MODEL SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAHMENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA)
Kelas XI
Alokasi waktu: 4 jam pelajaran /minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap
Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)
pada pembelajaran Kompetensi
Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan,
dan budaya sekolah
dengan memerhatikan karakteristik, matapelajaran, serta kebutuhan
dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru
dalam mengembangkan
karakter siswa lebih
lanjut.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
3.1
Menjelaskan
komponen kimiawi penyusun
sel, struktur,
fungsi,
dan proses yang berlangsung dalam
sel sebagai unit terkecil kehidupan
4.1 Menyajikan hasil pengamatan
mikroskopik
struktur sel hewan dan sel tumbuhan
sebagai unit
terkecil kehidupan
3.2
Menganalisis
berbagai bioproses dalam sel yang
meliputi mekanisme
transpor membran, reproduksi, dan
sistesis protein
4.2 Membuat model
tentang bioproses
yang terjadi dalam
sel berdasarkan
studi literatur dan
percobaan
|
Sel:
makhluk hidup
Transport trans membran
Sintesis protein
untuk
menyusun sifat morfologis dan fisiologis sel
morfologi tubuh
dan memperbanyak tubuh
|
Mengkaji literatur tentang konsep
sel sebagai unit terkecil, struktural dan fungsional dari makhluk hidup,
yaitu: struktur/susunan
sel, aktivitas
sel , seperti
transport trans membran,
sintesis protein dalam hubungannya dengan pembentukan
sifat struktural dan fungsional serta reproduksi dalam proses pertumbuhan
dan perkembangan
sel
(sel hewan) dan
umbi
lapis
bawang merah (sel tumbuhan)
dan membandingkan hasil
pengamatan mikroskopis
dengan gambar hasil
pengamatan mikroskop elektron
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
|
|
kangkung, sledri atau
usus
sapi atau selofan.
dengan mikroskop
cahaya dan mikroskop elektron
dan menyimpulkan hasil
diskusi tentang struktur
sel hewan
dan tumbuhan yang bersifat mikroskopis
dan ultra mikroskopis,
kimia penyusun sel dan
aktivitas sel
hasil penelusuran literatur
|
3.3 Menganalisis
keterkaitan
antara struktur sel pada
jaringan
tumbuhan
dengan fungsi organ
pada
tumbuhan
4.3
Menyajikan data hasil pengamatan
struktur jaringan
dan
organ pada tumbuhan
|
Struktur dan Fungsi Jaringan
pada
Tumbuhan:
|
Mengamati jaringan-
jaringan
tumbuhan secara
mikroskopis dengan
preparat basah/awetan
dan
menghubungkan dengan letak serta
fungsinya
meristematis
sifat
pluripotensi, totipotensi, polipotensi yang dikaitkan dengan dasar
kultur jaringan dan
menyajikannya
dalam bentuk laporan
jaringan
tumbuhan.
(sablon, souvenir,
dompet, tas dengan
hiasan bermotif struktur
jaringan
pada tumbuhan)
|
3.4
Menganalisis
keterkaitan
antara
struktur sel pada
|
Struktur dan Fungsi Jaringan
pada Hewan:
Struktur jaringan pada
|
Mengamati berbagai
bentuk jaringan
pada hewan melalui sediaan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
jaringan
hewan
dengan
fungsi organ pada
hewan
4.4
Menyajikan
data
hasil pengamatan struktur jaringan
dan organ pada hewan
|
hewan
Letak dan fungsi
jaringan
pada hewan
|
awetan
jaringan
pada hewan
letak jaringan pada
hewan
jaringan
pada hewan
|
3.5
Menganalisis
hubungan antara
struktur jaringan
penyusun organ pada sistem gerak
dalam kaitannya
dengan bioproses
dan gangguan fungsi yang dapat
terjadi pada
sistem
gerak
manusia
4.5 Menyajikan karya
tentang pemanfaatan
teknologi dalam mengatasi
gangguan sistem gerak melalui studi
literatur
|
Struktur dan
Fungsi Tulang,
Otot, dan Sendi:
Mekanisme
kontraksi otot
Mekanisme gerak Macam-macam gerak Kelainan pada sistem gerak Teknologi yang mungkin
untuk membantu kelainan pada
sistem gerak
|
Memeragakan/ mendemonstrasikan
berbagai cara
kerja otot,
sendi dengan berbagai macam gerakan oleh
beberapa siswa serta mengamati gambar/video
tentang kasus patah tulang/cedera
percobaan merendam
tulang paha ayam dalam
larutan HCl dan membandingkannya
dengan tulang yang tidak
direndam HCl dan
percobaan pengaruh
garam fisiologis terhadap
kontraksi otot pada paha dan jantung katak
serta struktur sel penyusun
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
|
|
jaringan
tulang
makan rendah kalsium,
proses
menyusui, menstruasi,
menyimpulkan fungsi kalsium dalam sistem
gerak
untuk memahami konsep mekanisme
kontraksi otot
dan hal-hal yang
memengaruhinya
berbagai kegiatan gerak yang dilakukan/
diperagakan
dan mengaitkan
proses-proses gerak yang dilakukan dengan
kelainan
yang mungkin
terjadi
|
3.6
Menganalisis
hubungan antara
struktur jaringan
penyusun
organ
pada sistem sirkulasi dalam kaitannya
dengan bioproses dan
gangguan fungsi yang dapat
terjadi pada sistem
sirkulasi manusia
4.6 Menyajikan karya
tulis tentang kelainan pada
struktur dan fungsi darah, jantung,
pembuluh darah yang menyebabkan
|
Struktur dan Fungsi Sistem
Peredaran Darah
Golongan darah
Pembekuan darah Jantung: struktur jaringan
dan fungsinya,
ruang dan katup jantung
Proses peredaran darah
Kelainan dan
gangguan pada sistem peredaran
darah
|
Mengamati gambar
jaringan
darah, struktur jantung dan mengkaji
literatur tentang
kerja jantung, kelainan/ gangguan jantung, teknologi yang berkaitan
dengan kesehatan jantung, struktur - fungsi sel darah, plasma darah
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
gangguan sistem
sirkulasi manusia serta
kaitannya
dengan
teknologi
melalui studi literatur
|
|
menghitung jumlah
sel
darah menggunakan
haemocytometer
kambing/sapi atau
torso/gambar jantung
manusia, melakukan
observasi ke
rumah
sakit/klinik dan
menemukan
penggunaan teknologi dalam membantu gangguan sistem peredaran darah
struktur - fungsi sel darah
dengan berbagai kelainan
pada
sistem peredaran
darah
mempresentasikan sistem peredaran
darah serta
teknologi yang digunakan
dalam mengatasi
kelainan/penyakit pada
sistem peredaran dengan berbagai bentuk media
|
3.7 Menganalisis
hubungan antara
struktur jaringan
penyusun
organ
pada
sistem pencernaan dalam kaitannya
dengan
nutrisi,
bioproses dan
gangguan fungsi yang dapat
terjadi pada sistem
pencernaan manusia
4.7
Menyajikan laporan hasil uji zat makanan
|
Struktur dan
Fungsi Sel pada
Sistem Pencernaan
Zat Makanan
BMR (Body Mass Index) dan BMR (Basal Metabolic Rate)
Menu sehat
Struktur dan fungsi sel
penyusun jaringan pada
organ
pencernaan Struktur dan fungsi
jaringan
sistem pencernaan
hewan
ruminansia
|
Menganalisis zat
makanan yang diperlukan
tubuh manusia sehari-hari dari berbagai sumber informasi
ruminansia, saluran
pencernaan manusia melalui berbagai media
informasi dan mengenali posisi alat dan
kelenjar
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
yang terkandung
dalam berbagai jenis
bahan makanan
dikaitkan
dengan
kebutuhan energi
setiap individu serta
teknologi
pengolahan pangan dan keamanan pangan
|
Penyakit/gangguan
bioproses sistem pencernaan
|
pencernaan serta
fungsinya
dalam kerja
kelompok
proses pencernaan
di
mulut dan membandingkan
organ
pencernaan
makanan
manusia dengan
hewan ruminansia menggunakan gambar/charta
normal selama 3 hari
melalui kerja mandiri
hasil pengamatan/perco-
baan dan menyimpulkan-
nya serta mempresenta-
sikan secara
lisan tentang struktur sel penyusun
jaringan, organ
pencernaan, fungsi dan prosesnya
kesehatan
diri dengan prinsip-prinsip
dalam
perolehan
nutrisi, energi melalui
makanan
dalam kerja sistem pencernaan
|
3.8
Menganalisis
hubungan antara
struktur jaringan
penyusun
organ
pada sistem respirasi dalam
kaitannya dengan
bioproses dan gangguan fungsi
|
Struktur dan
Fungsi Sel pada
Sistem Pernapasan
(serangga dan burung)
|
Mengamati charta
dan/atau torso sistem
pernapasan untuk
menemukan letak dan
struktur organ pernapasan
manusia dan hewan serta
mengkaji informasi mengenai fungsinya, proses pertukaran O2,
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
yang dapat terjadi
pada
sistem respirasi manusia
4.8
Menyajikan
hasil
analisis
pengaruh pencemaran
udara terhadap kelainan pada struktur dan
fungsi organ pernapasan
manusia berdasarkan
studi literatur
|
Kelainan dan penyakit terkait sistem pernapasan
|
CO2 dari alveolus
ke kapiler, kandungan
zat
dalam rokok
yang dapat mengganggu sistem pernapasan
kapasitas paru-paru
dan
penghasilan
CO2 dalam
proses pernapasan,
melakukan pengamatan
mikroskopis
sediaan
jaringan
paru-paru
dan menemukan
faktor yang memengaruhi volume udara pernapasan
pada manusia dan hewan melalui percobaan
maupun hewan, pengaruh
merokok dengan
kesehatan
pernapasan,
hubungan kondisi
udara
lingkungan yang tidak
bersih, perilaku
merokok dengan
struktur organ pernapasan,
fungsi sel penyusun jaringan pada organ pernapasan
dengan penyakit/kelainan
yang terjadi pada
saluran
pernapasan dalam
berbagai bentuk media
|
3.9
Menganalisis
hubungan antara
struktur jaringan
penyusun organ pada sistem ekskresi dalam
kaitannya dengan
bioproses dan
|
Struktur dan
Fungsi Sel pada
Sistem Ekskresi Manusia:
organ pada sistem ekskresi pada manusia
dan hewan (belalang dan
cacing)
|
Mengamati dan
mengenali
struktur
berbagai organ
ekskresi,
letak, fungsinya melalui kegiatan demonstrasi
kelas/torso/gambar/ video mengenai kerja ginjal,
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
gangguan fungsi
yang dapat terjadi pada sistem
ekskresi manusia
4.9 Menyajikan hasil analisis pengaruh
pola hidup terhadap
kelainan pada struktur dan fungsi organ yang
meyebabkan
gangguan pada sistem ekskresi serta
kaitannya
dengan teknologi
|
Proses
ekskresi pada
manusia
ekskresi
|
struktur ginjal
kambing/sapi yang
dibandingkan dengan
ginjal manusia, hati,
penampang melintang
kulit untuk melihat
struktur sel dan jaringan
dan mengaitkan dengan
fungsinya
orang sakit
tentang struktur, fungsi sel-sel penyusun jaringan pada
organ ekskresi serta
keterkaitan
dengan fungsinya dan
kemiripan
sistem teknologi cuci
darah dengan fungsi ginjal sebagai penyaring zat-zat sisa bioproses pada
tubuh
|
3.10 Menganalisis
hubungan antara
struktur jaringan
penyusun
organ
pada
sistem koordinasi (saraf,
hormon dan alat
indera) dalam kaitannya
dengan mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang dapat
terjadi
|
Struktur dan
Fungsi Sel pada
Sistem Regulasi
Sistem saraf Sistem endokrin Sistem indera
Proses kerja sistem regulasi
|
Mengamati struktur sel
saraf secara mikroskop/ gambar dan membuat gambar hasil pengamatan
tentang cara kerja kulit,
telinga, lidah, mata,
hidung untuk menunjukkan adanya fungsi saraf pada tubuh, demonstrasi pemodelan seorang siswa dalam
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
pada
sistem
koordinasi manusia
4.10Menyajikan
hasil analisis pengaruh
pola hidup terhadap
kelainan pada struktur dan
fungsi organ sistem
koordinasi yang menyebabkan gangguan sistem saraf dan hormon pada
manusia berdasarkan studi literatur
|
|
kelompok untuk
memeragakan
gerak
refleks, letak bintik buta,
letak reseptor perasa
pada lidah serta mengaitkan
proses perambatan impuls
pada sistem saraf, merinci
langkah-langkah perambatan impuls
pada sistem saraf
secara fisik,
kimia, biologi serta mengaitkannya dengan
gerak otot sebagai organ efektor kerja saraf
yang dikaitkan
dengan
hasil analisis
hubungan kerja organ
tubuh dengan fungsi sistem saraf yang
mengaturnya dalam berbagai bentuk media
|
3.11 Mengevaluasi
bahaya penggunaan
senyawa psikotropika dan dampaknya
terhadap
kesehatan diri, lingkungan, dan masyarakat
4.11 Melakukan kampanye narkoba di
lingkungan sekolah
dan masyarakat sekitar
|
Psikotropika
Bahan/zat psikotoprika
Bahaya psikotropika
|
Menganalisis penyebab
terjadinya
berbagai gangguan yang terjadi pada sistem regulasi, hubungan
psikotropika dengan
sistem regulasi
kannya dengan
sel-sel
penyusun tubuh lainnya dalam fungsi bioproses
pada tubuh, perambatan
impuls pada sel saraf
hingga menghasilkan
kerja
pada sel otot,
menyimpulkan dan
mempresentasikan pengaruh berbagai bahan
psikotropika dan
fungsi sel saraf, hubungan kerusakan saraf akibat bahan psikotropika untuk
masa
depan siswa dan membuat kampanye anti
narkoba bagi semua masyarakat terutama
generasi muda
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
3.12 Menganalisis
hubungan struktur
jaringan
penyusun
organ reproduksi
dengan
fungsinya dalam system reproduksi manusia
4.12Menyajikan hasil analisis tentang
dampak pergaulan
bebas, penyakit
dan kelainan pada
struktur dan
fungsi organ yang
menyebabkan
gangguan sistem reproduksi manusia
serta teknologi
sistem reproduksi
3.13Menganalisis
penerapan prinsip reproduksi pada
manusia dan pemberian ASI
ekslusif dalam program keluarga berencana
sebagai upaya
meningkatkan
mutu Sumber Daya
Manusia (SDM)
4.13 Menyajikan
karya tulis tentang
pentingnya menyiapkan
generasi terencana untuk
meningkatkan
mutu Sumber Daya
Manusia (SDM)
|
Struktur dan Fungsi Sel pada
Sistem Reproduksi
Ovulasi dan
menstruasi Fertilisasi, gestasi,
dan persalinan
ASI KB
Kelainan/ penyakit yang berhubungan
dengan sistem reproduksi
|
Membaca teks tentang
sistem reproduksi dari berbagai sumber,
melihat film tentang pendidikan seks
dan mencermati
iklan tentang ASI dan KB
tujuan KB, pemberian
ASI, proses gametogenesis, menstruasi, fertilisasi melalui gambar,
hubungan antara kesehatan reproduksi, program KB dan kependudukan serta
penyebab kelainan/penyakit yang
terjadi
pada sistem
reproduksi dari berbagai
sumber literatur/media
sistem reproduksi dikaitkan dengan fungsinya,
berbagai
proses reproduksi dengan kesehatan diri dan
masyarakat serta pentingnya KB harus
dilakukan
berdasarkan
hasil diskusi
pengendalian penduduk,
kesehatan,
kesejahteraan keluarga serta membuat
iklan/poster/film pendek
tentang ASI eksklusif dalam berbagai bentuk media
|
3.14
Menganalisis
peran
sistem imun dan imunisasi terhadap
proses fisiologi di
dalam tubuh
4.14Melakukan
kampanye
pentingnya partisipasi
|
Struktur dan
Fungsi Sel pada
Sistem Pertahanan Tubuh
Antigen dan
antibodi Mekanisme
pertahanan tubuh
|
Membaca literatur/melihat film/gambar tentang
penyebab HIV AIDS,
penyerangan virus
tersebut pada
sistem
kekebalan tubuh,
dan struktur sel/jaringan tubuh
yang berkaitan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
masyarakat dalam
program dan immunisasi serta
kelainan dalam
sistem imun
|
|
dengan
sistem kekebalan
tubuh
informasi, penyebab gangguan kelainan
kekebalan tubuh serta
cara mengatasi kelainan- kelainan yang berhubungan
dengan sistem imun
dari berbagai
sumber
analisis proses
terbentuknya kekebalan tubuh
yang dapat terjadi secara
pasif-aktif dan
terjadi karena
bekerjanya jaringan tubuh yang
melawan
benda asing masuk
ke dalam tubuh
istilah-istilah baru yang
berkaitan dengan sistem
kekebalan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar