Menu

Minggu, 18 Februari 2018

silabus biologi SMA/MA K13 Kelas XII Terbaru

MODEL SILABUS MATA PELAJARAN SEKOLAHMENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA)
Kelas XII

Alokasi waktu:  4 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)   pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dabudaya sekolah dengan memerhatikan karakteristik, matapelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Pembelajaran   untuk   kompetensi   Pengetahua dan   Kompetensi   Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran
3.1   Menjelaskan pengaruh
faktor internal dan faktor eksternal
terhadap pertumbuhan
dan perkembangan makhluk hidup
4.1   Menyusun laporan hasil
percobaan tentang pengaruh faktor eksternal terhadap
proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman
Pertumbuhan dan
Perkembangan:
   Konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
   Faktor-faktor yang memengaruhi
pertumbuhan dan
perkembangan makhluk hidup.
   Desain penelitian
Mengamati charta/video tentang pertumbuhan pada makhluk hidup, mendiskusikan, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi serta menyimpulkan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
 Menyusun rancangan, melakukan percobaan, mendiskusikan hasil percobaan serta menyusun laporan tentang pertumbuhan dan perkembangan  makhluk hidup
 Mempresentasikan/ menuliskan dalam log- book/buku kerja
kesimpulan hasil kajian
dan diskusi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
3.2   Menjelaskan proses
metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup
4.2   Menyusun laporan hasil percobaan tentang
mekanisme kerja enzim, fotosintesis, dan
respirasi anaerob
Metabolisme Sel:
Enzim:
Komponen enzim
Sifat enzim
Cara kerja enzim

Katabolisme
Karbohidrat:
Respirasi aerob
Respirasi anaerob

Anabolisme: Fotosentesis Kemosintesis
Melakukan percobaan uji enzim katalase , fermentasi alkohol dan percobaan fotosintesis untuk menemukan sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan proses anabolisme
   Mendiskusikan  tentang sifat dan cara kerja enzim, proses
katabolisme dan
anabolisme meliputi bahan, proses, hasil dan
tempat berlangsungnya



- 31 -



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran


Menyimpulkan hasil diskusi, pengamatan percobaan dan memperesentasikan tentang sifat-sifat, cara kerja enzim
3.3  Menganalisis hubungan
struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam penerapan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup
4.3  Merumuskan urutan proses sintesis protein dalam kaitannya dengan penyampaian kode genetik (DNA-RNA- Protein)
Materi Genetik:
Gen, DNA, Kromosom
Sintesis protein dan pembentukan sifat makhluk hidup
Mengamati  diagram/ gambar/film  struktur DNA, RNA, dan kromosom serta semua aktivitasnya (replikasi, transkripsi dan translasi)
  Membahas   tentang bagaimana keterkaitan antara sintesis protein dan
pembentukan sifat
makhluk hidup
  Mengamati berbagai sifat morfologis pada makhluk hidup, misalnya, berbagai bentuk dan warna bunga, bulu pada tubuh hewan, warna dan bentuk rambut pada manusia
  Mensimulasikan hubungan antara sintesis protein dengan
pembentukan sifat pada
makhluk hidup dengan melakukan analisis suatu
DNA makhluk serta
menggambarkan sifat yang dibentuk menjadi suatu ujud makhluk hidup
3.4   Menganalisis proses
pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat
dari induk kepada
keturunannya
4.4   Menyajikan hasil pengamatan
pembelahan sel pada sel
hewan maupun tumbuhan
Pembelahan Sel:
Mitosis Meiosis Siklus sel
Gametogenesis
Mengkaji literatur tentang mitosis dan meiosis meliputi tujuan, proses/tahapan, hasil, tempat berlangsung
 Mengaitkahubungan antara pembelahan mitosis dan meiosis/ gametogenesis  dengan penurunan sifat dari induk kepada anaknya berdasarkan pengamatan gambar/diagram/ film
 Menarik kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan antara:
-  Mitosis dan meiosis
-  Oogenesis dan






Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran


spermatogenesis
-  Pembentukan sifat pada anak gabungan sifat yang dibawa oleh kedua jenis gamet orang tuanya
 Mengomunikasikan hasil diskusi dan kesimpulannya
3.5   Menerapkan prinsip
pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkan hukum Mendel
4.5   Menyajikan hasil penerapan hukum Mandel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian dan peternakan
Hukum Mendel dan
Penyimpangan Semu
Hukum Mendel
   Persilangan Monohibrid dan dihibrid
   Penyimpangan semu
: interaksi gen, kriptomeri
epistasis/hipostatis,
gen komplementer, dan polimeri
Melakukan studi literatur tentang pewarisan sifat menurut Hukum Mendel dan penyimpangan semu Hukum Mendel serta istilah-istilah: Alel, genotip, fenotip, dan gamet
   Mengamati keanekaragam gen, dan
jenis pada lingkungan
sekitar (keluarga, teman sekolah, tetangga, dll) dan mendiskusikan bagaimana hal tersebut dapat terjadi
   Menerapkan pemahaman tentang pola pewarisan sifat  menurut Mendel dengan membuat skema persilangan monohibrid, dihibrid
   Membuat kesimpulan tentang persilangan menurut pola Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel
   Membuat laporan tertulis hasil percobaan persilangan dengan kancing/baling-baling genetika menurut pola Mendel dan penyimpangan semu hukum Mendel
3.6   Menganalisis pola-pola
hereditas pada makhluk hidup
4.6   Menyajikan hasil penerapan pola-pola
hereditas dalam perhitungan peluang
dari persilangan yang
Pola-pola Hereditas:
 Pautan & pindah silang,
 Gagal  berpisah,   dan gen letal
 Penentuan jenis kelamin
 Pautan seks
Menyimpulkan   pola pewarisan sifat  non Mendelian  didasarkan pada hasil pengamatan adanya kenyataan sifat- sifat pada anak yang tidak sama atau menyimpang dari kedua




Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran
melibatkan peristiwa
pautan dan pindah silang

orang tuanya
   Menerapkan konsep gen letal, pautan, pautan sex, pindah silang dan gagal
berpisah dalam
menyelesaikan persoalan dengan latihan soal
   Mengaitkan adanya perbedaan variasi dalam satu keturunan dengan
pola pewarisan sifat
Mendelian
   Menyimpulkan bahwa ada pewarisan sifat non Mendelian
   Mempresentasikan hasil diskusi dan latihan soal
3.7   Menganalisis pola-pola
hereditas pada manusia
4.7   Menyajikan data hasil studi kasus tentang
pola-pola hereditas pada
manusia dalam berbagai aspek kehidupan
Hereditas Manusia:
Jenis kelamin Penyakit menurun Golongan darah
Membaca peta silsilah Ratu Victoria dan mengaitkan dengan pola- pola penurunan sifat hereditas
   Membuat analisis bagaimana penurunan
sifat hemofilia dari peta
silsilah Victoria
   Menyimpulkan tentang penurunan sifat-sifat pada mahkluk hidup (Golongan
darah, cacad dan penyakit,
jenis kelamin)
 Menerapkan konsep penurunan sifat penyakit menurun dan golongan darah dan jenis kelamin dalam menyelesaikan persoalan
 Membahas mekanisme pewarisan penyakit menurun dan golongan
darah
 Menyusun peta silsilah keluarga
 Mempresentasikan hasil hasil diskusi tentang pewarisan sifat pada manusia
3.8   Menganalisis peristiwa
mutasi pada makhluk hidup
4.8  Menyajikan data hasil eksplorasi peristiwa
Mutasi:
Jenis-jenis mutasi Mekanisme mutasi Penyebab mutasi Dampak mutasi dan
Mendiskusikan  tentang mutasi berdasarkan pengamatan tayangan/ gambar mutan pada tumbuhan, hewan, dan




Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran
mutasi yang
menyebabkan variasi dan kelainan sifat pada
makhluk hidup
implikasi serta
benefit
   Contoh-contoh mutasi
manusia
  Mendiskusikan tentang mekanisme dan penyebab mutasi
(proses, faktor
penyebab, hasil dan dampak mutasi) yang menyebabkan timbulnya variasi dan kelainan pada makhluk hidup
  Menganalisis dampak positif dan negatif mutasi
dan mempresentasikan
hasilnya
3.9   Menjelaskan teori,
prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi
4.9   Menyajikan karya
ilmiah terhadap gagasan baru tentang kemungkinan- kemungkinan
pandangan evolusi berdasarkan pemahaman yang dimilikinya
Evolusi:
Asal usul kehidupan
Pohon Filogeni
Teori evolusi

Mekanisme Evolusi: Isolasi geografik Radiasi adaptif Hukum Hardy- Weinberg
Mengamati berbagai fenomena variasi morfologi, misalnya variasi    bentuk paruh burung finch, cakar berbagai burung, warna sayap ngengat Biston betularia, sayap kumbang kelapa dari Manado
 Mendiskusikan teori-teori asal usul mahkluk hidup dihubungkan dengan pohon Filogeni Mahkluk hidup
 Mengaitkan  hubungan antara variasi dengan proses mutasi dan
kompetisi serta adaptasi
Mengaitkan terjadinya variasi makhluk hidup sebagai dasar terjadinya proses evolusi
  Menyimpulkan hasil diskusi dan kajiannya tentang teori evolusi  dan mempresentasikannya
3.10 Menganalisis prinsip-
prinsip Bioteknologi dan penerapannya
sebagai upaya
peningkatan kesejahteraan manusia
4.10 Menyajikan laporan hasil percobaan penerapan prinsip-
prinsip Bioteknologi konvensional
Bioteknologi:
 Konsep dasar bioteknologi
 Jenis bioteknologi:
konvensional dan modern
Produk bioteknologi Dampak pemanfaatan produk bioteknologi di masyarakat
Mengamati berbagai produk-produk bioteknologi melalui tayangan video/gambar
 Mendiskusikan   tentang bioteknologi (bahan, proses, produk, dampak)
 Membuat rencana dan melaksanakan pembuatan
produk bioteknologi
konvensional dan






Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok

Pembelajaran
berdasarkan scientific
method

menyusun laporan
 Simulasi DNA Rekombinan dengan menggunakan puzzle
 Membuat kesimpulan hasil diskusi tentang dampak bioteknologi dan
mempresentasi-kannya








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Shoutul Mubarok | Ya Asyiqol Mustofa