Menu

Minggu, 18 Februari 2018

silabus biologi SMA/MA K13 Kelas X Terbaru

MODEL SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA)
Kelas X
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)   pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memerhatikan karakteristik, matapelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran   untuk   Kompetensi   Pengetahua dan   Kompetensi   Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran
3.1    Menjelaskan ruang
lingkup biologi
(permasalahan pada berbagai objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
4.1  Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang permasalahan pada berbagai objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
Ruang Lingkup
Biologi:
 Permasalahan biologi pada berbagai objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
 Cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengem-bangan karir di masa depan
 Manfaat mempelajari biologi bagi diri
sendiri dan
lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa Metode ilmiah Keselamatan
kerja
Melakukan pengamatan terhadap permasalahan biologi pada objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan di alam dan membuat laporannya
   Melakukan studi literatur tentang cabang-cabang biologi, objek biologi, permasalahan biologi dan profesi yang berbasis biologi (distimulir dengan contoh-contoh dan diperdalam dengan penugasan/PR)
   Diskusi tentang kerja seorang peneliti biologi dengan menggunakan metode ilmiah dalam mengamati bioproses dan melakukan percobaan dengan menentukan permasalahan, membuat hipotesis, merencanakan percobaan
dengan menentukan variabel percobaan, mengolah data
pengamatan dan percobaan dan
menampilkannya dalam tabel/grafik/skema, mengomunikasikannya secara lisan dengan berbagai media dan secara tulisan dengan
format laporan ilmiah sederhana
   Diskusi aspek-aspek keselamatan kerja laboratorium biologi dan menyepakati





Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran


komitmen bersama untuk
melaksanakan secara tanggung jawab aspek keselamatan kerja
di laboratorium
   Mengamati contoh laporan hasil penelitian biologi dalam jurnal ilmiah berbahasa Indonesia atau Bahasa Inggris tentang komponen/format laporan dan mengamati komponennya dan mengaitkannya dengan ruang lingkup biologi sebagai mata pelajaran kelompok ilmu pengetahuan alam
   Mendiskusikan hasil-hasil pengamatan dan kegiatan tentang ruang lingkup biologi,
cabang-cabang biologi,
pengembangan karir dalam biologi, kerja ilmiah dan
keselamatan kerja untuk
membentuk/memperbaiki pemahaman tentang ruang lingkup biologi
   Mengomunikasikan secara lisan tentang ruang lingkup biologi,
kerja ilmiah dan keselamatan
kerja, serta rencana pengembangan karir masa depan berbasis biologi
3.2  Menganalisis berbagai
tingkat
keanekaragaman hayati di Indonesia beserta
ancaman dan pelestariannya beserta
ancaman dan pelestariannya
4.2   Menyajikan hasil
observasi berbagai tingkat
keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya
Keanekaragaman
Hayati
   Konsep keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem
   Keanekaraga- man hayati
Indonesia, flora dan fauna, serta penyebarannya
berdasarkan
Garis Wallace dan Garis Weber
   Keunikan hutan hujan tropis
Indonesia
   Pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia
   Upaya pelestarian
Mengamati berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia
  Mengelompokkan berbagai tingkat keanekaragaman hayati
Indonesia dengan contoh-
contohnya dari berbagai ekosistem mulai dari savana sampai dengan tundra (flora, fauna, mikroorganisme), garis Wallace dan Weber dari peta atau berbagai sumber
  Mendiskusikan pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia yang sudah dilakukan
dan peluang pemanfaatannya
secara berkelanjutan dalam era ekonomi kreatif
  Mendiskusikan berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dan memberi
contohnya, memahami garis





Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran

keanekaragaman
hayati Indonesia
Wallace dan Weber
  Mendiskusikan untuk mengasosiasikan pemahaman tentang takson dalam klasifikasi
dan kunci determinasi
 Mempresentasikan secara lisan tentang keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan tingkat keanekaragamannya dan  upaya pelestarian serta pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia dalam era ekonomi kreatif
3.3  Menjelaskan prinsip- prinsip klasifikasi
makhluk hidup dalam
lima kingdom
4.3  Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-
prinsip klasifikasi
makhluk hidup
Klasifikasi Makhluk
Hidup
  Prinsip klasifikasi makhluk hidup
  Dasar klasifikasi makhluk hidup
  Kunci determinasi
sederhana
  Kladogram
(pohon filogeni)  Sistem
klasifikasi makhluk hidup:
takson, binomial
nomenklatur
Mengamati, menentukan dasar pengelompokkan dan melakukan pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri makhluk hidup yang ditemukan
   Membuat kunci determinasi sederhana, kladogram,
menentukan tingkat takson
makhluk hidup dalam kerja kelompok.
   Mendiskusikan hasil kerja kelompok dan
mempresentasikanya
3.4   Menganalisis struktur, replikasi dan peran
virus dalam kehidupan
4.4   Melakukan kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya
Virus
   Ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi
   Pengelompok- kan virus
   Peran virus
dalam kehidupan
   Partisipasi remaja dalam mencegah
penyebaran virus
HIV dan lainnya
Mengkaji  berbagai kasus penyakit yang disebabkan oleh virus,  seperti influenza, AIDS, flu burung melalui berbagai media informasi
   Mendiskusikan, menjelaskan, dan mengaitkan proses perkembangbiakan, cara pencegahan, penyebaran virus serta dampak sosial-ekonomi bagi kehidupan manusia dan mempresentasikannya
  Mendiskusikan apa maksud
Tuhan menciptakan makhluk yang menyebabkan penyakit
dikaitkan dengan perilaku yang tidak terpuji pada seseorang
 Mendiskusikan tentang apa yang telah dipelajarinya dengan
pemahaman sebelumnya dan
mendiskusikan apa yang




Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran


diperolehnya dengan perilaku
yang harus dilakukannya
   Melakukan kampanye tentang bahaya virus yang dikaitkan dengan perilaku yang kurang terpuji terutama di kalangan remaja dengan memanfaatkan TIK.
3.5  Mengidentifikasi struktur, cara hidup,
reproduksi dan peran
bakteri dalam kehidupan
4.5   Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam
kehidupan
Kingdom Monera
 Karakteristik dan perkembang-
biakan bakteri
 Dasar pengelompokkan bakteri
 Menginokulasi bakteri/pour
plate/streak plate
Pengecatan gram Peran bakteri dalam kehidupan
Melakukan pengamatan koloni bakteri dan sel bakteri dengan pour plate, streak plate, dan pengecatan gram
   Mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan prosedur penanaman,  pengecatan
bakteri, dan koloni bakteri serta
mengenalkan konsep baru serta kosa kata ilmiah baru, misalnya
pengecatan gram, inokulum,
inokulasi dll
   Mendiskusikan jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan cara
penanggulangannya
   Menerapkan keselamatan kerja dan biosafety dalam pengamatan bakteri
   Mendiskusikan hasil pengamatan dan berbagi
perspektif tentang berbagai
Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya dalam kehidupan
   Menyimpulkan ciri, karakteristik, dan peran bakteri
dalam kehidupan
   Melaporkan hasil pengamatan secara tertulis menggunakan format laporan sesuai kaidah
3.6  Mengelompokkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas
dan mengaitkan
peranannya dalam kehidupan
4.6  Menyajikan laporan
hasil investigasi tentang berbagai peran protista dalam kehidupan
Kingdom Protista:
   Ciri-ciri umum protista dan penggolongan-
nya
   Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur
lendir/ Slime
Mold
   Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga)
Membuat kultur Paramecium dari rendaman air jerami
   Melakukan pengamatan mikroskopis air kolam, air rendaman jerami, dan lain-lain,
untuk menemukan
karakteristik protista lainnya melalui kerja kelompok.
   Mendiskusikan hasil pengamatan ciri umum protista mirip jamur,  protista mirip
alga, dan protista mirip hewan
   Membandingkan hasil




Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran

Ciri-ciri umum protista mirip hewan (protozoa)
   Peranan protista dalam kehidupan
pengamatan dengan
gambar/charta/foto/film berbagai jenis organisme
golongan Protista
   Membuat kesimpulan tentang ciri dan peran protista berdasarkan kajian literatur, hasil diskusi, dan hasil pengamatan
   Merangkum hasil pengamatan dan hasil diskusi untuk
memahami konsep keanekaragaman protista dan pengelompokannya
3.7   Mengelompokkan
jamur berdasarkan ciri- ciri, cara reproduksi,
dan mengaitkan
peranannya dalam ke hidupan
4.7   Menyajikan laporan
hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam kehidupan
Fungi/Jamur
   Ciri-ciri kelompok jamur
:  morfologi, cara memperoleh
nutrisi, reproduksi
   Pengelompokan jamur
   Peran jamur dalam bidang
ekologi,
ekonomi, kesehatan, dan pengembangan iptek
Melakukan pengamatan morfologi mikroskopis dan makroskopis (khamir, cendawan, dan kapang dari berbagai bahan (roti, kacang, jagung berjamur, dll), jamur cendawan, menggambar hasil pengamatan, menandai nama- nama bagian-bagiannya) dan menyimpulkan hasil pengamatan tentang perbedaan jamur dengan organisme lain
   Mencari informasi tentang berbagai jamur yang edibel/bisa dimakan dan jamur yang
toksik/beracun (PR)
   Menyimpulkan peran jamur dalam suatu ekosistem didasarkan pada cara hidupnya yang saprofit dan bila terganggu akan menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem
   Membuat laporan hasil pengamatan mikroskopis dan makroskopis serta peran jamur dalam kehidupan, dalam berbagai bentuk media
3.8   Mengelompokkan
tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan
ciri-ciri umum, serta mengaitkan
peranannya dalam kehidupan
4.8   Menyajikan laporan
hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan
Plantae:
   Ciri-ciri umum plantae: tumbuhan lumut,
tumbuhan paku, tumbuhan biji
   Peran tumbuhan dalam ekosistem
   Peran tumbuhan di bidang
Ekonomi
Mengamati, membandingkan morfologi struktur alat reproduksi serta cara reproduksi berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar dan mengelompokkannya
   Mengumpulkan informasi tentang berbagai jenis tumbuhan khas di hutan hujan tropis Indonesia melalui berbagai sumber





Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran
serta peranannya
dalam kehidupan
Dampak berkurangnya keanekaragaman tumbuhan bagi ekosistem
Menganalisis dampak alih fungsi hutan di Indonesia terhadap keanekaragaman hayati dan ekosistem dan menyimpulkan hubungan keanekaragaman  tumbuhan dengan nilai ekonominya
   Mendiskusikan peran Plantae pada berbagai bidang (industri, kesehatan, pangan)
   Menyajikan laporan pengamatan secara tertulis dan membuat
tulisan tentang peran tumbuhan dalam menjaga keseimbangan alam, misalnya siklus air, erosi,
penyerapan karbon dioksida dan penghasilan oksigen bumi
   Merangkum bab dan disusun dalam suatu laporan yang
dibentuk dalam buku kreatif
menggunakan bahan-bahan bekas atau hiasan daun/bunga
kering sehingga memiliki nilai
seni yang tinggi
3. 9  Mengelompokkan
hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi
4. 9 Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya
Animalia:
Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)
Klasifikasi animalia
Peran hewan bagi kehidupan
Mengamati berbagai macam hewan invertebrata dan vertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan dan mendokumentasikan dalam bentuk foto/gambar
   Mengamati ciri umum hewan invertebrata dan vertebrata sebagai dasar pengelompokkannya
   Membandingkan ciri-ciri berbagai hewan vertebrata dan invertebrata dan menyajikannya dalam berbagai bentuk media
   Mendiskusikan peranan invertebrata dan vertebrata
dalam ekosistem, ekonomi,
masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang
3.10   Menganalisis
komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebu
Ekologi:
   Komponen ekosistem Aliran energi
Daur biogeokimia
Melakukan pengamatan ekosistem di lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi komponen-komponen penyusunnya





Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran
4.10  Menyajikan karya
yang menunjukkan interaksi antar
komponen ekosistem
(jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia)
   Interaksi dalam
ekosistem
Menganalisis hubungan antar komponen  dalam ekosistem tersebut dan mengaitkannya dengan ketidakseimbangan lingkungan serta proses terjadinya ketidakseimbangan
   Mendiskusikan kemungkinan yang dilakukan berkaitan
dengan pemulihan
ketidakseimbangan lingkungan
   Mengamati adanya interaksi dalam ekosistem dan aliran
energi
   Mensimulasikan interaksi antar komponen ekosistem
   Mendiskusikan daur biogeokimia menggunakan bagan/charta
 Mendiskusikan dan menyimpulkan bahwa di alam terjadi keseimbangan antara
komponen dan proses
biogeokimia
 Menyimpulkan bahwa di alam jika terjadi ketidakseimbangan komponen ekosistem harus dilakukan upaya rehabilitasi agar keseimbangan proses dapat berlangsung
3.11    Menganalisis data
perubahan lingkungan,
penyebab, dan
dampaknya bagi kehidupan
4.11.  Merumuskan gagasan
pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar
Perubahan
Lingkungan:
Kerusakan lingkungan/ pencemaran lingkungan
Pelestarian lingkungan
Adapatasi dan mitigasi

Limbah dan Daur
Ulang:
Jenis-jenis limbah
Proses daur ulang
3 R (reuse, reduse, recycle)
Membaca, mengamati, membahas dan menganalisis berbagai laporan media/kasus lingkungan hidup/lingkungan sekitar mengenai kerusakan lingkungan dan produk daur ulang
 Mendiskusikan  hasil pengamatan dan penelusuran
tentang penyebab, cara mencegah, cara menanggulangi
perubahan alam, seperti pemanasan global, penipisan lapisan ozon, efek rumah kaca,
dampak kegiatan  manusia, pendangkalan sungai, abrasi laut,
reklamasi pantai, serta menyimpulkan dan menyusun
hasilnya dalam bentuk laporan dengan berbagai media
 Membuat kampanye penyadaran pada masyarakat  tentang dampak perubahan iklim dan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran


usaha-usaha yang dapat
dilakukan
 Membuat dan menyajikan hasil produk daur ulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shoutul Mubarok | Ya Asyiqol Mustofa