Menu

Rabu, 21 Februari 2018

RPP KD 3.11 Materi Pokok Lingkungan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan : MA Keterampilan Al Irsyad
Mata Pelajaran        : Biologi
Kelas /Semester      : X MIA/Genap
Materi Pokok          : Lingkungan
Alokasi waktu        : 3 x 45 menit (1 x pertemuan)


A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1 dan 2
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
KI 4
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
KD Pengetahuan
No
KD Keterampilan
3.11
Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
4.11
Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar
No
IPK Pengetahuan
No
IPK Keterampilan
3.11.1
Mendeskripsikan konsep perubahan  lingkungan
4.11.1
Menyelidiki pengaruh pemberian limbah oli bekas pada tanah terhadap pergerakan bekicot.

3.11.2
Mendeskripsikan jenis-jenis polutan
4.11.2
Membuat pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar
3.11.3
Menganalisa penyebab terjadinya perubahan lingkungan.


3.11.4
Menganalisa dampak perubahan lingkungan


3.11.5
Menganalisa cara menanggulangi dampak perubahan lingkungan



C.        Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan metode diskusi dan eksperimen serta model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) peserta didik dapat menganalisis penyebab dan dampak perubahan lingkungan serta dapat merumuskan solusi pemecahan masalah yang terjadi di lingkungan sekitar, sehingga peserta didik dapat membangun kesadaran akan kebesaran Tuhan YME, menumbuhkan  prilaku disiplin, jujur, aktif, responsip, santun, bertanggungjawab, dan kerjasma.

D.     Materi Pembelajaran
1.      Kerusakan lingkungan/ pencemaran lingkungan
2.      Pelestarian lingkungan
3.      Adapatasi dan mitigasi
4.      Limbah dan Daur Ulang:
Jenis-jenis limbah
Proses daur ulang
3 R (reuse, reduse, recycle)
E.      Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                                                       : Saintifik
2.       Model Pembelajaran dan Metode            : Model Pembelajaran Berdasarkan
                                                                            Masalah (MPBM)
Pertemuan
No IPK
Metode
I
3.11.1
3.11.2
3.11.3
3.11.4
3.11.5
Diskusi , eksperimen,  dan kerja kelompok, serta membuat karya


 A.     Alat, Media



Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
I. Pendahuluan
15’
Guru mengucapka salam pembuka dan mengecek kehadiran siswa.

Menarik perhatian siswa

Guru menampilkan gambar-gambar yang kontradiktif tentang perubahan lingkungan.
Image result for gambar perubahan lingkungan alam Image result for gambar perubahan lingkungan alam
 














Menimbukan motivasi

Guru “mengundang” peserta didik untuk masuk kepada materi yang akan dibahas dengan mengajukan pertanyaan- pertanyaan berikut.
1)     Apa yang terjadi dengan lingkungan pada gambar?
2)     Mengapa bisa terjadi hal yang tampak seperti pada gambar?

Memberikan Acuan
Guru memberikan acuan dengan menyampaikan hal-hal sebagai berikut.
1)     Polutan penyebab polusi
2)     Materi akan dipelajari melalui kegiatan diskusi dan eksperimen.

Membuat kaitan antara materi sebelumnya (ekosistem) dengan materi yang akan dipelajari.
Kalian telah mempelajari tentang ekosisem.
1)     Apa saja komponen ekosistem?
2)     Apa saja interaksi antar komponen ekosistem?

Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran, model pemelajaran yang akan digunakan serta teknik penilaian yang akan digunakan.

2’





           5'




























3’




3”





II. Kegiatan Inti
       90’
1.         Guru mengorientasikan wacana ” Limbah Oli Bekas” menggunakan media Slide Power Point dan menghimbau siswa untuk memperhatikan dan mencermati (MENGAMATI) isi wacana yang diorientasikan. Kemudian guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang terdapat dalam wacana tersebut. (Fase 1 MPBM: Orientasi siswa kepada masalah)


2.         Meminta siswa untuk mengajukan pertanyaan (MENANYA) apabila ada hal-hal yang belum dimengerti dengan mengacungkan tangan terlebih dahulu serta menggunakan suara yang jelas dan bahasa yang sopan.
3.         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok belajar. Satu kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa, yang berasal dari latar belakang tingkat akademik yang berbeda. Guru mengkondisikan siswa agar duduk dengan rapi dan tertib dalam kelompok belajarnya masing-masing dan menghimbau siswa agar dapat bekerjasama dalam kelompok. Selanjutnya guru membagikan LKS 1 kepada tiap kelompok.
(Fase 2 MPBM: Mengorganisasikan siswa untuk belajar)
4.         Guru meminta masing-masing kelompok untuk menyepakati rumusan masalah yang mereka pilih berdasarkan indikator (kognitif proses) dan wacana yang disajikan. Rumusan masalah yang dipilih siswa harus menunjukkan hubungan antara dua variabel. Misalnya: Apakah limbah oli bekas pada tanah berpengaruh terhadap pergerakan bekicot?
(Fase 3 PBM: Membimbing Penyelidikan Individual Maupun Kelompok)
5.         Guru meminta siswa untuk menyusun hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban sementara dari rumusan masalah yang telah disusun. Dalam kegiatan ini siswa diminta agar dapat menyumbang ide dan meminta siswa lain menjadi pendengar yang baik saat temannya menyampaikan idenya tentang variabel yang sudah diidentifikasi.
(Fase 3 PBM: Membimbing Penyelidikan Individual Maupun Kelompok)
6.         Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi variabel-variabel penelitian. Variabel penelitian merupakan aspek-aspek yang dimanipulasi (variabel bebas), diamati (variabel respon) dan dikontrol (variabel kontrol) selama percobaan. Dalam kegiatan ini siswa diminta agar dapat menyumbang ide dan meminta siswa lain menjadi pendengar yang baik saat temannya menyampaikan idenya tentang variabel yang sudah diidentifikasi.
(Fase 3 PBM: Membimbing Penyelidikan Individual Maupun Kelompok)
7.         Membimbing dan memberi kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk melakukan percobaan (EKSPERIMEN). Guru meminta siswa agar disiplin dalam hal waktu dan membimbing mereka agar teliti dalam melaksanakan percobaan. Guru memperingatkan siswa agar dapat menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang membuat proses belajar mengajar menjadi tidak kondusif, misalnya bergurau, mengobrol dan bermain HP.
(Fase 3 PBM: Membimbing Penyelidikan Individual Maupun Kelompok)
8.         Guru membimbing siswa untuk mengorganisasikan (MENGASOSIASIKAN) data hasil percobaan, menganalisis data, dan membuat kesimpulan.
(Fase 3 PBM: Membimbing Penyelidikan Individual Maupun Kelompok)
9.         Menggunakan alat dan bahan yang disediakan, siswa mengaplikasikan hasil pengamatan kelompoknya ke dalam bentuk produk/karya yang dapat menggambarkan sebuah upaya dalam mengatasi pencemaran tanah akibat limbah oli bekas. Siswa menggunakan keterampilan berpikir kreatifnya dalam menemukan ide dan membuat karya tersebut. Selama siswa melakukan aktivitas tersebut, guru mengamati kreativitas mereka dalam bekerja menggunakan Lembar observasi kemampuan berpikir kreatif. Guru juga memotivasi siswa agar tetap berada dalam kelompoknya selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dengan tepat waktu.
(Fase 4 MPBM: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya).
10.     Guru meminta siswa untuk menyajikan dan memamerkan (MENGKOMUNIKASIKAN) hasil karya dan hasil kerja kelompoknya berdasarkan data pada LKS 1 di depan kelas dengan menggunakan suara yang jelas dan bahasa yang sopan, dan secara apa adanya sesuai dengan kesepakatan antar anggota kelompok. Mendorong siswa untuk melakukan tanya jawab antar anggota kelompok untuk saling memastikan pemahaman yang baik terhadap hasil tugas kelompok. Memotivasi siswa untuk menghargai setiap penjelasan, pendapat, dan pertanyaan yang disampaikan oleh guru maupun teman dengan menjadi pendengar yang baik dan toleransi terhadap perbedaan.
(Fase 5 MPBM: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah).

11.     Guru memonitor kegiatan presentasi kelompok dan memberikan umpan balik terhadap jawaban pertanyaan maupun pendapat yang disampaikan oleh siswa dengan mengacu pada kunci LKS 1.
(Fase 5 MPBM: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)

12.     Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap kegiatan mereka selama KBM.
(Fase 5 MPBM: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah).

III. Penutup
30’

1.      Guru membimbing siswa dalam merangkum materi yang telah dipelajari dengan mengacu pada tujuan pembelajaran serta mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas segala ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang bermanfaat bagi kehidupan.
2.      Melakukan post test untuk mengukur pemahaman siswa terhadap keseluruhan materi yang telah dipelajari dengan mengacu pada LP 1. Siswa diminta untuk mengerjakan post test dengan tanpa bantuan teman maupun media lain.
3.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam menyajikan hasil kerja kelompoknya.
4.      Guru mengucapkan salam penutup.

5’





20’




5’


B.     Sumber Belajar
1.          Video, power point bahan ajar, gambar dan animasi terkait topik Lingkungan
2.           Buku teks biologi
a.    Lestari, Endang Sri dan idun kistinnah. 2010. Biologi Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk SMA/MA kelas X. Bandung : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.    Irnaningtyas. 2013. Biologi Untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga.

C.      Penilaian Hasil Belajar

No
Aspek
No
IPK
IPK
Teknik Penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen
Penilaian
Rubrik
Penilaian
1
Pengetahuan
3.11.1
Mendeskripsikan konsep perubahan  lingkungan
Tes Tulis
Esay
Terlampir
Terlampir
3.11.2
Mendeskripsikan jenis-jenis polutan
Tes Tulis
Esay
Terlampir
Terlampir
3.11.3
Menganalisa penyebab terjadinya perubahan lingkungan.
Tes Tulis
Esay
Terlampir
Terlampir
3.11.4
Menganalisa dampak perubahan lingkungan
Tes Tulis
Esay
Terlampir
Terlampir
311.5
Menganalisa cara menanggulangi dampak perubahan lingkungan
Tes Tulis
Esay
Terlampir
Terlampir
2
Keterampilan
4.11.1
Menyelidiki pengaruh pemberian limbah oli bekas pada tanah terhadap pergerakan bekicot.

Penugasan
Instrumen Penilaian Tugas
Terlampir
Terlampir
4.11.2
Membuat pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar
Penugasan
Instrumen Penilaian Tugas
Terlampir
Terlampir









Banjarmasin, Januari 2017
Mengetahui,


Kepala MA Keterampilan

Guru Mata Pelajaran Biologi,
Al Irsyad








Subekan, S.Ag., M.H

Nur Ichsan, S.Pd.








































Lampiran Instrumen Penilaian untuk mengukur Pengetahuan siswa


Soal No 1

Kompetensi Dasar
:
Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
Materi
:
Perubahan Lingkungan
Kelas/Semester
:
X/ Genap
IPK

Indikator Soal

:

:

Mendeskripsikan konsep perubahan  lingkungan

Disajikan wacana tentang pebandingan kondisi lingkungan sebelum wilayah pemukiman berubah menjadi wilayah industri, siswa mampu mendeskripsikan tentang perubahan lingkungan
Level Kognitif
:
C2 (memahami)

Rumusan Butir Soal
Sebelum wilayah pemukiman Sungai Danau menjadi lokasi pertambangan, hampir setiap hari dapat dijumpai hewan endemik Kalimantan Nasalis larvatus tetapi setelah wilayah ini menjadi lokasi pertambangan batubara sangat sulit untuk menemukan hewan ini. Jelaskan perubahanlingkungan yang terjadi!




Pedoman Penskoran

No
Kata Kunci
Skor
1
Menyebutkan penyebab perubahan lingkungan
10
2
Menjelaskan pengertian perubahan lingkungan
10
SKOR MAKSIMAL
20


Nilai = jumlah skor

























Soal NO 2

Kompetensi Dasar
:
Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
Materi
:
Perubahan Lingkungan
Kelas/Semester
:
X/ Genap
IPK

Indikator Soal

:

:

Mendeskripsikan jenis-jenis polutan

Disajikan tabel tentang polus, siswa mampu melengkapi tabel sesuai dengan jenis dan bahan polutan yang dimaksud!
Level Kognitif
:
C2 (memahami)

Rumusan Butir Soal :
Lengkapi tebel tentang polutan berikut:
No
Nama Bahan/polutan
Jenis Polusi
1
Oli bekas

2
insektisida

3
Air sabun

4
Limbah rumah tangga

5
Asap sepeda motor




Pedoman Penskoran/Rubrik Penilaian :

No
Kata Kunci
Skor Maksimal
1
tanah
4
2
air
4
3
Air, tanah
4
4
Air, tanah
4
5
udara
4


Skor Total

20


Nilai =  jumlah skor






SOAL NO 3

Kompetensi Dasar
:
3.11  Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
Materi
:

Kelas/Semester
:
X MIPA/ Genap
IPK

Indikator Soal

:

:

3.11.3. Menganalisa penyebab terjadinya perubahan lingkungan.

Disajikan wacana tentang perubahan lingkungan siswa dapat menganalisa penyebab terjadinya perubahan lingkungan.
Level Kognitif
:
C4 (menganalisis)

Perkebunan kelapa sawit yang dulunya adalah pemukiman warga, masyarakatnya mengalami kesulitan dalam menanan sayur mayur. Mengapa hal ini bisa terjadi, sedangkan sebelumnya wilayah ini adalah wilayah penghasil sayur terbesar di Kalimantan selatan.?
Pedoman Penskoran/Rubrik Penilaian :

No
Kata Kunci
Skor Maksimal
1
Kondisi tanah berubah, kesuburan berubah
5
2
Kandungan unsur hara tanah berubah akibat didominasi tanaman sawit
5
3
Kandungan air tanah berubah
5
4
Tanah tidak cocok lagi untuk tanaman sayur mayur
5
Skor Total
20


Nilai = jumlah skor

SOAL NO 4

Kompetensi Dasar
:
3.11  Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
Materi
:

Kelas/Semester
:
X MIPA/ Genap
IPK

Indikator Soal

:

:

3.11.4. Menganalisa dampak perubahan lingkungan.

Disajikan wacana tentang perubahan lingkungan siswa dapat menganalisa dampak dari perubahan lingkungan tersebut!
Level Kognitif
:
C4 (menganalisis)

Pada ekosistem padang rumput hidup sekelompok kambing dan harimau. Jika predatornya sangat aktif, maka setelah terjadi penurunan konsumen primer maka apa yang akan terjadi pada ekosistem tersebut, jelaskan 3 kejadian yang mungkin terjadi!



Pedoman Penskoran/Rubrik Penilaian :

No
Kata Kunci
Skor Maksimal
1
Populasi meningkat pesat
6,66
2
Populasi kambing mengalami penurunan
6,66
3
Populasi harimau meningkat
6,66
Skor Total
20



SOAL NO 5

Kompetensi Dasar
:
3.11  Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
Materi
:

Kelas/Semester
:
X MIPA/ Genap
IPK

Indikator Soal

:

:

3.11.5. Menganalisa cara menanggulangi dampak perubahan lingkungan

Disajikan wacana tentang perubahan lingkungan siswa dapat menganalisa dampak dari perubahan lingkungan tersebut!
Level Kognitif
:
C4 (menganalisis)

Soal:
Perhatikan grafik berikut
 




Berdasarkan grafik ramalan bencana di atas, maka pembudidayaan sumber daya alam  dari lautan sangat diperlukan. Mengapa demikian?

Pedoman Penskoran/Rubrik Penilaian :

No
Kata Kunci
Skor Maksimal
1
Untuk meningkatkan produksi pangan

10
2
Untuk mengimbangi peningkatan jumlah populasi penduduk
10
Skor Total
20




Lampiran Instrumen Penilaian untuk mengukur Keterampilan

Kompetensi Dasar
:
4.11. Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan
lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar.
  
Materi
:
Perubahan Lingkungan
Kelas/Semester
:
X/Genap
IPK



:


4.11.1 Menyelidiki pengaruh pemberian limbah oli bekas pada
          tanah terhadap pergerakan bekicot.


Tugas 1

Instrumen Penilaian 2: Keterampilan
Petunjuk:
1.    Siapkan LKS!
2.    Amatilah kinerja siswa dalam memecahkan masalah dari kasus yang disajikan pada LKS!
3.    Berilah skor pada kinerja siswa dengan mengacu pada Tabel penilaian kinerja  di bawah ini!
4.    Berikan siswa kesempatan untuk mempelajari tabel penilaian ini sebelum penilaian dilakukan!
5.    Ijinkan siswa untuk menilai kinerja mereka sendiri dengan menggunakan tabel ini!

Pedoman Penskoran

Tabel penilaian kinerja proses
No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
Skor maksimum
Skor penilaian
Oleh siswa
Oleh guru
1
Menyusun rumusan masalah
10


2
Merumuskan hipotesis
5


3
Mengidentifikasi variabel-variabel percobaan:




a.     Variabel bebas
5



b.     Variabel respon
5



c.     Variabel kontrol
5


4
Menuliskan prosedur kerja
10


5
Melakukan percobaan
10


6
Mengorganisasikan data hasil percobaan (dalam bentuk tabel hasil pengamatan)
10


7
Menganalisis hasil pengamatan
10


8
Membuat kesimpulan
10


9
Membuat produk/hasil karya
10


10
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
10


Total skor:
100



                                                                           
Kompetensi Dasar
:
4.11. Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan
           lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar.
     

Materi
:
Perubahan Lingkungan
Kelas/Semester
:
X/Genap
IPK



:


4.11.2     Membuat gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang
terjadi di lingkungan sekitar
Tugas 2. Instrumen Penilaian Keterampilan 2

TUGAS 2:
Menggunakan kertas karton, kertas origami, lem kertas, spidol, dan gunting, maka buatlah sebuah karya yang dapat menggambarkan sebuah upaya dalam mengatasi pencemaran lingkungan!
 
 




Pedoman Penskoran:
No
Kata Kunci
Skor Maksimal
1
Penampilan poster menarik

15
2
Isi poster menggambarkan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan.
20
3
Gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan merupakan gagasan yang menarik dan mudah dilakukan.
15
Skor Total
50
Skor nilai keterampilan =  Jumlah Skor
                                                15










LEMBAR KERJA SISWA

Topik                                 :    Pencemaran tanah
Indikator (kognitif proses) :    Menyelidiki pengaruh pemberian limbah oli bekas pada tanah terhadap pergerakan bekicot
 

A.      Wacana
Bacalah wacana berikut ini (orientasi masalah)
 


























B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan indikator (kognitif proses) dan wacana di atas, buatlah rumusan masalah! Rumusan masalah berupa pertanyaan yang muncul dari suatu permasalahan.
……………………………………………………………………………..............………………………………………………………………………………



 


C.      Hipotesis
Berdasarkan rumusan masalah yang telah kalian susun, buatlah hipotesis (prediksi) dari wacana di atas! Hipotesis merupakan jawaban sementara dari rumusan masalah dan diberikan sebelum dilakukan percobaan.
……………………………………………………………………………..............………………………………………………………………………………

D.      Variabel-variabel Percobaan
Sebelum kalian melakukan percobaan, susunlah terlebih dahulu variabel-variabelnya!
a.    Perlakuan apa sajakah yang kalian ubah agar dapat mengetahui kondisi organisme yang kalian amati pada percobaan ini? (variabel bebas)
……………………………………………………………………………....
b.    Setelah kalian mengubah perlakuan, apakah yang kalian amati dalam percobaan ini? (variabel respon)
……………………………………………………………………………....
c.    Pada kedua perlakuan yang diberikan selama percobaan ini, unsur/aspek/bahan apa sajakah yang diberikan sama? (variabel kontrol)
……………………………………………………………………………....
Untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah dan menguji hipotesis di atas, maka lakukanlah percobaan (eksperimen) sebagai berikut.

E.       Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan sebagai berikut:
Alat:

Bahan:
1.
Lup

1.
Tanah
2.
Ember kecil

2.
Limbah oli bekas
3
Gunting

3.
Bekicot
4
Penggaris

4.
Daun-daunan/serasah



5.
Kertas karton



6
Kertas origami



7.
Lem kertas



8.
Spidol






F.       Prosedur Percobaan
1.    Gunakanlah alat dan bahan yang disediakan untuk melakukan percobaan!
2.    Catatlah prosedur (langkah kerja) yang kalian lakukan selama percobaan secara rinci pada kolom di bawah ini!

 








G.      Hasil Pengamatan
Masukkanlah data yang kalian peroleh melalui percobaan ke dalam bentuk tabel!
No
Perlakuan..
Pergerakan bekicot
1
tanah

2
Tanah + sampah daun

3
Tanah + limbah oli bekas



H.      Analisis data
Analisislah data hasil pengamatan kalian dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
1)   Berdasarkan tempat terjadinya, termasuk jenis pencemaran lingkungan apakah kasus di atas?
Jawab:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....


2)   Perlakuan yang manakah yang menunjukkan terjadinya pencemaran tanah? Mengapa demikian!
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..............………………………………………………………………………..

3)   Bagaimanakah tingkah laku bekicot setelah tanah disiram dengan limbah oli bekas?
Jawab:  
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..............

4)   Jika pencemaran tersebut terus dibiarkan, maka apakah yang akan terjadi pada bekicot?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….............

5)   Upaya apa sajakah yang dapat dilakukan agar dapat mengatasi pencemaran tanah tersebut?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….............

I.        

 
Kesimpulan
Buatlah kesimpulan berdasarkan kegiatan yang telah kalian dilakukan! Kesimpulan merupakan jawaban akhir atas serangkaian kegiatan pengumpulan data untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah.
Kesimpulan:
…………………………………………………………………………..............……………………………………………………………………………................
TUGAS:
Menggunakan kertas karton, kertas origami, lem kertas, spidol, dan gunting, maka buatlah sebuah karya (misalnya poster) yang dapat menggambarkan sebuah upaya dalam mengatasi pencemaran tanah akibat limbah oli bekas!
 
 








Daftar Pustaka:

Nur, Mohammad. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA

Pratiwi, D. A., Sri Maryati, Srikini, Suharno dan Bambang S. 2006. Biologi Untuk SMA Kelas X. Erlangga: Jakarta

Suwarno. 2009. Panduan Pembelajaran Biologi Kelas X Untuk SMA dan MA.

Dr POFF
 
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shoutul Mubarok | Ya Asyiqol Mustofa