Menu

Minggu, 18 Februari 2018

RPP K13 BIOLOGI KELAS X KD 3.3 KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :  MA Keterampilan Al Irsyad
Mata pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            X / Gasal
Materi Pokok              : Klasifikasi Mahkluk Hidup
Alokasi Waktu            :  3 x 45 menit

A.       Kompetensi Inti (KI)

KI 1 dan 2
Menumbuhkan kesadaran akan kebesaran Tuhan YME dan mensyukuri karunia Nya, prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma.

KI 3
KI 4
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah.

Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

                                                                                                                              
A.      Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
KD pada KI 3
3.3.1.mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk  makhluk hidup
3.3.2.Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk
          Hidup
3.3.3.Menjelaskan klasifikasi mahkluk hidup dalam 5 kingdom
3.3.4. Menjelaskan sistem binomial nomenclatur

KD pada KI 4
4.3.1.Mencontoh kladogram klasifikasi mahkluk hidup
4.3.2.Membuat  kladogram (pohon filogeni) klasifikasi mahkluk    hidup


B.       Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan menggunakan metode diskusi  dan model Discovery Learning peserta didik dapat menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dan membuat kladogram klasifikasi makhluk hidup sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, menjaga lingkungan, menumbuhkan perilaku disiplin, jujur, aktif, kreatif, responsif, santun, bertanggung jawab dan kerjasama.

C.      Materi Pembelajaran 
§  Prinsip klasifikasi makhluk hidup
§  Dasar klasifikasi makhluk hidup
§  Kunci determinasi sederhana
§  Kladogram (pohon filogeni)
§  Tata nama binomial nomenklatur

D.      Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama: (3 JP)
Indikator :
3.3.1.mengidentifikasi ciri-ciri mahkluk  makhluk hidup
3.3.2.Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
3.3.3.Menjelaskan klasifikasi mahkluk hidup dalam 5 kingdom
3.3.4. Menjelaskan sistem binomial nomenclatur
a.      Kegiatan Pendahuluan
§  Guru memberi salam
§  Guru mengecek kehadiran siswa
§  Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi sebelumnya
(keanekaragaman hayati)
a.    Motivasi:
1.    Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman hayati?
2.    Bagaimana keanekaragaman hayati Indonesia?
3.    Manfaat apa yang kita rasakan dengan keanekaragaman yang ada?
b.      Kegiatan Inti
Stimulation (memberi stimulasi)
§  Guru menyajikan gambar hewan mamalia dan aves

gambar sepasang burung merpati putihDua anak harimau putih (harimau albino)



§  Siswa mengamati gambar yang disajikan guru.
§  Guru menanyakan persamaan dan perbedaan hewan yang ada pada gambar.
§  Siswa menyampaikan pendapat kemudian guru menampung jawaban siswa.
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
§  Siswa mengidentifikasi prinsip dan dasar pengelompokkan makhluk hidup  berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri melalui studi literatur.
Data Collecting (mengumpulkan data)
§  Guru membagikan lembar kerja kepada setiap kelompok.
§  Guru mengarahkan siswa untuk menuju ke kebun sekolah.
§  Siswa memfoto lima tumbuhan yang ada di kebun sekolah.
§  Siswa mengamati ciri-ciri lima tumbuhan yang ada di kebun sekolah.
§  Siswa menuliskan data hasil pengamatan ke dalam lembar kerja.

Data Processing (mengolah data)
§  Siswa mengidentifikasi persamaan dan perbedaan ciri lima tumbuhan yang telah diamati.
§  Siswa mengelompokkan lima tumbuhan yang diamati berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki.
§  Siswa menentukan dasar pengelompokan tumbuhan yang diamati.

Verification (memverifikasi)
§  Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain menanggapi.

Generalization (menyimpulkan)
§  Guru bersama siswa menyimpulkan  hasil kegiatan pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri.
c.       Kegiatan Penutup
§  Guru melakukan konfirmasi konsep penting hasil diskusi
§  Guru merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
§  Guru memberikan post tes untuk mengetahui pemahaman siswa.
§  Guru mengucapkan salam
E.     Teknik penilaian
1.      Penilaian Pengetahuan
a.       Aspek yang di nilai : pengetahuan konseptual
b.      Teknik penilaian : tes tertulis
c.       Instrumen (terlampir)
d.      Rubrik Penilaian (terlampir)
2.      Penilaian Keterampilan
a.       Aspek yang dinilai : keterampilan menyampaikan hasil diskusi
b.      Teknik penilaian : unjuk kerja
c.       Instrumen (terlampir)
d.      Rubrik Penilaian (terlampir)
3.      Pengayaan dan Remedial

F.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat : tumbuhan di kebun sekolah, laptop, LCD, gambar, kamera
2. Sumber Belajar :
§  Sulistyowati, Endah, dkk. 2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Klaten : Intan Pariwara
§  Buku lain yang relevan
Internet

                                                                                  Gajah, 17 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala MA Keterampilan Al Irsyad                         Guru Mata Pelajaran


Subekan, S.Ag., M.H.                                              Nur Ichsan S.Pd



Lampiran 1. Materi Pembelajaran

Keanekaragaman Mahluk Hidup
Keanekaragaman makhluk hidup yang melimpah sangatlah sulit dipelajari. Karena alasan inilah para ilmuwan menyederhanakannya menjadi kelompok-kelompok makhluk hidup. Dasar pengelompokan yaitu mencari kesamaan-kesamaan dalam keanekaragaman. Makhluk hidup yang mempunyai sifat sama dikelompokkan ke dalam satu kelompok.
Makhluk hidup yang ada di dunia ini sangat beranekaragam sehingga perlu diklasifikasikan. Adapun tujuan pengklasifikasian  makhluk hidup sebagai berikut.
a.         Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap-tiap jenis agar mudah dikenali.
b.        Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
c.         Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup.
d.        Mengetahui evolusi makhluk hidup atas dasar kekerabatannya.
Sistem klasifikasi makhluk hidup terus berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya taksonomi. Saat ini diketahui terdapat sistem klasifikasi makhluk hidup, yaitu sistem artifisial (buatan), sistem alami, dan sistem filogenetik.
a.         Klasifikasi sistem artifsial atau buatan
Klasifikasi sistem artifisial adalah sistem klasifikasi yang menggunakan satu atau dua ciri makhluk hidup. Sistem ini disusun menggunakan ciri-ciri atau sifat yang sesuai dengan kehendak manusia atau sifat lainnya.
Tokoh klasifikasi sistem artifisial antara lain Aristoteles. Aristoteles membagi makhluk hidup menjadi dua kelompok berdasarkan ada tidaknya klorofil dan kemampuan berpindah tempat. Tokoh lainnya yaitu Carolus Linnaeus yang mengelompokkan tumbuhan berdasarkan alat reproduksinya.
b.        Klasifikasi sistem alami
Klasifikasi dirintis oleh Michael Adams dan Jean Baptiste de Lamarck. Sistem ini menghendaki terbentuknya kelompok-kelompok takson secara alami. Aartinya, anggota-anggota yang membentuk unit takson terjadi secara alamiah atau sewajarnya sperti yang dikehendaki oleh alam.
Klasifikasi sistem alami menggunakan dasar persamaan dan perbedaan morfologi (bentuk luar tubuh) secara alami atau wajar. Contoh klasifikasi sistem alami sebagai berikut :
1)      Berdasarkan cara geraknya: hewan berkaki, hewan bersayap, dan hewan bersirip
2)      Berdasarkan penutup tubuhnya : hewan bersisik, hewan berbulu, hewan berambut, dan hewan bercangkang.
c.         Klasifikasi sistem filogenetik
Menurut Darwin, terdapat hubungan antara klasifikasi dengan evolusi. Klasifikasi sistem filogenetik disusun berdasarkan jauh dekatnya hubungan kekerabatan antar takson yang satu dnegan yang lainnya. Kjadi pada dasarnya, klasifikasi sistem filogenetik disusun berdasarkan persamaan fenotip yang mengacu pada sifat-sifat bentuk luar, faal, tingkah laku yang dapat diamati, dan pewarisan keturunan.





Lampiran 2. Instrumen Penilaian

Instrumen Penilaian

A.      Penilaian Pengetahuan
Petunjuk :
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Jelaskan prinsip klasifikasi makhluk hidup!
2.      Perhatikan gambar berikut!









Kedua jenis tanaman tersebut dikelompokkan ke dalam dua kelompok yang berbeda.
Berdasarkan apa saja pengelompokkan tersebut?
3.      Berikut adalah 2 nama ilmiah dari suatu tumbuhan :
1.      Bawang merah (Allium cepa)
2.      Bawang putih (Allium sativum)
Berdasarkan nama spesies tersebut, jelaskan persamaan dan perbedaan tingkat takson dari kedua spesies tersebut!

4.      Berikut adalah nama-nama hewan :
1.      Lele
2.      Merpati
3.      Sapi
4.      Kadal
5.      Katak
Berdasarkan nama-nama hewan tersebut, buatlah kunci determinasinya!

5.      Berikut adalah nama-nama hewan :
1.      Lele
2.      Merpati
3.      Sapi
4.      Kadal
5.      Katak
Berdasarkan nama-nama hewan tersebut, buatlah pohon filogeni (Kladogram)!

Kunci jawaban :
1.      Prinsip klasifikasi makhluk hidup :
a.       Dikelompokkan dalam peringkat atau takson tertentu
b.      Pemberian nama ilmiah dalam makhluk hidup (binomial nomenclatur)

2.      Berdasarkan perbedaan ciri morfologi misalnya sistem perakaran, keping biji, percabangan batang, tulang daun, dan jumlah perhiasan bunga.

3.      Persamaan : satu genus
Perbedaan : berbeda spesies
4.      Kunci determinasi
1.   a.  berkaki ........................................................................            2
      b.  tidak berkaki  ..........................................................   .           lele
2.   a. berambut ..................................................................  .           sapi
      b.  tidak berambut ......................................................     .           3
3.   a.  kulit berlendir...........................................................   katak
      b.  kulit tidak berlendir ..............................................      4
4.   a.  berbulu ....................................................................... merpati
      b.  bersisik ....................................................................... kadal  

5.      Pohon filogeni



B.       Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan menyampaikan hasil diskusi

Lembar Observasi

No.
Nama Siswa
Keterampilan
Jumlah Skor
Nilai
Substansi materi
Logis
Terbuka
Media pendukung
Penampilan
Bahasa
1.









2.









3.









dst













Rubrik Penilaian :                         Skor Maksimal = 24
4   :  Sangat Baik
3   :  Baik                                     
2   :  Cukup
1   :  Kurang



Lampiran 3. Lembar Kerja Siswa

LEMBAR KERJA SISWA
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Nama :
1. .............................................
2. .............................................
3. .............................................
4. .............................................

Kelompok :

Mata Pelajaran         : Biologi
Materi Pokok            : Klasifikasi Makhluk Hidup
Kelas / Semester    :    X MIA 1 / 1

Kompetensi Dasar       : 3.3. Memahami prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom. 

IPK Pengetahuan     :    3.3.1. Menjelaskan prinsip klasifikasi makhluk hidup
                                      3.3.2. Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup

PetunjukKerja            :
1.        Membuat kelompok dengan beranggotakan 3- 4 orang tiap kelompok. 
2.        Kunjungi Kebun sekolah
3.        Amati 5 tanaman yang ada di Kebun Sekolah berdasarkan perakaran, percabangan, pertulangan daun, jumlah kelipatan mahkota unga
4.        Dokumentasikan 5  tanaman tersebut dengan kamera
5.        Membuat kelompok dengan beranggotakan 3- 4 orang tiap kelompok.
6.        Tanyakan pada guru jika ada hal-hal yang kurang jelas

Alat dan Bahan          : Tumbuhan-tumbuhan di Kebun Sekolah, kertas, alat tulis,kamera

Hasil Pengamatan       :
   1.1 Tabel   Hasil pengamatan tanaman di Kebun Sekolah
No.
Nama Tanaman
Sistem
perakaran
Percabangan
Pertulangandaun
Jumlah kelipatan mahkota bunga
1


2


3


4


5



Diskusi !!
1.    Apakah  semua tanaman yang anda amati memiliki ciri yang sama ? Jelaskan!

2.    Kelompokkan tanaman  –tanaman tersebut berdasarkan ciri-ciri yang sama!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shoutul Mubarok | Ya Asyiqol Mustofa