MODEL SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA)
Kelas
X
Alokasi waktu: 3 jam
pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap
Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)
pada pembelajaran Kompetensi
Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan,
dan budaya sekolah
dengan memerhatikan karakteristik, matapelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter siswa lebih
lanjut.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
3.1 Menjelaskan ruang
lingkup biologi
(permasalahan
pada berbagai objek biologi dan tingkat organisasi
kehidupan), melalui penerapan
metode ilmiah
dan prinsip
keselamatan kerja
4.1 Menyajikan data hasil
penerapan metode ilmiah
tentang permasalahan
pada berbagai objek biologi dan tingkat organisasi
kehidupan
|
Ruang Lingkup
Biologi:
sendiri dan
lingkungan, serta
masa
depan peradaban bangsa Metode ilmiah
Keselamatan
kerja
|
Melakukan
pengamatan terhadap permasalahan biologi
pada objek biologi dan tingkat
organisasi kehidupan di
alam dan membuat laporannya
dengan
menentukan variabel percobaan,
mengolah data
pengamatan
dan percobaan dan
menampilkannya dalam
tabel/grafik/skema,
mengomunikasikannya
secara lisan dengan
berbagai media dan secara
tulisan dengan
format laporan
ilmiah
sederhana
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
|
|
komitmen bersama untuk
melaksanakan secara
tanggung jawab aspek keselamatan
kerja
di
laboratorium
cabang-cabang biologi,
pengembangan karir dalam
biologi, kerja ilmiah
dan
keselamatan kerja
untuk
membentuk/memperbaiki pemahaman tentang ruang
lingkup biologi
kerja ilmiah
dan keselamatan
kerja, serta
rencana pengembangan karir masa depan berbasis biologi
|
3.2
Menganalisis
berbagai
tingkat
keanekaragaman hayati di Indonesia beserta
ancaman
dan pelestariannya
beserta
ancaman
dan pelestariannya
4.2 Menyajikan
hasil
observasi berbagai
tingkat
keanekaragaman
hayati di Indonesia dan usulan upaya
pelestariannya
|
Keanekaragaman
Hayati
ekosistem
Indonesia, flora
dan fauna, serta penyebarannya
berdasarkan
Garis Wallace dan Garis Weber
Indonesia
|
Mengamati berbagai tingkat keanekaragaman
hayati Indonesia
Indonesia
dengan contoh-
contohnya dari berbagai
ekosistem mulai dari savana
sampai dengan
tundra (flora, fauna, mikroorganisme),
garis
Wallace dan Weber dari peta atau berbagai sumber
dan peluang pemanfaatannya
secara
berkelanjutan
dalam era
ekonomi kreatif
contohnya,
memahami garis
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
|
keanekaragaman
hayati Indonesia
|
Wallace
dan Weber
dan kunci determinasi
|
3.3 Menjelaskan
prinsip-
prinsip klasifikasi
makhluk hidup dalam
lima kingdom
4.3 Menyusun kladogram berdasarkan
prinsip-
prinsip
klasifikasi
makhluk hidup
|
Klasifikasi Makhluk
Hidup
sederhana
(pohon filogeni)
klasifikasi
makhluk hidup:
takson, binomial
nomenklatur
|
Mengamati,
menentukan dasar
pengelompokkan dan melakukan
pengelompokkan
makhluk hidup
berdasarkan persamaan
dan perbedaan ciri makhluk hidup yang ditemukan
menentukan tingkat takson
makhluk hidup dalam kerja kelompok.
mempresentasikanya
|
3.4 Menganalisis struktur,
replikasi dan peran
virus dalam kehidupan
4.4 Melakukan
kampanye
tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama
bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya
|
Virus
dalam kehidupan
penyebaran virus
HIV dan lainnya
|
Mengkaji berbagai kasus
penyakit yang disebabkan oleh
virus, seperti influenza, AIDS, flu
burung melalui berbagai
media informasi
Tuhan menciptakan makhluk
yang menyebabkan
penyakit
dikaitkan dengan perilaku yang
tidak terpuji pada seseorang
pemahaman sebelumnya dan
mendiskusikan apa yang
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
|
|
diperolehnya
dengan perilaku
yang harus dilakukannya
|
3.5 Mengidentifikasi struktur,
cara hidup,
reproduksi dan peran
bakteri dalam kehidupan
4.5 Menyajikan
data
tentang ciri-ciri dan
peran bakteri dalam
kehidupan
|
Kingdom Monera
biakan bakteri
plate/streak plate
Pengecatan gram Peran bakteri
dalam kehidupan
|
Melakukan
pengamatan koloni
bakteri dan sel bakteri dengan
pour plate,
streak
plate, dan pengecatan gram
bakteri, dan
koloni bakteri serta
mengenalkan konsep baru serta
kosa kata ilmiah
baru, misalnya
pengecatan gram,
inokulum,
inokulasi dll
penanggulangannya
perspektif tentang berbagai
Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya
dalam kehidupan
dalam kehidupan
|
3.6
Mengelompokkan
protista berdasarkan
ciri-ciri umum kelas
dan mengaitkan
peranannya
dalam
kehidupan
4.6
Menyajikan
laporan
hasil investigasi
tentang berbagai peran
protista
dalam
kehidupan
|
Kingdom Protista:
nya
lendir/ Slime
Mold
|
Membuat
kultur Paramecium
dari rendaman
air jerami
untuk menemukan
karakteristik protista lainnya melalui kerja
kelompok.
alga, dan protista mirip hewan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
|
Ciri-ciri umum
protista
mirip
hewan (protozoa)
|
pengamatan
dengan
gambar/charta/foto/film
berbagai jenis organisme
golongan Protista
memahami konsep keanekaragaman
protista dan pengelompokannya
|
3.7
Mengelompokkan
jamur berdasarkan ciri-
ciri, cara reproduksi,
dan mengaitkan
peranannya
dalam ke
hidupan
4.7 Menyajikan
laporan
hasil investigasi
tentang keanekaragaman
jamur
dan peranannya dalam
kehidupan
|
Fungi/Jamur
: morfologi, cara
memperoleh
nutrisi,
reproduksi
ekologi,
ekonomi, kesehatan,
dan pengembangan iptek
|
Melakukan
pengamatan morfologi mikroskopis
dan makroskopis
(khamir,
cendawan, dan kapang dari
berbagai bahan (roti, kacang, jagung berjamur,
dll), jamur
cendawan, menggambar hasil pengamatan,
menandai nama-
nama bagian-bagiannya) dan
menyimpulkan hasil
pengamatan tentang perbedaan
jamur dengan
organisme
lain
toksik/beracun (PR)
|
3.8
Mengelompokkan
tumbuhan ke dalam
divisio berdasarkan
ciri-ciri umum, serta
mengaitkan
peranannya
dalam
kehidupan
4.8
Menyajikan
laporan
hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan
|
Plantae:
tumbuhan paku, tumbuhan biji
Ekonomi
|
Mengamati, membandingkan
morfologi struktur alat
reproduksi serta
cara reproduksi
berbagai jenis tumbuhan
di lingkungan sekitar dan
mengelompokkannya
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
serta
peranannya
dalam kehidupan
|
Dampak
berkurangnya
keanekaragaman
tumbuhan
bagi ekosistem
|
Menganalisis dampak alih fungsi hutan
di
Indonesia
terhadap
keanekaragaman hayati dan ekosistem dan menyimpulkan
hubungan keanekaragaman
tumbuhan dengan nilai ekonominya
tulisan
tentang peran tumbuhan dalam menjaga keseimbangan
alam, misalnya siklus air, erosi,
penyerapan
karbon
dioksida dan penghasilan
oksigen bumi
dibentuk dalam buku kreatif
menggunakan
bahan-bahan bekas atau
hiasan daun/bunga
kering sehingga
memiliki nilai
seni yang tinggi
|
3. 9
Mengelompokkan
hewan
ke dalam filum berdasarkan
lapisan
tubuh, rongga tubuh
simetri tubuh,
dan reproduksi
4. 9 Menyajikan
laporan perbandingan
kompleksitas lapisan penyusun
tubuh
hewan (diploblastik dan triploblastik),
simetri
tubuh, rongga tubuh,
dan reproduksinya
|
Animalia:
Ciri-ciri umum
hewan invertebrata
(lapisan tubuh,
rongga tubuh, simetri tubuh,
dan reproduksi)
Ciri-ciri umum
hewan vertebrata
(rangka tubuh, ruang jantung,
reproduksi, suhu
tubuh, dan penutup tubuh)
Klasifikasi animalia
Peran hewan bagi kehidupan
|
Mengamati berbagai macam hewan invertebrata dan vertebrata di lingkungannya
baik yang hidup di
dalam atau di
luar rumah, di
tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan dan mendokumentasikan
dalam bentuk foto/gambar
dalam ekosistem, ekonomi,
masyarakat, dan
pengembangan ilmu
pengetahuan di masa
datang
|
3.10
Menganalisis
komponen-komponen
ekosistem dan interaksi antar komponen
tersebu
|
Ekologi:
Daur biogeokimia
|
Melakukan
pengamatan ekosistem di
lingkungan sekitarnya dan mengidentifikasi
komponen-komponen
penyusunnya
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
4.10
Menyajikan
karya
yang menunjukkan
interaksi antar
komponen ekosistem
(jaring-jaring makanan,
siklus Biogeokimia)
|
ekosistem
|
Menganalisis
hubungan antar komponen dalam ekosistem
tersebut dan
mengaitkannya dengan ketidakseimbangan
lingkungan serta proses
terjadinya
ketidakseimbangan
dengan
pemulihan
ketidakseimbangan
lingkungan
energi
komponen dan
proses
biogeokimia
|
3.11 Menganalisis data
perubahan lingkungan,
penyebab,
dan
dampaknya bagi
kehidupan
4.11.
Merumuskan gagasan
pemecahan masalah perubahan lingkungan
yang
terjadi di lingkungan sekitar
|
Perubahan
Lingkungan:
Limbah dan Daur
Ulang:
Jenis-jenis limbah
Proses
daur ulang
3
R (reuse, reduse, recycle)
|
Membaca,
mengamati,
membahas dan
menganalisis
berbagai laporan media/kasus lingkungan
hidup/lingkungan sekitar mengenai kerusakan lingkungan
dan produk daur ulang
tentang penyebab,
cara mencegah, cara menanggulangi
perubahan alam,
seperti pemanasan global, penipisan
lapisan ozon,
efek rumah kaca,
dampak
kegiatan manusia, pendangkalan sungai,
abrasi laut,
reklamasi pantai,
serta menyimpulkan
dan menyusun
hasilnya dalam bentuk laporan dengan
berbagai media
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
|
|
usaha-usaha yang dapat
dilakukan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar