MODEL SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAHMENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA)
Kelas XII
Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi
Sikap Sosial dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memerhatikan karakteristik, matapelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai
pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter siswa
lebih lanjut.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
3.1
Menjelaskan
pengaruh
faktor internal dan
faktor eksternal
terhadap pertumbuhan
dan perkembangan makhluk hidup
4.1
Menyusun laporan hasil
percobaan tentang
pengaruh faktor
eksternal terhadap
proses pertumbuhan
dan perkembangan
tanaman
|
Pertumbuhan
dan
Perkembangan:
pertumbuhan
dan
perkembangan makhluk hidup.
|
Mengamati charta/video tentang pertumbuhan
pada makhluk hidup,
mendiskusikan, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi serta menyimpulkan konsep pertumbuhan
dan perkembangan pada makhluk hidup
kesimpulan
hasil kajian
dan
diskusi tentang konsep pertumbuhan
dan perkembangan pada makhluk hidup
|
3.2
Menjelaskan proses
metabolisme
sebagai reaksi enzimatis
dalam
makhluk hidup
4.2 Menyusun laporan hasil percobaan tentang
mekanisme
kerja enzim, fotosintesis, dan
respirasi anaerob
|
Metabolisme
Sel:
Enzim:
Komponen
enzim
Sifat enzim
Cara kerja
enzim
Katabolisme
Karbohidrat:
Respirasi aerob
Respirasi anaerob
Anabolisme:
Fotosentesis Kemosintesis
|
Melakukan percobaan uji enzim katalase , fermentasi alkohol dan percobaan fotosintesis
untuk menemukan sifat
dan cara kerja
enzim,
proses katabolisme dan proses anabolisme
katabolisme dan
anabolisme
meliputi bahan, proses,
hasil dan
tempat berlangsungnya
|
- 31 -
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
|
|
Menyimpulkan hasil
diskusi, pengamatan
percobaan dan memperesentasikan
tentang sifat-sifat, cara kerja enzim
|
3.3
Menganalisis
hubungan
struktur dan
fungsi gen, DNA,
kromosom dalam penerapan prinsip
pewarisan sifat pada
makhluk hidup
4.3 Merumuskan
urutan proses sintesis
protein
dalam kaitannya
dengan penyampaian kode
genetik (DNA-RNA-
Protein)
|
Materi Genetik:
Gen, DNA,
Kromosom
Sintesis protein dan
pembentukan sifat makhluk hidup
|
Mengamati diagram/
gambar/film
struktur
DNA, RNA, dan kromosom
serta semua
aktivitasnya
(replikasi,
transkripsi dan
translasi)
pembentukan
sifat
makhluk hidup
pembentukan
sifat pada
makhluk hidup dengan
melakukan analisis suatu
DNA makhluk serta
menggambarkan
sifat
yang dibentuk menjadi suatu ujud makhluk hidup
|
3.4 Menganalisis
proses
pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat
dari induk kepada
keturunannya
4.4 Menyajikan
hasil pengamatan
pembelahan
sel pada sel
hewan maupun tumbuhan
|
Pembelahan Sel:
Mitosis Meiosis Siklus sel
Gametogenesis
|
Mengkaji literatur tentang
mitosis dan
meiosis meliputi tujuan, proses/tahapan, hasil, tempat berlangsung
-
Mitosis dan
meiosis
- Oogenesis
dan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
|
|
spermatogenesis
- Pembentukan sifat pada
anak gabungan sifat yang dibawa oleh kedua jenis
gamet
orang tuanya
|
3.5
Menerapkan
prinsip
pewarisan sifat makhluk hidup
berdasarkan hukum Mendel
4.5 Menyajikan hasil penerapan hukum
Mandel dalam
perhitungan peluang
dari persilangan
makhluk hidup
di bidang pertanian
dan peternakan
|
Hukum Mendel dan
Penyimpangan Semu
Hukum Mendel
:
interaksi gen,
kriptomeri
epistasis/hipostatis,
gen komplementer, dan polimeri
|
Melakukan studi
literatur
tentang pewarisan sifat
menurut Hukum Mendel dan penyimpangan
semu
Hukum Mendel serta
istilah-istilah: Alel,
genotip, fenotip, dan gamet
jenis pada lingkungan
sekitar (keluarga,
teman sekolah, tetangga,
dll) dan mendiskusikan bagaimana hal tersebut
dapat terjadi
|
3.6
Menganalisis
pola-pola
hereditas pada makhluk hidup
4.6 Menyajikan
hasil penerapan pola-pola
hereditas dalam
perhitungan peluang
dari persilangan
yang
|
Pola-pola Hereditas:
|
Menyimpulkan
pola
pewarisan sifat
non
Mendelian
didasarkan
pada hasil pengamatan
adanya kenyataan sifat- sifat pada anak yang tidak sama
atau menyimpang dari kedua
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
melibatkan
peristiwa
pautan dan
pindah silang
|
|
orang tuanya
berpisah dalam
menyelesaikan
persoalan dengan latihan soal
pola
pewarisan sifat
Mendelian
|
3.7
Menganalisis
pola-pola
hereditas pada manusia
4.7 Menyajikan
data
hasil studi kasus tentang
pola-pola
hereditas pada
manusia dalam berbagai aspek kehidupan
|
Hereditas Manusia:
Jenis kelamin Penyakit menurun Golongan
darah
|
Membaca
peta
silsilah Ratu Victoria
dan mengaitkan
dengan pola- pola penurunan sifat
hereditas
sifat hemofilia dari peta
silsilah Victoria
darah, cacad
dan penyakit,
jenis kelamin)
darah
|
3.8
Menganalisis
peristiwa
mutasi pada makhluk
hidup
4.8 Menyajikan
data
hasil eksplorasi peristiwa
|
Mutasi:
Jenis-jenis
mutasi Mekanisme
mutasi Penyebab mutasi
Dampak mutasi dan
|
Mendiskusikan tentang mutasi berdasarkan
pengamatan tayangan/ gambar mutan pada tumbuhan, hewan, dan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
mutasi yang
menyebabkan
variasi dan kelainan sifat pada
makhluk hidup
|
implikasi serta
benefit
|
manusia
(proses, faktor
penyebab, hasil dan
dampak mutasi) yang menyebabkan timbulnya variasi dan
kelainan pada makhluk
hidup
dan mempresentasikan
hasilnya
|
3.9
Menjelaskan teori,
prinsip dan
mekanisme evolusi serta pandangan
terkini para
ahli terkait spesiasi
4.9
Menyajikan
karya
ilmiah terhadap
gagasan baru tentang
kemungkinan-
kemungkinan
pandangan evolusi
berdasarkan
pemahaman yang dimilikinya
|
Evolusi:
Asal usul kehidupan
Pohon
Filogeni
Teori evolusi
Mekanisme Evolusi: Isolasi geografik Radiasi adaptif Hukum Hardy-
Weinberg
|
Mengamati berbagai
fenomena variasi
morfologi, misalnya variasi bentuk paruh burung
finch, cakar
berbagai burung, warna
sayap
ngengat Biston betularia,
sayap
kumbang
kelapa dari Manado
kompetisi serta adaptasi
|
3.10 Menganalisis prinsip-
prinsip
Bioteknologi dan penerapannya
sebagai upaya
peningkatan
kesejahteraan manusia
4.10
Menyajikan
laporan hasil percobaan
penerapan prinsip-
prinsip
Bioteknologi konvensional
|
Bioteknologi:
konvensional
dan modern
Produk bioteknologi Dampak
pemanfaatan produk bioteknologi di masyarakat
|
Mengamati berbagai
produk-produk bioteknologi melalui tayangan
video/gambar
produk bioteknologi
konvensional dan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
berdasarkan scientific
method
|
|
menyusun laporan
mempresentasi-kannya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar