A. IDENTITAS
Satuan Pendidikan : MA
Keterampilan Al Irsyad
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester :
XI / II
Topik : Sistem
Pertahanan Tubuh
Alokasi Waktu :
6 X 45 menit (2 kali tatap muka)
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C.
KOMPETENSI DASAR
1.1. Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
1.2.
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah
dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3. Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan
menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang
dianutnya.
2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan
fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan
berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap
tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/ laboratorium.
2.2. Peduli
terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan
kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di
lingkungan sekitar.
3.14.
Mengaplikasikan pemahaman tentang
prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan
kekebalan yang dimilikinya melalui program immunisasi sehingga dapat terjaga
proses fisiologi di dalam tubuh.
4.16.
Menyajikan data jenis-jenis imunisasi
(aktif dan pasif) dan jenis penyakit yang dikendalikannya.
D. INDIKATOR
1. Mengidentifikasi
prinsip-prinsip sistem imun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.
2. Menjelaskan
sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh manusia.
3. Mengidentififikasi
proses fisiologi di dalam tubuh manusia.
4. Mengumpulkan
data jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif).
5. Mengidentifikasi
penyebab penyakit sistem immune.
E. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Siswa mampu menganalisis prinsip-prinsip sistem imun melalui progam immunisasi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.
- Siswa mampu menjelaskan sistem kekebalan tubuh setelah mengamati gambar atau dari teks tentang struktur sel.
- Siswa mampu menjelaskan secara lisan tentang mekanisme terbentuknya sistem kekebalan dalam tubuh.
- Siswa mampu menganalisis proses fisiologi kekebalan di dalam tubuh melalui diskusi kelompok di kelas.
- Siswa mampu mengidentfikasi jenis-jenis imunisasi (aktif dan pasif) melalui observasi lapangan.
- Siswa mampu mengumpulkan informasi kelainan-kelainan sistem immune melalui berbagai sumber dan observasi lapangan.
F. MATERI PEMBELAJARAN
- Pertahanan Tubuh Nonspesifik
- Pertahanan Tubuh Spesifik
- Struktur Sistem Kekebalan Tubuh
- Mekanisme Sistem PertahananTubuh
- Macam-Macam Sistem Kekebalan Tubuh
- Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh
G. PENDEKATAN/ METODE/MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan : Kontekstual
melalui diskusi kelompok.
Metode : Observasi
Model : Discovery learning
Metode : Observasi
Model : Discovery learning
H. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
· Slide
PPT (Power point)
·
Gambar/charta mekanisme sistem immune
·
Film/Video yang berhubungan dengan sistem immune
2.
Alat
· Buku Tulis
· Alat Tulis
· LCD
3.
Sumber Belajar
·
Siswa
·
Guru
·
Lingkungan Belajar Siswa
·
Buku
Siswa
·
Buku
Referensi
· Champbell.
2008. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3.
Jakarta : Penerbit Erlangga.
· Fauziah,
Daning Nur. 2011. Lembar Kerja Siswa
Biologi Kelas XI. Surakarta : Penerbit Suara Media Sejahtera.
· Pratiwi,
D.A, Sri Maryati, dkk. 2006. Biologi
untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Penerbit Erlangga.
· Tim
Penyusun. 2011. Lembar Kerja Siswa
Biologi Kelas XI. Surakarta :
Penerbit Grahadi.
I.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama (2 Jam Pelajaran)
Tahap/ Komponen
|
Kegiatan
|
Nilai
Karakter
Budaya
|
Alokasi Waktu (menit)
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Pendahuluan
|
1. Memberi
salam
2. Berdoa
3. Mengecek
kebersihan kelas
4. Mengecek
kehadiran siswa
|
1. Memberi
salam
2. Berdoa
3. Menjaga
kebersihan kelas
4. Mengecek
kehadiran siswa
|
·
Religius
·
Religius
·
Peduli lingkungan
·
Disiplin
|
10 menit
|
Kegiatan Inti : eksplorasi
|
1.
Melibatkan siswa secara aktif dalam mencari
informasi yang luas tentang sistem kekebalan tubuh.
2.
Memfasilitasi siswa dalam memahami sistem kekebalan
tubuh terkait dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.
Terlibat secara aktif dalam mencari informasi
tentang sistem kekebalan tubuh.
2.
Berpartisifasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
·
Rasa ingin tahu
·
Kerja keras
·
Mandiri
·
Disiplin
|
115 menit
|
Elaborasi
|
1.
Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran discovery
learning dan kolaboratif agar bisa berkompetisi secara untuk meningkatkan
prestasi belajar khususnya yang berkaitan dengan materi sistem pertahanan
tubuh.
2.
Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas:
Ø Tugas terstruktur:
Membuat laporan observasi
mengenai berbagai jenis immune dan penyakit yang disebabkan serta cara
pencegahannya
Ø Tugas Mandiri: Membuat
ringkasan hasil diskusi dan hasil pembelajaran
|
1.
Berperan aktif dalam proses kegiatan pembelajaran
2.
Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
|
· Komunikatif
· Rasa ingin
tahu
· Kerja
keras
· Disiplin
· Bertanggung
jawab
· Disiplin
· Mandiri
|
|
Konfirmasi
|
1.
Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan siswa
2.
Memfasilitasi siswa melakukan refleksi mengenai tema
yang telah dipelajari
3.
Membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam
memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan yang belum terpecahkan
4.
Memotivasi siswa agar berpartisifasi aktif dalam
kegiatan pembelajaran.
5.
Memfasilitasi siswa untuk melakukan tebak kata
bersama pasangan.
|
1. Memperhatikan
uraian penguatan materi dari guru
2. Melakukan
refleksi mengenai tema yang telah dipelajari
3. Memecahkan
masalah atau menjawab pertanyaan yang belum terpecahkan
4. Meguatkan
peguasaan materi dengan menjawab pertanyaan teman.
|
·
Kerja keras
·
Rasa ingin
tahu
|
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap
proses belajar mengajar
2.
Menyimpulkan hasil diskusi bersama siswa
|
1.
Siswa
melakukan refleksi terhadap apa yang di dapatkan dalam pembelajaran
2.
Siswa
menyusun hasil diskusi secara kelompok
|
· Mandiri
· Bertanggung
jawab
· komunikatif
|
5 menit
|
Pertemuan
Kedua (2 Jam Pelajaran)
Tahap/ Komponen
|
Kegiatan
|
Nilai
Karakter
Budaya
|
Alokasi Waktu (menit)
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Pendahuluan
|
1. Memberi
salam
2. Berdoa
3. Mengecek
kebersihan kelas
4. Mengecek
kehadiran siswa
|
1. Memberi
salam
2. Berdoa
3. Menjaga
kebersihan kelas
4. Mengecek
kehadiran siswa
|
·
Religius
·
Religius
·
Peduli
lingkungan
·
Disiplin
|
10 menit
|
Kegiatan Inti : eksplorasi
|
1.
Menanyakan
kepada siswa terkait materi yang telah di sampaikan sebelumnya mengenai
sistem kekebalan tubuh.
2.
Menanyakan
kepada siswa terkait materi yang disampaikan apakah sudah dapat di pahami.
|
1.
Terlibat
aktif dalam menjawab soal yang diberikan dengan jawaban yang benar.
2.
Berpartisifasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
|
·
Rasa ingin tahu
·
Kerja keras
·
Mandiri
·
Disiplin
|
100 menit
|
Elaborasi
|
1.
Mengadakan
tes untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki siswa dalam menguasai materi
sistem pertahanan tubuh.
2.
Melakukan
pembahasan mengenai tugas yang telah diberikan sebelumnya, dan melakukan chek
terhadap hasil yang telah dilakukan siswa dengan melihat presentasi yang
dilakukan siswa.
|
1.
Mengerjakan
tes yang diberikan dengan baik
2.
Mempresentasikan
hasil yang telah dikerjakan dengan baik dan menunjukan hasil yang sudah
dibuat
|
· Kejujuran
· Kerja
keras
· Disiplin
· Bertanggung
jawab
· Mandiri
|
|
Konfirmasi
|
1.
Memberikan
penjelasan ulang terkait materi yang kurang dipahami siswa.
2.
Mengoreksi
hasil refleksi tema yang telah di buat oleh siswa
|
1.
Memperhatikan
materi yang disampaikan ulang oleh guru.
2.
Menanyakan
terkait hasil reflieksi yang telah dibuat
|
·
Teliti
·
Kerja keras
·
Rasa ingin
tahu
|
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap
proses belajar mengajar.
2.
Menyimpulkan hasil diskusi bersama siswa
|
1.
Siswa
melakukan refleksi terhadap apa yang di dapatkan dalam pembelajaran
2.
Siswa menyusun hasil diskusi secara kelompok
|
· Mandiri
· Bertanggung
jawab
· komunikatif
|
25 menit
|
J.
PENILAIAN
Jenis
penilaian
|
Jenis
tagihan
|
Bentuk
instrumen (tagihan)
|
Nilai
karakter
|
|
a. Hasil belajar
|
1. Penilaian kognitif
|
1. Ulangan
·
Harian
·
Tengah semester/ Mid
2. Tugas
·
Individu
·
kelompok
|
1. Produk
·
Jawaban
hasil diskusi kelompok/ kelas
2. Tes
pilihan ganda
3. Tes uraian
|
·
Jujur
·
Mandiri
·
Kerjasama
|
2. Penilaian Psikomotorik
|
·
Observasi
|
·
Lembar
hasil observasi
|
·
Rasa ingin tahu
·
Kerja keras
|
|
b. Penilaian Afektif
|
·
Sikap siswa saat proses pembelajaran
|
·
Lembar pengamatan sikap
|
·
Peduli sosial
·
Toleransi
|
1.
Penilaian Kognitif
Butir soal pilihan ganda
1. Berikut
ini yang termasuk pertahanan pada permukaan tubuh adalah ....
a. Kulit dan membran mukosa
b. Air mata dan air liur
c.
Bakteri flora normal tubuh
d. Urine
e. Semua
jawaban benar
2. Bakteri
yang masuk ke dalam tubuh dihancurkan oleh ....
a. IgA
b. Sel T pembantu
c.
Antibiotik
d. Fagosit
e. Histamin
3. Sel B dan sel T adalah ....
a. Limfosit
b. Sel pembunuh
c.
Fagosit
d. Makrofag
e. Sel darah merah
4. Dalam
reaksi alergi, IgE ....
a. Melekat pada sel patogen dan menandainya untuk
kemudian dilumpuhkan
b. Membuat
lubang pada membran sel patogen
c.
Berikatan pada permukaan mastosit, dan menginduksinya
untuk menghasilkan histamin
d. Memicu limfosit untuk menghasilkan antigen
e. Memicu sekresi antibodi ke dalam saluran pencernaan
dan saluran pernapasan
5. Sebagian besar imunoglobulin yang dihasilkan tubuh
termasuk dalam kelas ....
a.
IgM dan IgB
b. IgA dan IgG
c.
IgM dan IgG
d. IgD dan IgA
e. IgM dan IgD
6. Sel
limfosit B dimatangkan di ....
a. Kelenjar thymus
b. Sumsum
tulang
c.
Otak
d. Nodus limfa
e. Darah
7. Ketika
antigen dicampurkan pada serum yang mengandung antibodi yang terjadi adalah ....
a. Tidak terjadi apa-apa
b. Antibodi menolak antigen
c.
Antibodi berikatan dengan antigen
d. Antigen tidak bercampur dengan serum
e. Antibodi terpisah dari serum
8. Penyuntikan
antibodi yang dihasilkan oleh organisme lain ke dalam tubuh pasien, adalah bentuk kekebalan ....
a. Aktif
b. Pasif
c.
Tubuh
d. Sel
e. Intrasel
9. Makrofag
berasal dari sel darah putih jenis ....
a. Limfosit
b. Basofil
c.
Neutrofil
d. Monosit
e. Eosinofit
10. Molekul yang dikenali limfosit sebagai zat asing dan
memicu sistem kekebalan tubuh disebut ....
a. Interleukin
b. Antibodi
c.
Immunoglobulin
d. Antigen
e. Histamin
11. Sistem kekebalan tubuh humoral bekerja menghancurkan
....
a. Patogen di dalam sel tubuh
b. Patogen di luar sel tubuh
c.
Antigen di luar sel tubuh
d. Jawaban
b dan c benar
e. Jawaban a, b, dan c benar
12. Sel limfosit terbentuk dari ....
a. Mastosit (mast cell)
b. Sel darah putih
c.
Sel darah merah
d. Sel monosit
e. Sel neutrofit
13. Naiknya suhu tubuh saat demam bertujuan ....
a. Mempercepat perkembangbiakan bakteri
b. Mempercepat metabolisme
c.
Mempercepat kerja sel fagosit
d. Jawaban
b dan c benar
e. Jawaban a, b, dan c benar
14. Demam yang terlalu tinggi membahayakan tubuh karena
....
a. Metabolisme terlalu cepat
b. Melemahkan
virus dan bakteri
c. Melemahkan sel fagosit
d. Merusak jaringan saraf
e. Merusak sel otot
15. Kekebalan tubuh yang didapatkan dari penyuntikan
bakteri yang dilemahkan disebut ....
a. Kekebalan tubuh aktif alami
b. Kekebalan
tubuh aktif buatan
c.
Kekebalan tubuh dasar
d. Kekebalan tubuh pasif
e. Semua jawaban benar
16. Imunisasi terhadap campak atau polio termasuk ....
a. Kekebalan tubuh aktif alami
b. Kekebalan
tubuh aktif buatan
c.
Kekebalan tubuh pasif
d. Pertahanan tubuh eksternal
e. Pertahanan tubuh internal
17. Pada autoimunitas ....
a. Sel limfosit diserang oleh virus
b. Sistem
kekebalan tubuh tidak dapat membedakan sel tubuh dan patogen
c.
Sel limfosit menyerang mikroba patogen
d. Sistem kekebalan tubuh terbentuk setelah terjadi
infeksi
e. Sistem kekebalan tidak dapat mengenali mikroba patogen
18. Pada AIDS, sel yang diserang oleh virus HIV adalah
....
a. Saraf
b. Otot
c.
Epitel
d. Limfosit
e. Darah merah
19. Autoimunitas berbahaya karena ....
a. Sel limfosit tidak bereaksi terhadap antigen
b. Sel fagosit menyerang sel-sel tubuh
c.
Sel limfosit rusak oleh virus atau bakteri
d. Sel limfosit tidak dapat menghasilkan antibodi
e. Sel
limfosit menyerang sel-sel tubuh
20. HIV sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian
karena ....
a. Dapat merusak jaringan tubuh
b. Menyerang sel-sel limfosit
c.
Dapat ditularkan melalui kontak cairan tubuh
d. Menurunkan
kekebalan tubuh sehingga memudahkan infeksi penyakit lain
e. Merusak antibodi tubuh
2.
Penilaian Psikomotorik
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Kerjasama dengan anggota kelompok
|
|||
2
|
Terampil melakukan kegiatan diluar kelas
|
|||
3
|
Terampil menuliskan data yang diperoleh setelah observasi
|
Rubrik Penilaian Psikomotor
Aspek yang
dinilai
|
Skor dan kriteria
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Kerja sama dengan anggota kelompok
|
Jika siswa pasif dan kurang berinteraksi dalam
kelompok
|
Jika
siswa berinteraksi dengan
anggota kelompok tetapi tidak membahas materi diskusi
|
Jika siswa aktif dan berinteraksi dengan anggota kelompok dan membahas materi diskusi
|
Terampil melakukan kegiatan diluar kelas
|
Jika siswa melakukan kegiatan diluar tetapi
salah atau kurang tepat
|
Jika siswa melakukan kegiatan diluar dengan
benar tetapi kurang jelas
|
Jika siswa melakukan kegiatan diluar
dengan benar dan jelas
|
Terampil menuliskan hasil pengamatan
|
Jika siswa menuliskan hasil pengamatan
dengan tidak rapih dan lengkap
|
Jika siswa menuliskan hasil pengamatan
dengan rapih tapi tidak lengkap
|
Jika siswa menuliskan hasil pengamatan dengan rapih dan
lengkap
|
Nilai
= x 100 %
Kategori
baik jika nilai peserta didik ≥ 71.
3.
Penilaian Afektif
Penilaian Sikap
1.
Instrumen Penilaian sikap
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya merasa tertarik mengikuti
proses pembelajaran
|
||
2.
|
Saya merasa pembelajaran ini bermanfaat
|
||
3.
|
Saya berusaha melaksanakan kegiatan sesuai observasi
|
||
4.
|
Saya mengajukan pertanyaan mengenai cara pembuatan skema jejaring makanan
|
||
5.
|
Saya berusaha mendiskusikan materi pembelajaran dengan teman
|
||
6.
|
Saya bertanya kepada guru bila belum jelas
|
Gajah, 17 Juni 2017
Mengetahui
Kepala MA
Keterampilan Guru Mata Pelajaran
Al Irsyad Biologi
Subekan, S.Ag., M.H. Nur
Ichsan, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar