuhkan
perilaku disiplin, jujur, aktif, kreatif, responsif, santun, bertanggung jawab
dan kerjasama.
C.
Materi Pembelajaran
§ Prinsip klasifikasi makhluk hidup
§ Dasar klasifikasi makhluk hidup
§ Kunci determinasi sederhana
§ Kladogram (pohon filogeni)
§ Tata
nama binomial nomenklatur
D.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama: (3 JP)
Indikator
:
3.3.1.mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk makhluk hidup
3.3.2.Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
3.3.3.Menjelaskan klasifikasi mahkluk hidup
dalam 5 kingdom
3.3.4.
Menjelaskan sistem binomial nomenclatur
a.
Kegiatan Pendahuluan
§ Guru
memberi salam
§ Guru
mengecek kehadiran siswa
§ Guru
memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan berkaitan dengan
materi sebelumnya
(keanekaragaman hayati)
a. Motivasi:
1. Apa
yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati?
2. Bagaimana
keanekaragaman hayati Indonesia?
3. Manfaat
apa yang kita rasakan dengan keanekaragaman yang ada?
b.
Kegiatan Inti
Stimulation (memberi stimulasi)
§ Guru menyajikan
gambar hewan mamalia dan aves
§ Siswa mengamati gambar yang
disajikan guru.
§ Guru
menanyakan persamaan dan perbedaan hewan yang ada pada gambar.
§ Siswa
menyampaikan pendapat kemudian guru menampung jawaban siswa.
Problem Statement
(mengidentifikasi
masalah)
§ Siswa
mengidentifikasi prinsip dan dasar pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri
melalui studi literatur.
Data Collecting (mengumpulkan data)
§ Guru
membagikan lembar kerja kepada setiap kelompok.
§ Guru
mengarahkan siswa untuk menuju ke kebun sekolah.
§ Siswa
memfoto lima tumbuhan yang ada di kebun sekolah.
§ Siswa
mengamati ciri-ciri lima tumbuhan yang ada di kebun sekolah.
§ Siswa
menuliskan data hasil pengamatan ke dalam lembar kerja.
Data Processing (mengolah data)
§ Siswa mengidentifikasi
persamaan dan perbedaan ciri lima tumbuhan yang telah diamati.
§ Siswa
mengelompokkan lima tumbuhan yang diamati berdasarkan persamaan dan perbedaan
ciri yang dimiliki.
§ Siswa
menentukan dasar pengelompokan tumbuhan yang diamati.
Verification (memverifikasi)
§ Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain menanggapi.
Generalization (menyimpulkan)
§ Guru bersama siswa
menyimpulkan hasil kegiatan pengelompokan
makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri.
c.
Kegiatan Penutup
§ Guru
melakukan konfirmasi konsep penting hasil diskusi
§ Guru
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
§ Guru memberikan post tes
untuk mengetahui pemahaman siswa.
§ Guru mengucapkan salam
E.
Teknik penilaian
1.
Penilaian Pengetahuan
a.
Aspek yang di nilai : pengetahuan konseptual
b.
Teknik penilaian : tes tertulis
c.
Instrumen (terlampir)
d.
Rubrik Penilaian (terlampir)
2.
Penilaian Keterampilan
a.
Aspek yang dinilai : keterampilan
menyampaikan hasil diskusi
b.
Teknik penilaian : unjuk kerja
c.
Instrumen (terlampir)
d.
Rubrik Penilaian (terlampir)
3.
Pengayaan dan
Remedial
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
: tumbuhan di kebun sekolah, laptop, LCD, gambar, kamera
2. Sumber Belajar :
§ Sulistyowati, Endah, dkk.
2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas X
Kurikulum 2013. Klaten : Intan Pariwara
§ Buku
lain yang relevan
Internet
Gajah, 17 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala MA Keterampilan
Al Irsyad Guru Mata Pelajaran
Subekan,
S.Ag., M.H. Nur
Ichsan S.Pd
Lampiran
1. Materi Pembelajaran
Keanekaragaman Mahluk Hidup
Keanekaragaman makhluk hidup yang melimpah sangatlah
sulit dipelajari. Karena alasan inilah para ilmuwan menyederhanakannya menjadi
kelompok-kelompok makhluk hidup. Dasar pengelompokan yaitu mencari
kesamaan-kesamaan dalam keanekaragaman. Makhluk hidup yang mempunyai sifat sama
dikelompokkan ke dalam satu kelompok.
Makhluk hidup yang ada di dunia ini sangat beranekaragam
sehingga perlu diklasifikasikan. Adapun tujuan pengklasifikasian makhluk hidup sebagai berikut.
a.
Mendeskripsikan
ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap-tiap jenis agar mudah dikenali.
b.
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
c.
Mengetahui hubungan
kekerabatan antar makhluk hidup.
d.
Mengetahui evolusi
makhluk hidup atas dasar kekerabatannya.
Sistem klasifikasi makhluk hidup terus berkembang sejalan
dengan perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya taksonomi. Saat ini diketahui
terdapat sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu sistem artifisial (buatan),
sistem alami, dan sistem filogenetik.
a.
Klasifikasi sistem
artifsial atau buatan
Klasifikasi sistem
artifisial adalah sistem klasifikasi yang menggunakan satu atau dua ciri
makhluk hidup. Sistem ini disusun menggunakan ciri-ciri atau sifat yang sesuai
dengan kehendak manusia atau sifat lainnya.
Tokoh klasifikasi
sistem artifisial antara lain Aristoteles. Aristoteles membagi makhluk hidup
menjadi dua kelompok berdasarkan ada tidaknya klorofil dan kemampuan berpindah
tempat. Tokoh lainnya yaitu Carolus Linnaeus yang mengelompokkan tumbuhan
berdasarkan alat reproduksinya.
b.
Klasifikasi sistem
alami
Klasifikasi dirintis
oleh Michael Adams dan Jean Baptiste de Lamarck. Sistem ini menghendaki
terbentuknya kelompok-kelompok takson secara alami. Aartinya, anggota-anggota
yang membentuk unit takson terjadi secara alamiah atau sewajarnya sperti yang
dikehendaki oleh alam.
Klasifikasi sistem
alami menggunakan dasar persamaan dan perbedaan morfologi (bentuk luar tubuh)
secara alami atau wajar. Contoh klasifikasi sistem alami sebagai berikut :
1)
Berdasarkan cara
geraknya: hewan berkaki, hewan bersayap, dan hewan bersirip
2)
Berdasarkan penutup
tubuhnya : hewan bersisik, hewan berbulu, hewan berambut, dan hewan
bercangkang.
c.
Klasifikasi sistem
filogenetik
Menurut Darwin,
terdapat hubungan antara klasifikasi dengan evolusi. Klasifikasi sistem
filogenetik disusun berdasarkan jauh dekatnya hubungan kekerabatan antar takson
yang satu dnegan yang lainnya. Kjadi pada dasarnya, klasifikasi sistem
filogenetik disusun berdasarkan persamaan fenotip yang mengacu pada sifat-sifat
bentuk luar, faal, tingkah laku yang dapat diamati, dan pewarisan keturunan.
Lampiran 2. Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian
A.
Penilaian Pengetahuan
Petunjuk :
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan
prinsip klasifikasi makhluk hidup!
2. Perhatikan
gambar berikut!
Kedua jenis tanaman tersebut dikelompokkan ke dalam
dua kelompok yang berbeda.
Berdasarkan apa saja pengelompokkan
tersebut?
3. Berikut
adalah 2 nama ilmiah dari suatu tumbuhan :
1. Bawang
merah (Allium cepa)
2. Bawang
putih (Allium sativum)
Berdasarkan nama spesies tersebut,
jelaskan persamaan dan perbedaan tingkat takson dari kedua spesies tersebut!
4. Berikut
adalah nama-nama hewan :
1. Lele
2. Merpati
3. Sapi
4. Kadal
5. Katak
Berdasarkan nama-nama hewan tersebut,
buatlah kunci determinasinya!
5. Berikut
adalah nama-nama hewan :
1. Lele
2. Merpati
3. Sapi
4. Kadal
5. Katak
Berdasarkan nama-nama hewan tersebut,
buatlah pohon filogeni (Kladogram)!
Kunci jawaban :
1.
Prinsip klasifikasi
makhluk hidup :
a.
Dikelompokkan dalam
peringkat atau takson tertentu
b.
Pemberian nama ilmiah
dalam makhluk hidup (binomial nomenclatur)
2.
Berdasarkan perbedaan
ciri morfologi misalnya sistem perakaran, keping biji, percabangan batang,
tulang daun, dan jumlah perhiasan bunga.
3.
Persamaan : satu
genus
Perbedaan : berbeda spesies
4.
Kunci determinasi
1. a. berkaki ........................................................................ 2
b. tidak berkaki
.......................................................... . lele
2. a. berambut
.................................................................. . sapi
b. tidak berambut
...................................................... . 3
3. a. kulit
berlendir........................................................... katak
b. kulit tidak berlendir
.............................................. 4
4. a. berbulu ....................................................................... merpati
b. bersisik
....................................................................... kadal
5.
Pohon filogeni
B.
Penilaian
Keterampilan
Penilaian keterampilan menyampaikan hasil diskusi
Lembar Observasi
No.
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||||
Substansi
materi
|
Logis
|
Terbuka
|
Media
pendukung
|
Penampilan
|
Bahasa
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian : Skor
Maksimal = 24
4 : Sangat Baik
3 : Baik
2 : Cukup
1 : Kurang
Lampiran 3. Lembar Kerja Siswa
LEMBAR
KERJA SISWA
KLASIFIKASI
MAKHLUK HIDUP
Nama
:
1.
.............................................
2.
.............................................
3.
.............................................
4.
.............................................
Kelompok
:
Mata
Pelajaran : Biologi
Materi Pokok : Klasifikasi Makhluk Hidup
Kelas / Semester : X MIA 1 / 1
Kompetensi Dasar : 3.3. Memahami prinsip-prinsip
klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom.
IPK Pengetahuan : 3.3.1. Menjelaskan prinsip klasifikasi
makhluk hidup
3.3.2.
Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup
PetunjukKerja :
1.
Membuat kelompok dengan beranggotakan 3- 4 orang tiap kelompok.
2.
Kunjungi
Kebun sekolah
3.
Amati
5 tanaman yang ada di Kebun
Sekolah berdasarkan perakaran, percabangan, pertulangan daun, jumlah kelipatan mahkota
unga
4.
Dokumentasikan 5 tanaman tersebut dengan
kamera
5.
Membuat
kelompok dengan beranggotakan 3- 4 orang tiap kelompok.
6.
Tanyakan
pada guru jika ada hal-hal yang kurang jelas
Alat
dan Bahan :
Tumbuhan-tumbuhan di Kebun Sekolah, kertas, alat tulis,kamera
Hasil Pengamatan :
1.1 Tabel : Hasil
pengamatan tanaman di Kebun Sekolah
No.
|
Nama Tanaman
|
Sistem
perakaran
|
Percabangan
|
Pertulangandaun
|
Jumlah kelipatan
mahkota bunga
|
1
|
|
|
|||
2
|
|
|
|||
3
|
|
|
|||
4
|
|
|
|||
5
|
|
|
Diskusi
!!
1. Apakah semua
tanaman yang anda amati memiliki ciri yang sama ? Jelaskan!
2. Kelompokkan
tanaman –tanaman tersebut berdasarkan ciri-ciri
yang sama!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar