RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : MA Keterampilan Al
Irsyad
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/ Semester : XI / Semester 2
Alokasi
Waktu : 3 minggu x 3 jam
pelajaran
A. KOMPETENSI INTI
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humonaria dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.
|
3.9. Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dan
mengaitkannya dengan proses ekskresi sehingga dapat menjelaskan mekanisme
serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem ekskresi manusia
melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
3.9.1. Mengetahui
definisi sistem ekskresi.
3.9.2.
Mengidentifikasi berbagai organ pada sistem ekskresi.
3.9.3. Menyebutkan
struktur dan fungsi berbagai organ sistem ekskresi.
3.9.4.
Mengidentifikasi keterkaitan hubungan antara struktur dan jaringan dengan fungsi organ pada sistem
ekskresi
3.9.5. Menjelaskan
mekanisme pada sistem ekskresi.
3.9.6.Menjelaskan
gangguan / kelainana fungsi pada sistem ekskresi.
|
4.
|
4.10. Menyajikan
hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang
menyebabkan gangguan sistem ekskresi manusia melalui berbagi bentuk media
presentasi.
|
Mempresentasikan hasil analisi kelainan pada struktur organ yang
menyebabkan gangguan sistem ekskresi.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I : Proses
Ekskresi Pada Manusia
a)
Siswa mampu
menjelaskan defenisi sistem ekskresi.
b)
Siswa mampu mengidentifikasi berbagai organ pada sistem
ekskresi.
c)
Siswa mampu menyebutkan struktur dan fungsi organ pada sistem
ekskresi.
d)
Siswa mampu mengidentifikasi keterkaitan hubungan antara
struktur dan jaringan dengan fungsi organ pada sistem ekskresi.
e)
Siswa mampu menjelaskan mekanisme ekskresi pada manusia.
f)
Siswa
dapat menggambar struktur ginjal dan menjelaskan proses pembentukan urine
Pertemuan II : Ekskresi
Pada Hewan
a)
Siswa mampu mengidentifikasi berbagai organ sistem ekskresi
pada hewan.
b)
Siswa mampu menjelaskan sistem ekskresi hewan
c)
Siswa mampu menjelaskan mekanisme sistem ekskresi pada hewan.
Pertemuan III :
Kelainan dan Penyakit Yang Terjadi Pada Sistem Ekskresi Manusia
a)
Siswa mampu menjelaskan kelainan dan penyakit yang terjadi
pada sistem ekskresi.
b)
Siswa mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengobati
penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi.
D. MATERI PELAJARAN
Pertemuan 1 : Proses Ekskresi
Manusia dan Organ-Organ Penyusun
Sistem Ekskresi
Pertemuan 2 : Eksresi Pada Hewan Invertebrata dan Vertebrata
Pertemuan 3 : Kelaian dan Penyakit
Yang Terjadi Pada Sistem Ekskresi Manusia
E. ALOKASI WAKTU
3 minggu x 4 Jam Pelajaran
F.
METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : keterampilan proses dan scientific
·
Metode : diskusi dan eksperimen
·
Model
: siklus
yang terdiri dari: eksplorasi, elaborasi
dan konfirmasi
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
·
LCD dan laptop
·
Lembar kerja siswa
·
Buku
siswa
·
Buku biology Campbell
·
Buku
referensi berbagai sumber
·
Torso
alat ekkresi manusia,
·
charta sistem ekskresi manusia , cacing, serangga
dan ikan.
·
Urine
(sehat dan sakit), benedict, biuret,
tabung reaksi, lampu bunsen, pipet
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Pemusatan perhatian
a.Guru
mengucapkan salam.
b.Guru
mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin do’a.
c.Guru mencek kehadiran siswa
,kebersihan dan kerapian kelas.
d. Motivasi
dan Apersepsi:
Pernahkan
kalian memperhatikan jika tubuh kalian mengeluarkan zat sisa metabolisme?
apa yang kalian keluarkan ketika
bernapas?
Pernahkah kalian mencampurkan air dan
minyak? apakah minyak dapat larut dalam air?
Guru menyampaikan
topik & tujuan yang ingin dicapai.
|
10 ‘
|
Kegiatan Inti
|
a.Memberi
penjelasan pada siswa tentang kegiatan belajar.
b.Membagi siswa
dalam kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.
c.Guru
membagikan lembar
kerja pada tiap kelompok
d.Membimbing
siswa untuk melakukan eksplorasi materi melalui internet atau buku teks.
e.Siswa bekerja
secara kelompok memecahkan masalah yang diberikan dalam lembar kerja
f.Guru mengecek
pemahaman siswa tentang sistem ekskresi manusia dengan memberikan pertanyaan
umpan balik secara lisan kepada siswa
g.Guru
menayangkan Power point sebagai materi tambahan
h.Memberi
konfirmasi tentang kegiatan diskusi dan memberi apresiasi pada siswa paling aktif dalam
diskusi.
|
105’
|
Penutup
|
Bersama
siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk
selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa organ-organ sitem ekskresi
Menugaskan
siswa untuk mempersiapkan bahan yang akan digunakan dalam praktikum pada
pertemuan berikutnya.
|
20’
|
PERTEMUAN II
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
Pemusatan perhatian
a.Guru
mengucapkan salam.
b.Guru
mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin do’a.
c.Guru mencek kehadiran siswa
,kebersihan dan kerapian kelas.
Motivasi dan Apersepsi:
Pernahkan
kalian memperhatikan jika tubuh kalian mengeluarkan zat sisa metabolisme?
apa yang kalian keluarkan ketika
bernapas?
Pernahkah kalian mencampurkan air dan
minyak? apakah minyak dapat larut dalam air?
Guru menyampaikan
topik & tujuan yang ingin dicapai.
|
10 ‘
|
Kegiatan Inti
|
Guru menjelaskan pada siswa tentang kegiatan belajar.
Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari 5
orang, dan membagikan LKS.
Guru mempersiapkan siswa untuk masuk dalam kegiatan
praktikum, dengan menyuruh siswa menyiapkan alat dan bahan yang akan
digunakan dalam kegiatan praktikum.
guru memberikan penjelasan pada siswa mengenai kegiatan
yang akan dilakukan yaitu uji kandungan
dalam urine dan zat-zat yang dikeluarkan pada ekskresi oleh paru-paru
Guru menyuruh siswa untuk mulai mengerjakannya.
Selama kegiatan berlangsung, guru membimbing
kelompok-kelompok dalam bekerja.
Selesai kegiatan, siswa menuliskan hasil percobaannya dan
membahas bersama-sama. Memberikan penghargaan kepada
siswa-siswa yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar
mengajar tersebut
|
105’
|
Penutup
|
Bersama siswa melakukan penyimpulan
dan refleksi serta penugasan mandiri melalui soal-soal terpilih di reviu.Penugasan
mandiri (Reviu pada buku pegangan peserta didik)
Siswa dan guru mengungkapkan kesan berkaitan
pembelajaran yang dilakukan.
Siswa diberikan evaluasi mengenai
proses kegiatan yang telah dilakukan oleh siswa
Guru menutup pembelajaran dan
mengucapkan salam.
|
20’
|
PERTEMUAN III
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Pemusatan perhatian
a.Guru
mengucapkan salam.
b.Guru
mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin do’a.
c.Guru mencek
kehadiran siswa ,kebersihan dan kerapian kelas.
d.Mengecek dan mengumpulkan laporan
praktikum minggu lalu
e.Guru menjelaskan pada siswa tentang kegiatan belajar.
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
a.Guru membagi siswa dalam kelompok yang terdiri dari 2
orang
b.Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi satu bagian
kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
c.Guru membagi kelas menjadi dua kelompok besar
d.Siswa diberi petunjuk cara melakukan tata cara pelaksanaan
kegiatan Make A Match
e.Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan
soal/jawaban.
f.Tiap siswa memikirkan jawaban/soal yang cocok dari kartu
yang dipegang.
g.Guru meniup peluit sebagai tanda dimulainya permainan
h.Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan
kartunya. Misalnya: siswa yang diberi soal tentang fungsi ginjal, maka
langkah yang diambil siswa tersebut yaitu mencari teman yang memegang jawaban
tentang fungsi ginjal
i.Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas
waktu yang ditentukan
j.Siswa yang
yang telah menemukan pasangannya kemudian mengkonfirmasikan pada guru
k.Guru menilai pasangan tersebut pada lembar yang telah
disiapkan setelah itu mintalah siswa untuk mempresentasikannya didepan dan
pasangan lain menanggapi pasangan yang sedang presentasi
l.Jika semua pasangan sudah mempresentasikan didepan, guru
mengkonfirmasi pengetahuan pada siswa mengenai pasangan kartu yang sebenarnya
m.Pasangan yang telah sesuai jawabannya akan diberikan
reward dan pasangan yang salah akan diberikan sanksi yang mendidik.
|
105’
|
Penutup
|
a.Siswa dan guru mengungkapkan kesan berkaitan
pembelajaran yang dilakukan.
b.Siswa diberikan evaluasi mengenai
proses kegiatan yang telah dilakukan oleh siswa
|
20
|
I .
PENILAIAN
1. Jenis / Teknik Penilaian
·
Portofolio (laporan praktikum, kliping)
·
observasi Sikap
·
Performance/tes Praktik
·
Tes Tertulis
·
Lembar penilaian antar teman
2. Penilaian Produk
• Intrumen Penilaian Portofolio
• Instrumen Penilaian Sikap
• Instrumen Penilaian Diskusi
• Instrumen tes
Contoh Instrumen
INSTRUMEN LKS
LKS
SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA
NAMA : ________________
NO.ABSEN : ________________
KELAS : ________________
KELOMPOK : ________________
I. GINJAL
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Menyebutkan
bagian-bagian ginjal
2.
Mendeskripsikan
fungsi bagian-bagian ginjal
B.
Alat / Bahan
·
Gambar/Model
Ginjal
C.
Cara Kerja
1.
Amati
bagian-bagian ginjal
2.
Tulis datamu di
dalam tabel
D.
Gambar/Model Ginjal
I
II
E.
Hasil Pengamatan
No
|
Gambar
|
Nama Bagian
|
1
|
I
|
1. ……………
2. ……………
3. ……………
4. ……………
|
2.
|
II
|
1. …………….
2. …………….
3. ……………
4. ………………
5. ………………
|
F.
Pertanyaan
1. Bagian apa
saja yang kamu temukan pada ginjal?
2. Apakah
fungsi bagian-bagian tersebut?
3. Dibagian
ginjal manakah nefron kamu temukan ?
4. Apakah
hubungan antara nefron dengan ginjal?
G.
Kesimpulan
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
II.
KULIT
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Menyebutkan
bagian-bagian kulit
2.
Mendeskripsikan
fungsi bagian-bagian kulit
B.
Alat / Bahan
·
Gambar/Model
Kulit
C.
Cara Kerja
1.
Amati
bagian-bagian kulit
2.
Tuliskan datamu
di dalam tabel
D.
Gambar Kulit
E.
Hasil Pengamatan
No
|
Nama Bagian
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
F.
Pertanyaan
1.
Bagian-bagian
apa saja yang kamu temukan pada kulit?
2.
Apakah fungsi
bagian-bagian tersebut?
3.
Dibagian kulit
manakah kelenjar keringat kamu temukan?
4.
Apakah hubungan
antara kulit dengan kelenjar keringat?
G.
Kesimpulan
…………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………….
III.
HATI
A.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat:
1.
Menyebutkan
bagian-bagian kulit
2.
Mendeskripsikan
fungsi bagian-bagian hati
B.
Alat/Bahan:
·
Gambar/Model
hati
C.
Cara Kerja:
1.
Amati gambar
hati
2.
Tulis hasil
pengamatanmu di dalam tabel
D.
Gambar hati
E.
Hasil Pengamatan
No
|
Nama Bagian
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
F.
Pertanyaan
1.
Apa saja bagian
yang kamu temukan pada hati?
2.
Apakah fungsi
hati?
3.
Dibagian hati
manakah kamu temukan kantong empedu ?
4.
Apakah hubungan
antara hati dengan kantong empedu?
G.
Kesimpulan
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
IV.
PARU-PARU
A.
Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat:
1.
Menyebutkan
bagian-bagian paru-paru
2.
Mendeskripsikan
fungsi bagian-bagian paru-paru
B.
Alat/Bahan:
·
Gambar/Model
Paru-paru
C. Cara Kerja:
1.
Amati
bagian-bagian paru-paru
2.
Tulislah hasil Pengamatanmu
di dalam tabel
D. Gambar /Model
paru-paru
E.
Hasil Pengamatan
No
|
Nama Bagian
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
F.
Pertanyaan
1.
Bagian-bagian
apa saja yang kamu temukan pada alat pernapasan manusia?
2.
Apakah
fungsi masing-masingbagian ?
3.
Apakah hubungan
antara alveolus dengan paru-paru?
G. Kesimpulan
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
LKS Praktikum
Sistem Ekskresi
NAMA : ________________
NO.ABSEN : ________________
KELAS : ________________
KELOMPOK : ________________
Tujuan : mengamati pH dan kandungan yang
terdapat pada urine
Alat dan bahan :
- tabung
reaksi
7. Indikator universal
- rak tabung
reaksi 8. Larutan biuret
- penjepit tabung
reaksi
9. Larutan AgNO3 5%
- pembakar kertas spiritus
10. larutan fehling A dan B
- gelas
ukur
11. urine
- pipet tetes
Cara kerja :
- isilah 5 tabung reaksi
masing-masing dengan 1 ml urine yang sama
- untuk mengukur pH urine,
masukkan indicator universal ke dalam urine, cocokkan warna yang terjadi
dengan standar pH
- untuk mengenal adanya uriea
pada urine
panaskan salah satu tabung reaksi yang berisi urine dengan lampu spiritus,
ciumlah baunya, bagaimana baunya?
- untuk menguji kandungan klor pada urine
masukkan 5 tetes AgNO3 5 % ke dalam tabung reaksi yang berisi
urine, amati yang terjadi! Mengapa demikian?
- untuk menguji adanya glukosa
pada urine
teteskan 5 tetes larutan fehling A dan fehling B ke dalam tabung reaksi
yang berisi urine. Panaskan dengan pembakar spiritus. Amati apa yang terjadi
- menguji adanya protein
tambahkan 5 tetes larutan biuret
ke dalam tabung reaksi yang berisi urine, biarkan selama 5 menit. Amati yang
terjadi!
- catat hasil pengamatanmu ke
dalam table pengamatan !
Tabel pengamatan
Tabung
|
Pengujian
|
Hasil
|
Kesimpulan
|
1
|
pH
|
||
2
|
Bau urine
|
||
3
|
AgNO3 5%
|
||
4
|
Fehling A dan B
|
||
5
|
Biuret
|
Pertanyaan
- Berdasarkan hasil
percobaanmu, bagaimana kesimpulanmu tentang susunan urine? Bandingkan
hasil kegiatanmu dengan kelompok lain!
- Adanya glukosa pada urine membuktikan adanya gangguan pada ginjal,
jelaskan selengkapnya tentang peristiwa di atas!
- mengapa pada waktu cuaca dingin, biasanya urine yang dikeluarkan lebih
banyak dibandingkan dengan waktu cuaca panas?
- selain factor suhu, factor apa lagi yang berpengaruh terhadap jumlah
urine yang dikeluarkan seseorang?
LKS Praktikum
Sistem Ekskresi
NAMA : ________________
NO.ABSEN : ________________
KELAS : ________________
KELOMPOK : ________________
A.
Tujuan
Melalui percobaan,
siswa dapat menentukan alat ekskresi pada ikan beserta fungsinya.
B. Soal/Perintah
Bedahlah Ikan Mas (Cyprinus Carpio) dan kemudian gambarkan
alat ekskresi yang terdapat pada ikan tersebut! Kemudian buatlah kesimpulan
berdasarkan hasil percobaan!
C. Alat dan Bahan
a.
Alat
1.
Bak Bedah
2.
Alat bedah (gunting, pisau penyayat, pinset, tusuk sonde & jarum
pentul)
3.
Alat gambar
a.
Bahan
-
Ikan mas (Cyprinus carpio) yang panjangnya
berukuran di atas 25 cm.
D. CARA
KERJA
a.
Siapkan 1 ekor ikan
mas dan seperangkat alat bedah beserta bak bedahnya.
b.
Bedahlah ikan mas
dengan menusuk bagian tengah kepala ikan yang lunak dengan tusuk sonde. Setelah
ikan benar-benar mati, sayatlah dengan pisau bedah sepanjang sisi belakang
tutup insang menuju bagian ekor ikan.
c.
Biarkan ikan
terbuka hingga seluruh isi rongga tubuh tampak dari luar, kemudian lakukan
pengamatan alat ekskresi pada ikan tersebut.
d.
Gambarkan hasil pengamatan
saudara dengan menggunakan peralatan gambar.
e.
Beri keterangan
setiap bagian yang saudara gambar.
CONTOH INSTRUMEN KARTU MAKE A MATCH
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
INSTRUMEN TES
Lembar Penilaian
Pilihan Ganda
Petunjuk:
Pilihlah salah satu opsi jawaban yang paling benar, dengan cara memberikan tanda silang (X) pada a, b, c, d atau e pada soal-soal berikut!
1.
Proses pengeluaran zat-zat dari
dalam tubuh manusia yang tidak mengalami metabolisme disebut ....
a. eliminasi
b. defekasi
c. ekskresi
d. sekresi
e. gutasi
2.
Sistem
ekskresi merupakan mekanisme utama homeostasis karena . . . .
a.
sistem
ekskresi dapat membuang sisa metabolisme sekaligus mengatur keseimbangan cairan
tubuh
b.
sistem
ekskresi dapat mengeluarkan ion-ion tertentu sesuai dengan kebutuhan tubuh
c.
sistem
ekskresi mampu mengeluarkan sisa metabolisme melalui urine
d.
sistem
ekskresi mampu mengeluarkan sisa metabolisme melaluiparu-paru dan kulit
e.
sistem
ekskresi dapat menghasilkan zat-zat yang masih dibutuhkan tubuh
3.
Organ-organ
yang terlibat dalam sistem ekskresi vertebrata terutama manusia adalah . .
a.
paru-paru,
hati, ginjal, kulit
b.
paru-paru,
ginjal, darah, usus
c.
paru-paru,
hati, usus, kulit, ginjal
d.
paru-paru,
darah, kulit, ginjal
e.
hati,
kulit, darah, ginjal
4.
NH3 sebagai hasil metabolisme
protein, dan CO2 sebagai hasil respirasi
dapat membentuk urea yang kemudian dibersihkan. Pembentukan urea itu terjadi di
dalam ....
a.
hati
b.
ginjal
c.
kantong urine
d.
usus besar
e.
usus halus
5.
Di bawah ini proses pembentukan
urine dalam ginjal yang benar adalah
....
a.
filtrasi à augmentasi à absorpsi
b.
filtrasi à absorpsi à augmentasi
c.
absorpsi à filtrasi à augmentasi
d.
absorpsi à augmentasi à absorpsi
e.
augmentasi à filtrasi à absorpsi
6.
Pengeluaran keringat oleh tubuh kita
dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tersebut di bawah ini, kecuali ....
a.
suhu lingkungan
b.
goncangan emosi
c.
kegiatan tubuh
d.
umur dan jenis kelamin
e.
rangsangan simpatik
7.
Berikut
adalah beberapa dari kulit manusia.
1.
Stratum
korneum
2.
Akar
rambut
3.
Stratum
lusidum
4.
Kelenjar
keringat
5.
Stratum
germinativum
Yang merupakan bagian dari epidermis adalah . . . .
a. 1 - 2 – 3
b. 2 - 3 – 4
c. 1 - 3 – 5
d. 3 - 4 – 5
e. 2 - 4 – 5
8.
Gangguan atau kelainan yang dapat
terjadi pada sistem ekskresi manusia adalah ….
a. arterioskleriosis
b. pneumonia
c. artritis
d. diabetes
mellic.
e. hipermetropitus
9.
Organ
ekskresi serangga berupa tubula Malpighi, bermuara pada pangkal usus karena . .
. .
a. serangga sangat efisien menggunakan air
b. limbah metabolisme serangga berupa cairan
c. limbah metabolisme serangga berupa kristal asam urat
d. tubula malpighi tidak mempunyai saluran pengumpul
e. asam urat dikeluarkan bersama feses
10.
Alat yang digunakan planaria untuk
melakukan ekskresi sisa metabolisme
dinamakan ….
a. sel api
b. nefrostom
c. protonefridium
d. pembuluh
e. nefridiopori
Malpighi
Lembar Penilaian
Uraian
Jawab soal berikut
dengan singkat dan jelas.
1.
Bagian ginjal yang berperan sebagai
pelaksana dalam proses penyaringan darah adalah nefron. Sebutkan bagian-bagian
nefron
2.
Fungsi alat ekskresi manusia yang
berupa kulit adalah sebagai tempat pembuatan vitamin dan tempat menyimpan
kelebihan lemak. Jelaskan fungsi tersebut.
3.
Sebutkan 5 gangguan sistem ekskresi
pada manusia.
4.
Bagaimanakah proses terjadinya
ekskresi pada Planaria?
5.
Apa yang menyebabkan perbedaan
sistem ekskresi pada setiap hewan?
Instrumen Penilaian
1.
Penilaian
Afektif / sikap
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
skor
|
Nilai
|
||||||||||||||
Ketrampilan
bertanya
|
Ketrampilan
berkomuni
kasi
|
Kerja
sama
|
Ketepatan
waktu
|
Partisipasi
|
||||||||||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
||||
1
|
||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||
4
|
Aspek yang dinilai dapat disesuaikan
Keterangan:
-
Skor 0 = tidak
lengkap/tidak rapi/tidak ada kerja sama/ kurang tepat waktu/kurang
berpartisipasi
-
Skor 1 = kurang lengkap/kurang rapi/kurang ada kerja
sama/kurang tepat waktu/kurang berpartisipasi
-
Skor 2 = lengkap/ rapi/kerja sama baik/tepat
waktu/partisipasi baik
-
Jumlah skor maksimum = 10
Nilai yang dicapai =
Kriteria nilai: 90 − 100 = A 50 − 60 = C
70
80 = B kurang dari 50 = D
2.
Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama
siswa
|
Aspek yang dinilai
|
skor
|
Nilai
|
||||||||||||||
Ketrampilan menggunakan alat
|
Ketrampilan
pengumpulan data
|
Ketrampilan
pengolahan data
|
Keterampilan
presentasi
|
Ketrampilan bertanya
|
||||||||||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
||||
1
|
||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||
4
|
Keterangan:
-
Skor 0 = tidak trampil
menggunakan alat/tidak mengumpulkan data /tidak ada pengolahan
data/tidak melakukan presentasi/ tidak bertanya
-
Skor 1 = kurang trampil
menggunakan alat/mengumpulkan data kurang lengkap / pengolahan data kurang
sempurna / kurang aktif dalam melakukan presentasi/ jarang
bertanya
-
Skor 2 = trampil menggunakan
alat/ mengumpulkan data lengkap /ada pengolahan data/presentasi baik/ sering bertanya
Jumlah skor maksimum = 10
Nilai yang dicapai =
INSTRUMEN PENILAIAN
PORTOFOLIO
Mata pelajaran :
Durasi Waktu :
Nama Peserta didik :
Kelas/SMT :
No
|
KI / KD / PI
|
Waktu
|
MACAM PORTOFOLIOA
|
Jumlah Score
|
Nilai
|
||
kliping
|
Laporan Pengamatan
|
Laporan Eksperimen
|
|||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
Catatan:
PI = Pencapaian Indikator
Skor menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10 – 100.
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Materi : Sistem Ekskresi
Kelas/Semester : XI/2
Hari/Tanggal :
No.
|
Nama Siswa
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggungjawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6.
|
||||||||
7.
|
||||||||
8.
|
||||||||
9.
|
||||||||
Keterangan :
·
1
= jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
·
2
= jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator, tetapi belum konsisten
·
3
= jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
·
4
= jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
5
= jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indicator
FORMAT
PENILAIAN
Nilai : Jumlah Skor
X 100
30
INSTRUMEN PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian Diskusi
Tanggal :
……………………………………….
Jumlah Siswa : …………….………
orang.
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan
argumentasi
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Rubrik :
Menyampaikan pendapat
1. Tidak sesuai masalah
2.
Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3. Sesuai dengan masalah dan benar
Menanggapi pendapat
- Langsung
setuju atau menyanggah tanpa
alasan
- Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar
tidak sempurna
- Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar
- Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar dengan didukung referensi
Mempertahankan pendapat
1. Tidak dapat mempertahankan pendapat
2. Mampu Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3. Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung
referensi
4. Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
INSTRUMEN KINERJA MELAKUKAN PRATIKUM
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
PENILAIAN
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Merangkai alat
|
|||
2
|
Pengamatan
|
|||
3
|
Data yang diperoleh
|
|||
4
|
Kesimpulan
|
Rubrik:
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
PENILAIAN
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
MERANGKAI ALAT
|
Rangkaian alat tidak benar
|
Rangkaian alat benar, tapi tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatan kerja
|
Rangkaian alat, benar dan memperhatikan keselamatan kerja
|
2
|
PENGAMATAN
|
Pengamatan tidak cermat
|
Pengamatan cermat tetapi tidak mendukung interpretasi
|
Pengamatan cermat
mendukung interpretasi
|
3
|
DATA YANG DIPEROLEH
|
Data tidak lengkap
|
Data lengkap, tetapi tidak terorganisir atau ada yang salah
tulis
|
Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar
|
5
|
KESIMPULAN
|
Tidak benar atau tidak sesuai tujuan
|
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidaK Sesuai tujuan
|
Semua benar atau sesuai tujuan
|
Semarang,
17 Juni 2017
Mengetahui,
Kepala MA Keterampilan Guru
Mata Pelajaran
Al
Irsyad
Subekan,
S.Ag., M.H. Nur
Ichsan, S.Pd.
terimakasih, sangat membantu dlm pengerjaan tugas sy
BalasHapus